Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

Wujudkan Pemajuan Kebudayaan, Indonesia Mengapresiasi Festival Musik dan Budaya Atauro

Published

on

Hatutan.com, (22 November 2022), Atauro-Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Timor-Leste, Okto Dorinus Manik, mengapresiasi penyelenggaraan Festival Musik dan Budaya di daerah Atauro.

Dubes RI untuk TL, Okto Dorinus Manik berbicang-bincang dengan Perdana Menteri Taur Matan Ruak di Atairo, Selasa (22/11/2022). Foto/Vito Salvadór

“Atas nama pemerintah Indonesia, saya mengapresiasi inisiatif Presiden Timor-Leste, José Ramos-Horta dan pemerintah Timor-Leste menyelenggarakan festival musik dan budaya di daerah Atauro sebagai salah satu terobosan mengeksplorasi potensi wisata dan budaya Timor-Leste,”  kata Dubes Okto Dorinus Manik kepada wartawan di Atauro, Selasa (22/11/2022).

Dia mengaku festival ini kelas dunia,  jadi bukan hanya Timor-Leste tetapi juga berkolaborasi dengan negara tentangga Indonesia dengan tujuan mengeksplorasikan potensi budaya dan wisata Timor-Leste ke dunia internasional.

Beberapa tamu kehormatan dari negara-negara sahabat termasuk beberapa negara di dunia yang memiliki kantor perwakilannya di Timor-Leste juga hadir dalam festival musik dan budaya Atauro yang berlangsung sejak Senin sampai Kamis (21-24 November 2022).

Advertisement

Perwakilan kelompok budaya dari Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) juga mengisi  acara festival Musik dan Budaya  Atauro untuk lebih mempererat hubugan persahabatan dan kekeluargaan yang telah terpupuk pasca restorasi kemerdekaan Timor-Leste pada 20 Mei 2002.

“Kolaborasi festival musik dan budaya antara NTT dan TL sangat baik dan mengingat hampir tidak ada perbedaan budaya TL dan NTT. Ini adalah kerjasama yang progresif untuk kedepannya sama-sama mengeksplorasikan  potensi budaya kedua negara untuk kanca internasional,” ucapnya.

Pada bulan Juli lalu, Presiden Ramos-Horta mengadakan lawatan kerjanya ke daerah pariwisata Labuan Bajo, Indonesia, dan pemerintah Indonesia, terlebih pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur siap membantu Timor-Leste untuk mengembangkan sektor pariwisata sebagai salah satu pendapatan negara.

Presiden Timor-Leste, José Ramos-Horta memberi aba-aba perlobaan perahu dayung dalam acara festival musik dan budaya Atauro, Selasa (22/11/2022). Foto/Vito Salvadór

Sebelumnya Presiden Timor-Leste, José Ramos-Horta mengatakan, kehadiran kelompok  budaya dari NTT dalam festival musik dan budaya Atauro adalah sebuah kolaborasi yang sangat positif  untuk tetap saling mundukung sebagai negara tetangga.

“Saya juga sudah mulai merencanakan programa Tour de Timor akan diadakan juga di Kupang-NTT sampai ke Timor-Leste,” harapnya.

Festival musik dan budaya termasuk Tour de Timor adalah perayaan atau acara  yang dapat  menarik perhatian wisatawan dan minat investor asing untuk berinvestasi di Timor-Leste

Advertisement

Isu Inus Nony, perwakilan kelompok budaya NTT juga menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif Presiden Ramos-Horta dan pemerintah Timor-Leste untuk melangsungkan festival musik dan budaya Atauro.

Menurutnya festival ini lebih mempererat hubugan budaya antara kedua negara tetangga Indonesia dan Timor-Leste kedepannya.

Hal senada juga disampaikan Iis Kuriawan  dari NTT.  Dia membeberkan bahwa TL dan Indonesia memiliki budaya yang sama dan dengan festival musik dan budaya Atauro lebih membuka cakrawala kedua masyakrakat untuk hidup damai dan saling membantu.

Delegasi kelompok budaya NTT  mengisi acara festival musik dan budaya Atauro dengan dua terian tradisional yakni tarian Sisi Klemuti dan tarian Sia Noni.

Reporter: Vito Salvadór

Advertisement

 

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

JSMP Ezije Altera Artigu 1475 Kodigu Sivíl Tanba Halo Diskriminasaun Relijioza

Published

on

Hatutan.com, (29 Fevereiru 2024), Díli– Programa Monitorizasaun Sistema Judisiáriu (JSMP, sigla Ingles) kontinua halo advokasia bá alterasaun artigu 1475 Kódigu Sivíl tanba konsidera hamosu diskriminasaun bá relijioza sira ne’ebé la’ós Katólika.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Governu Aloka Millaun $12 bá Komisaun Altu Nivel Institusionál bá Vizita Papa Francisco

Published

on

Hatutan.com, (28 Fevereiru 2024), Díli- Governu liuhosi reuniaun Konsellu Ministru, Kuarta (28/02/2024),  delibera atu autoriza despeza to’o millaun $12 hosi fundu kontinjénsia bá Komisaun Altu Nivel Institusionál bá vizita Sua Santidade Papa Francisco.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

SEKOMS Halo Plájiu, Hamoe Instituisaun Estadu

Published

on

Hatutan.com, (28 Fevereiru 2024), Díli–Asia Justice and Right (AJAR)  konsidera atitude  plájiu  Sekretária Estadu Komunikasaun Sosiál (SEKOMS) hodi kopia konteúdu livru planu estratéjiku Konsellu Imprensa  (CI, sigla portugés) Timor-Leste  2022-2026 nu’udár aktu krime plagiatu no hamoe instituisaun Estadu.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending