crossorigin="anonymous">
Connect with us
Pakote Ahi

Liquiça

Alkatiri dan FRETILIN Yakin Lú Olo tak Gentar Hadapi Tekanan Politik

Published

on

Hatutan.com, (04 Maret 2022), Liquiça– Sekretaris Jenderal (Sekjen) partai FRETILIN, Mari Bin Amude Alkatiri dan kadarnya mendukung penuh pencalonan kembali Francisco Guterres “Lú Olo” dalam pemilihan presiden 2022-2027 karena mereka yakin bahwa Lú Olo konsisten dan tak gentar mengahadapi tekanan politik dari kekuasaan politik manapun, termasuk konsisten membasmi korupsi.  

Baca Juga: Xanana Pastikan Kemenangan Horta di Putaran Pertama Pilpres 2022  

Baca Juga: Kampanye Pilpres 2022 dimulai, Gereja Katolik Doakan dan Serukan Kampanye Damai

Advertisement
Monta Publisidade

Capres 2022-2027, Francisco Guterres “Lú Olo”. Foto/Istimewa

Dalam kampanye hari ketiga Capres Francisco Guterres “Lú Olo” di Munisipiu Liquiça, Jumat (04/03/2022),  Mari Bin Amude Alkatiri, menegaskan kembali bahwa sejak awal FRETILIN menyampakan dukungan penuh atas pencalonan kembali Francisco Guterres Lú Olo di sebabkan beberapa faktor, terutama wawasan kebangsaan yang dimiliki Lú Olo sangat tepat untuk kembali mempimpin bangsa dan negera ini, terlebih kebijakan yang diambil selama menjabat presiden Timor Leste lima tahun terakhir ini (2017-2022) tidak berpihak pada kepetingan kekuasaan polítik manapun.

Alkatiri berpendat bahwa sosok Lú Olo tidak hanya menguasai dan mengerti amanah Konstitusi Republik Demokrat Timor Leste (RDTL) tetapi Lú Olo memiliki visi dan misi  yang jelas untuk pembangunan bangsa dan kemakmuran masyarakat Timor Leste.

“Harus diakui bahwa Lú Olo presiden yang tepat bagi rakyat Timor Leste dan saya yakin Lú Olo akan memenangkan Pilpres 2022 di putaran pertama,” tandas Mari Alkatiri.  

Sementara itu Capres Francisco Guterres “Lú Olo” dengan nomor urut 6 mengimbau kepada masyarakat Munisípiu Liquiça agar sekali lagi mendunkung dirinya untuk kembali menjabat presiden Timor Leste agar supaya menjamin keutuhan bangsa dan menjamin komunikasi yang harmonis antar lembaga negara demi kemajuan bangsa dan kemakmuran rakyat Timor Leste.

Francisco Guterres “Lú Olo” dilantik sebagai presiden Timor Leste pada 20 Mei 2017 dan saat ini dia berkehendak mencalonkan diri kembali sebagai calon presiden Timor Leste dan akan bersaing keras dengan 15 calon presiden lainnya.

Francisco Guterres “Lú Olo, lahir poada 7 September 1954 yang pernah menjabat sebagai  Ketua Majelis Konstituante  pada 2001  dan ketika Majelis Konstituente ditanformasikan ke Parlemen Nasional pada 20 Mei 2022, Lú Olo tetap menjabat sebagai ketua Parlemen Nasional hingga 2007.

Advertisement
Monta Publisidade

Masa FRETILIN pendukung Capres Francisco Guterres “Lú Olo” dari Munisipiu Liquiça. Foto/Istimewa

Dalam pemilihan presiden pada 9 April 2007, Lú Olo mencalonkan diri dan mendapat restu dari partai FRETILIN. Pada pemungutan suara pertama ia memenangkan suara terbanyak dengan 27,89%. Namun, pada putaran kedua, 9 Mei 2007, ia kalah dari mantan José Ramos-Horta dengan hasil suara 31% berbanding 69%.

Dalam pemilihan presiden 2012, Lú Olo kembali berkompetisi sebagai kandidat FRETILIN dan meraih tempat pertama tanpa mencapai mayoritas absolut 28,76%. Dalam putaran kedua, Lú Olo melangkah pada 16 April melawan Taur Matan Ruak yang berada di posisi kedua, tetapi kalah signifikan.

Pada 2017, Francisco Guterres “Lú Olo” kembali mencalonkan diri untuk ketiga kalinya. Kali ini dia berhasil dikarenakan mendapat restu juga tokoh terpengaruh di Timor Leste, Xanana Gusmão dan Lú Olo menang di babak pertama pada 20 Maret, Ia memenangkan mayoritas mutlak suara dengan 57,08%. Pada 20 Mei 2017, ia menggantikan Taur Matan Ruak sebagai Presiden Timor Leste.

Reporter: Vito Salvador

 

Advertisement
Monta Publisidade
Kontinua Le'e
Advertisement
Monta Publisidade
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Liquiça

Lú Olo Agradese Ba Liquiça-oan Sira

Published

on

Hatutan.com, (12 Abríl 2022), Liquiça– Kandidatu Prezidente Repúblika (PR) segunda volta  ho númeru sorteiu rua (2), Francisco Guterres “Lú Olo”, hato’o agradese ba Liquiça-oan sira tanba iha eleisaun primeira volta, 19 fulan-Marsu liubá, fó ona votu ba nia, hodi konsege hakat to’o iha segunda volta eleisaun prezidensiál ne’e.

(more…)

Kontinua Le'e

Liquiça

PR Lú Olo Kuda Ai-oan 200 iha Pilila

Published

on

Hatutan.com, (18 Dezembru 2021), Liquiça—Prezidente Repúblika (PR), Francisco Guterres Lú Olo, lansa kampaña nasionál kuda ai-oan 200  iha área tasi-ibun Pilila, suku Lauhata, postu administrativu Bazartete, munisípiu Liquiça.

(more…)

Kontinua Le'e

Liquiça

Bee moos ho Eletrisidade Kontinua Sai Preokupasaun Povu Liquiça

Published

on

Hatutan.com (17 Dezembru 2021) Liquiça —Komunidade Liquiça kontinua preokupa ho problema bee moos no eletrisidade ne’ebé barak seidauk asesu.

(more…)

Kontinua Le'e

Trending