Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

Ramos-Horta Menangi Pilpres Timor Leste, Xanana Bangga Dengan Pilihan Rakyat

Published

on

Hatutan.com, (21 April 2022), Dili-Ketua umum partai Kongres Nasional untuk Rekonstruksi Timor (CNRT) juga mantang pimpinan geriliawan FALINTIL, Xanana Gusmão, menyampaikan  terimakasih kepada seluruh rakyat Timor Leste yang telah memberikan hak suaranya dalam pemilihan presiden putaran kedua pada 19 April, kemarin.

Baca Juga: Istri PM Taur, Isabel Ferreira Ucapkan Selamat Kepada Ramos-Horta

Presiden terpilih, José Ramos-Horta dan ketua umum partai CNRT, Xanana Gusmão, mengadakan konferensi pers, Kamis (21/04/2022). Foto/Hatutan.com

Xanana mengatakan, dirinya bahagia dan bangga bukan karena kemenangan seorang Ramos-Horta dalam pemilihan presiden ini, tetapi bangga karena rakyat Timor Leste memilih dengan tepat dan menghendaki Ramos-Horta sebagai Presiden Timor Leste untuk periode 2022-2027.

“Saya bangga dan bahagia bukan karena Ramos-Horta terpilih sebagai presiden Timor Leste, tetapi saya bangga dengan keinginan rakyat kepada Ramos-Horta untuk menjadi preziden Timor Leste,” kata Xanana Gusmão kepada wartawan di Sekretariat capres Ramos-Horta di Dili, Kamis (21/04/2022).

Advertisement

Saat mendampingi   Ramos-Horta menyelengarakan  konferensi pers atas terpilihanya Ramos-Horta sebagai Presiden Timor Leste untuk masa jabatan 2022-2027, Xanana  mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi dan terimakasih atas kedewasaan politik rakyat Timor Leste, terutama kaum muda yang menjunjung tinggi keharmonisan dan perdamian bangsa.

“Kemenangan ini bukanlah kemengan Ramos-Horta semata, tetapi kemenangan rakyat Timor Leste,” kata Xanana Gusmão.

Pada kesempatan yang sama, presiden terpilih, Jose Ramos-Horta Ramos-Horta menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan rakyat Timor Leste sehingga memenangi pilpres tahun ini.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada rakyat Timor Leste yang memilih saya, dan berterima kasih kepada tim kampanye, relawan saya dam semua elemen masyarakat yang telah mendukung saya,” kata Ramos-Horta dalam keterangannya.

Ramos-Horta pun berjanji akan tetap melakukan dialogue dengan semua unsur masyarakat dan semua elemen politik untuk menjaga keharmonisan dan kedamaian bangsa dan negara.

Advertisement

“Walaupun bangsa ini kecil dan banyak rakyatnya yang hidup dibawah garis kemiskinan, tetapi kita tidak berhak untuk merebut prinsip-prinsip demokrasia dari rakyat. Kemengangan saya adalah kehedak rakyat untuk tetap menjaga dan menjunjung tinggi amanah Konstitusi,” ungkap Ramos-Horta.

Melalui hasil sementara yang dirilis  STAE pada Rabu (20/4/2022), Ramos-Horta unggul dari petahana Frnaicsco Guterres “Lú Olo yang diusung partai historik FRETILIN.

Merajuk pada data sementara yang dilansir Badan Administrasi Pemilihan Timor Leste (STAE/Secreatiado Técnico da Administração Eleitoral), Rabu (22/04/2022), José Manuel Ramos-Horta unggul dengan perolehan suara 397,145  (62.09%). Sementara itu, petahana presiden Francisco Guterres “Lú Olo yang diusung partai historik FRETILIN  memeroleh 242,440 suara (37.91%).

 Reporter: Vito Salvador

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

Paspor Timor Leste Terkuat ke-Empat di ASEAN

Published

on

Hatutan.com, (28 Maret 2024), Dili Indeks kekuatan paspor 2024 yang dirilis Henley Passport Index memposisikan paspor Timor Leste atau Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) lebih kuat ke-empat di ASEAN dan bertengger di posisi ke-56 perigkat dunia, unggul 10 peringkat dari Indonesia.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Xanana Halo Hela Avaliasaun bá Membru Governu Sira

Published

on

Hatutan.com, (28 Marsu 2024), DíliPrimeiru-Ministru (PM) Kay Rala Xanana Gusmão, halo hela avaliasaun bá membru Governu hotu hodi haree dezempeñu servisu membru Governu ida-idak nian.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Governu Aprova Estensaun Projetu Estrada Baucau-Viqueque ho Nia Adisionál

Published

on

Hatutan.com, (27 Marsu 2024), Díli—IX Governu Konstitusionál liuhosi reuniaun Konsellu Ministru iha Palásiu Governu, Kuarta (27/03/2024), aprova adendas kontratu projetu  tolu  ne’ebé aprezenta hosi Ministru Obras Públikas, Samuel Marçal.

(more…)

Kontinua Le'e

Trending