Connect with us
Pakote Ahi

Internasionál

Xanana dan Mahfud Tunda Bahas Perbatasan Timor Leste-Indonesia

Published

on

Hatutan.com, (9 September 2022), Dili-Ketua Perundingan Batas Laut dan Darat Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmão dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia, Mahfud MD kembali menunda pertemuan pembahasan batas darat antara Timor Leste dan Indonesia.

Baca Juga : Xanana Akan Bertolak ke Jakarta Bahas Sengketa Batas Darat TL-RI

Xanana tiba kembali di Dili, Jumat (09/09/2022), setelah lawatannya ke Roma dan Indonesia. Foto/Especial

Xanana Gusmão, Mahfud MD dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi sempat bertemu, Kamis (08/09/2022), di Jakarta, tetapi belum bisa membahas lebih jauh soal perbatasan kedua negara dikarenakan Indonesia masih fokus pada pertemuan G20.

Pertemuan pertama antara Xanana dengan Mahfud, sejak Mahfud menjabat Menko Polhukam menggantikan Wiranto, pada Oktober 2019. Sebelumnya, Xanana membahas isu perbatasan darat ini dengan Wiranto dan Menlu Retno Marsudi.

Advertisement

“Kami sempat bertemu dan menyepakati untuk pertemuan selanjutnya,” kata Xanana Gusmão saat tiba kembali di Dili, Jumat (09/09/2022).

Pembicaraan masalah perbatasan itu merupakan kelanjutan dari pembicaraan sebelumnya yang dilakukan Xanana Gusmão dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menko Polhukam waktu itu Wiranto.

Titik perbatasan darat yang akan terus ditindaklanjuti untuk mencari solusi penyelesaian antar kedua negara  adalah titik batas darat di wilayah di Noelbesi/ Citarana di Kabupaten Kupang seluas 1.069 hektare, dan di Bijael Sunan Oben, Timor Tengah Utara dengan luas wilayah 142,6 hektare.

Perbatasan di Noel Besi-Citrana merupakan wilayah di Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan dengan Oecusse-Ambeno, yang menjadi bagian dari wilayah Timor Leste. Sedangkan lokasi perbatasan antara Bidjael Sunan-Oben, adalah wilayah yang berada di Manusasi, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Reporter : Vito Salvadór

Advertisement

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Internasionál

Konferénsia Oseanu Atenas-Grécia Importante Atu Hametin Kooperasaun Hodi Proteje Balada iha Tasi-Laran

Published

on

Hatutan.com, (17 Abríl 2024), Díli— Primeiru-Ministru (PM), Kay Rala Xanana Gusmão konsidera konferénsia Oseanu “Ita Nia Tasi” bá dala-sia iha kapitál Atenas, Grécia importante tebes bá nasaun hotu-hotu, atu servisu hamutuk hodi proteje tasi hosi risku foer oin-oin liu-liu plástiku, hodi salva riku-soin tasi no balada sira ne’ebé moris iha tasi laran.

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

Xanana To’o Ona Grécia Atu Partisipa Konferénsia Oseanu

Published

on

Hatutan.com, (15 Abríl 2024), Díli—Primeiru-Ministru (PM), Kay Rala Xanana Gusmão, domingu (14/04/2024) ho delegasaun kontinua viajen hosi Reinu Unidu bá país Grécia.

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

Xanana Husu Timor-oan iha Reinu Unidu Servisu Disiplina Atu Hadi’a Moris

Published

on

Hatutan.com, (15 Abríl 2024), Díli—Primeiru-Ministru (PM), Kay Rala Xanana Gusmão apela bá Timor-oan sira ne’ebé hala’o atividade no manán espriénsia servisu oioin iha Reinu Unidu, atu servisu ho disiplina no profisonál hodi hetan osan hadi’a ekonomia família, no kontribui bá dezenvolvimentu Timor-Leste.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending