Connect with us
Pakote Ahi

Indonesia

Komitmen AS Akan Tekan Junta Militer Myanmar

Published

on

Hatutan.com, (06 September 2023), Jakarta—Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) Kamala Harris mengatakan isu Myanmar menjadi perhatian utama AS dan berjanji akan terus berupaya menekan rezim junta militer untuk mengakhiri kekerasan di Myanmar.

Baca Juga: Jokowi Berharap Ada Upaya ASEAN untuk Bantu Myanmar

Wapres AS Kamala Harris tiba di Indonesia untuk menghadiri KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta. Photo/AP

“Kami akan terus menekan rezim junta militer untuk mengakhiri kekerasan mengerikan yang terjadi selama ini dan membangun kembali jalan Myanmar menuju demokrasi inklusif,” kata Wapres AS Kamala Harris saat berbicara dalam pertemuan tingkat tinggi Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) dengan mitra wicara strategis seperti Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Australia, dan AS, Rabu (06/09/2023).

Wapres AS Kamala Harris menyampaikan komitmen pemerintah AS terhadap kawasan Asia Tenggara dan Indo Pasifik.

Advertisement

ASEAN sendiri dalam dokumen Leaders Review and Decision on the Implementation of Five Point Consensus ASEAN mengkaji ulang implementasi lima poin konsensus.

“Mengenai masalah Myanmar, para pemimpin mengkaji implementasi dari Five Point of Consensus sesuai dengan mandat dari KTT 40 dan 41. Kesimpulannya tidak ada kemajuan yang signifikan dalam implementasi Five Point of Consensus,” kata Kamala Harris seperti dikutip Hatutan.com dari rilis resmi Tim Komunikasi dan Media KTT ASEAN 2023.

Seperti diketahui, Konsensus Lima Poin menyerukan penghentian kekerasan, dialog dengan semua pemangku kepentingan, menunjuk utusan khusus untuk memfasilitasi mediasi dan dialog, mengizinkan ASEAN untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Myanmar, serta mengizinkan utusan khusus ASEAN untuk mengunjungi dan bertemu dengan pemangku kepentingan di Myanmar.

Kunjungan Kamala Harris merupakan kunjungan ketujuh kalinya bagi perempuan kelahiran 20 Oktober 1964 ke Benua Asia. Serta kelima kalinya ke kawasan Asia Tenggara dalam kapasitasnya sebagai wakil dari Presiden Joe Biden.

Kamala Harris  tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Selasa 5 September 2023 sekitar pukul 22.00 WIB. Kedatangannya disambut oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin.

Advertisement

Sebelum ke Jakarta, Kamala Harris telah mengadakan kunjungan kenegaraan ke Singapura, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Dia juga pernah mengunjungi Jepang dan Korea Selatan. ***

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesia

Merkadu Sira iha Kupang La Fa’an Foos Subsídiu

Published

on

Hatutan.com, (18 Abríl 2024), KUPANG—Hatutan.com halo hela observasaun hodi buka-tuir foos subsídiu iha merkadu sira iha sidade Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Repúblika Indonézia (RI) ne’ebé deskonfia transporta hosi Timor-Leste (TL), maibé la konsege detekta.

(more…)

Kontinua Le'e

Indonesia

Foos Subsídiu Beruang Merah Tama Ilegál iha TTU

Published

on

Hatutan.com, (18 Abríl 2024), KEFAMENANU— Autoridade militár Indonézia nian (TNI sígla Indonesia) ne’ebé hala’o seguransa iha liña fronteira terrestre, halo apreensaun bá foos subsídiu ho marka Beruang Merah ho kuantidade 200kg ne’ebé hatama ilegalmente hosi sidadaun balun hosi Indonézia liu hosi Fronteira Terrestre iha área suku Sunsea, postu administrativu Naibenu, munisípiu Timor Tengah Utara (TTU), provínsia Nusa Tenggara Timur (NTT), Repúblika Indonézia (RI), Kuarta (17/04/2024).

(more…)

Kontinua Le'e

Indonesia

Umat Katolik NTT Wajib Punya Paspor Jika Ingin Mengikuti Kunjungan Paus di Timor Leste

Published

on

Hatutan.com, (04 April 2024), Atambua – Atase Imigrasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Andhika Pandu Kurniawan, meminta kepada peziarah yang akan berkunjung ke Timor Leste untuk mengikuti kegiatan keagamaan wajib memiliki dokumen perjalanan (paspor).

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending