Connect with us
Pakote Ahi

Dili

Ramos-Horta Ucapkan Selamat dan Undang Prabowo Kunjungi Timor Leste

Published

on

Hatutan.com, (19 Februari 2024), Dili—Presiden Timor Leste, José Ramos-Horta mengucapkan selamat atas terpilihnya Prabowo Subianto sebagi Presiden Republik Indonesia untuk masa jabatan 2024-2029.

Presiden Timor Leste, José Ramos-Horta. Foto/Elio dos Santos da Costa

“Melalui telepon saya mengucapkan selamat dan mengundang presiden terpilih Republik Indonesia, Prabowo Subianto untuk mengunjungi Timor Leste dan beliau menyatakan kesediaannya sebelum atau sesudah sumpah jabatan sebagai presiden ke-8 Republik Indonesia,” ucap Presiden José Ramos-Horta kepada wartawan di Istana Negara, Dili, Senin (19/02/2024).

Melalui sambungan telepon yang berlangsung beberapa menit, Rabu pekan lalu, Prabowo Subianto juga mengundang Ramos-Horta untuk berkunjung ke Indonesia dan keduanya berkomitmen kuat untuk tetap memupuk dan menjaga kemitraan antara Timor Leste dan Republik Indonesia.

Paska restorasi kemerdekaan Timor Leste pada 20 Mei 2002 hingga saat ini hubungan Timor Leste dan Indonesia sangat baik. Indonesia juga menjadi salah satu negara pendukung keanggotaan Timor Leste untuk ASEAN.

Advertisement
#

Selain itu Indonesia juga membantu Timor Leste melalui programa beasiswa dan program peningkatan kapasitas bagi pemuda dan mahasiswa Timor Leste, serta pegawai negeri, diplomat, polisi dan personil militer.

Melalui percapakapan telepon itu, Prabowo Subianto juga menitipkan salam hanggat kepada Perdana Menteri Xanana Gusmão.

“Saya yakin bahwa presiden terpilih Prabowo Subianto  akan tetap menjaga hubungan baik dengan Timor Leste  seperti yang dilakukan oleh presiden Indonesia sebelumnya,” ungkap Ramos-Horta.

Peta sebaran hasil hitung cepat (quick count) menunjukan bagaimana pasangan calon (paslon) capres dan cawapres, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, menang di rata-rata provinsi di Indonesia dalam pemilihan presiden (pilpres) Rabu lalu. 

Hasil hitung cepat oleh beberapa lembaga survei di Indonesia menjukan dari hampir 90% suara yang masuk, di Sumatera misalnya, Prabowo-Gibran unggul di Sumatera Utara, Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Lampung. Sementara di Jawa, Prabowo unggul di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Advertisement
#

Paslon nomor urut 2 ini juga menang di Bali, NTB dan NTT. Begitu juga di seluruh provinsi di Kalimantan dan Sulawesi serta Maluku.

Namun di Papua, Prabowo-Gibran unggul di Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan. Tercatat hanya satu provinsi yakni Papua Tengah dikuasai calon lain.

Anies Baswedan dan pasangannya Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dari data yang sama, hanya unggul di tiga provinsi. Yakni Aceh, Sumatera Barat dan DKI Jakarta. Sementara Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjadi pemenang di Papua Tengah.

Perlu diketahui, pada pukul 06:40 WIB, sekitar 98,30% suara sudah dihimpun Charta Politika. Prabowo-Gibran memimpin dengan 57,81% suara, sementara Anies-Cak Imin 25,66% suara dan Ganjar-Mahfud 16,51% suara.

Presiden terpilih Republik Indonesia, Prabowo Subianto. Foto/Antara

Prabowo Subianto Djojohadikusumo lahir di tengah lingkungan intelektual dan keberagaman. Ayahnya, Soemitro Djojohadikusumo seorang ekonom terkemuka sekaligus politikus Partai Sosialis Indonesia – sempat menjadi menteri keuangan di era Soekarno dan menteri perdagangan di era Soeharto. Ibunya bernama Dora Soemitro, perempuan Kristen Protestan berdarah Minahasa.

Ia merupakan anak ketiga dengan dua kakak perempuan bernama Biantiningsih Miderawati dan Maryani Ekowati. Dan, adik laki-lakinya Hashim Djojohadikusumo.

Advertisement
#

Berdasarkan silsilahnya, keluarga Djojohadikusumo merupakan keturunan dari Raden Tumenggung Kertanegara yang merupakan panglima laskar Pangeran Diponegoro.

Masa kecil Prabowo dan keluarganya banyak dihabiskan di luar negeri, terutama ketika ayahnya terlibat menentang pemerintah Presiden Soekarno dalam Pemerintahan Revolusioner di Sumatera. Latar belakangnya adalah pemerintah pusat terlalu mengistimewakan Jawa dibandingkan daerah lain.

Dalam sejumlah sumber disebutkan, sekolah Prabowo berpindah-pindah dari Malaysia, Swiss, sampai Inggris. Hingga akhirnya, ketika pemerintahan Orde Lama tumbang digantikan Orde Baru, keluarga Soemitro kembali ke Indonesia.

Prabowo mengukuhkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) di Magelang, Jawa Tengah pada 1970.

Setelah lulus, ia kemudian bergabung dengan Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassanda) – pasukan elit Angkatan Darat yang menjadi cikal bakal Kopassus.

Advertisement
#

Tugasnya saat itu menjadi komandan pleton pada Grup I/Para Komando yang menjadi bagian dari pasukan operasi Tim Nanggala di Timor Timur.

Pada Mei 1983, Prabowo menikah dengan Siti Hediati Hariyadi, putri dari Presiden Soeharto. Keduanya kemudian dikaruniai seorang anak Ragowo Hediprasetyo atau lebih dikenal dengan Didiet.

Sejak pernikahan ini, karir militer Prabowo makin moncer. Tahun 1985, Prabowo menjadi wakil komandan Bayalyon Infanteri Lintas Udara 328, dan 1991 ia menjabat Kepala Staf Brigade Infanteri Lintas Udara 17 yang bermarkas di Cijantung.

Dua tahun setelah itu, Prabowo kembali ke pasukan khusus yang sudah berganti nama menjadi Kopassus. Pada puncaknya, Prabowo diangkat menjadi Komandan Jenderal Kopassus dengan pangkat Mayor Jenderal pada 1995.

Pada detik-detik periode lengsernya Soeharto hingga Mei 1998 inilah terkuak tuduhan terhadap Prabowo dalam penculikan sejumlah aktivis. Sampai akhirnya, dia harus diberhentikan dari dinas kemiliteran. Di periode ini Prabowo juga bercerai dengan istrinya.

Advertisement
#

Setelah berhenti dari dinas kemiliteran, Prabowo merintis usaha di Yordania dan Jerman, sebelum akhirnya kembali ke Indonesia dan mendirikan Gerindra pada 2008.

Di Indonesia, perusahaan yang digawangi Prabowo bergerak di bidang minyak kelapa sawit, migas, pertambangan, kehutanan, pertanian dan pulp serta perikanan. 

Reporter : Vito Salvadór/Berbagai sumber  

 

Advertisement
#
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dili

Eleisaun Suku Manleuana, Kandidatu Xefe Suku Jacob ho Alexandre Hakat bá Segunda Ronde

Published

on

Hatutan.com, (28 Abríl 2024), Díli – Eleisaun órgaun Suku Manleuna, Postu Administrativu Dom Aleixo, Munisípiu Díli tenke hakat bá segunda ronde tanba votu ne’ebé kandidatu xefe suku sira hetan la prienxe rekizitu 50%+1.

(more…)

Kontinua Le'e

Dili

Eleisaun Órgaun Suku iha Madohi ho Bebonuk Hakat Bá Segunda Volta

Published

on

Hatutan.com, (28 Abríl 2024), DíliEleisaun órgaun  suku ne’ebé halao loron 27 fulan-Abríl 2024 iha Suku rua hanesan Madohi ho Bebounuk  Postu Admistrativu Dom Aleixo, Munisípiu Díli hakat bá segunda volta  tanba rezultadu eleisaun la prienxe  rekizitu 50%+1.

(more…)

Kontinua Le'e

Dili

Eleisaun Órgaun Suku 2024 iha Madohi La’o ho Hakmatek no Bebonuk Mosu Protestu

Published

on

Hatutan.com, (27 Abríl 2024), Díli—Sidadaun sira ho otas tinan 17 bá leten iha suku foun 10 iha territóriu nasionál, Sábadu (27/04/2024),  ejerse sira-nia direitu demokrátiku hodi hola parte iha eleisaun órgaun suku.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending