Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

Mantan Menteri Untuk Dewan Menteri Fidelis Leite Magalhães Pimpin Wadah Pemikir IPIA

Published

on

Hatutan.com, (19 Maret 2024), Dili—Mantan Menteri untuk urusan Dewan Menteri pada kabinet pemerintahan ke-8, Fidelis Leite Magalhães terpilih sebagai ketua pendiri wadah pemikir (think tank) The Alternative Futures-Institute of Politics and International Affairs (IPIA) yang berbasis di Timor Leste.

Suasana pertemuan para pendiri IPIA di Dili, Minggu, 17 Maret 2024. Foto/Istimewa

Melalui pertemuan para pendiri IPIA  di Dili, Minggu, 17 Maret 2024, para anggota pendiri The Alternative Futures-Institute of Politics and International Affairs (IPIA) menetapkan struktur kepemimpinan dan tata kelola lembaga IPIA.

Siaran pers yang diperoleh Hatutan.com, Selasa (19/03/2024), mensinyalir bahwa keputusan penting yang diambil selama pertemuan adalah sebagai berikut:

Kepemimpinan Eksekutif

Advertisement

Berikut adalah nama-nama yang terpilih oleh para pendiri, dengan suara bulat, untuk menjabat sebagai kepemimpinan eksekutif dalam IPIA.

  • Fidelis Leite Magalhães, Ketua  Pendiri 
  • Laurentina “Mica” Barreto Soares, Wakil Ketua dan Direktur Penelitian dan Analisis
  • Nelson de Sousa Carvalho Belo, Wakil Ketua selaku Direktur Keuangan dan Administrasi
  • João da Silva Sarmento, Wakil Ketua  selaku Direktur Partisipasi dan Keterlibatan Masyarakat
  • Mericio Juvinal Dos Reis “Akara”, Wakil Ketua selaku Direktur Media dan Komunikasi
  • Fausto Maia Gama, Managing Director.

Kepemimpinan yang baru terpilih tersebut, akan segera mengambil peran dan tanggungjawabnya, untuk masa jabatan lima tahun, sejak pengumuman ini diterbitkan.

Dewan Pengawas

Melalui rapat anggota pendiri ini, telah menetapkan juga susunan Dewan Pengawas yang terdiri dari 19 orang, termasuk anggota pendiri. Ketua IPIA akan mengundang individu-individu yang mempunyai prestasi dan integritas untuk bergabung.

Masa jabatan anggota Dewan Pengawas tidak tetap adalah lima tahun. Untuk memastikan keberlanjutan dan otonomi organisasi, lembaga ini akan mulai beroperasi secara bertahap, dengan daftar kegiatan yang komprehensif dan catatan konsep utama, akan diterbitkan pada April 2024.

IPIA menyambut baik harapan dan pernyataan ketertarikan untuk kolaborasi selanjutnya. “Kami bangga meluncurkan The Alternative Futures-Institute of Politics and International Affairs (IPIA), adalah sebuah wadah pemikir yang berbasis di Timor-Leste dengan perspektifglobal,” kata Fidelis Leite Magalhães, ketua IPIA yang baru terpilih.

Advertisement

Reporter : Vito Salvadór

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

Pozisaun Igreja Katólika: Natureza Loloos Hosi Matrimónio Maka Mane ho Feto Moris Hamutuk

Published

on

Hatutan.com, (26 Jullu 2024), Díli—Igreja Katólika Timor-Leste liu hosi Conferência Episcopal Timorense (CET), hatuur pozisaun kona-bá tuir roman Sagrada Eskritura katak, mane ho feto moris hamutuk nu’udár natureza loloos hosi Sakramentu Matrimónio.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

FMDC-UN WOMEN Entrega Matadalan Reportajen Sensível Jéneru bá CI

Published

on

Hatutan.com, (25 Jullu 2024), Dilí—Fundasaun Médis Development Center (FMDC), UN Women estabelese kooperasaun ho Conselho Imprensa (CI) hodi entrega matadalan reportajen sensível bá jéneru, nune’e bele promove média no eleva kapasidade jornalista sira oinsá bele halo reportajen ho di’ak bá asuntu igualdade jéneru iha Timor-Leste.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Governu Tenke Haforsa Seguransa iha Fronteira Hodi Kombate Movimentu illegál

Published

on

Hatutan.com, (25 Jullu 2024), Díli— Forum Organizasaun Naun Governamentál Timor-Leste (FONGTIL) husu bá Governu liu hosi Ministériu Interiór (MI) atu haforsa seguransa iha fronteira sira rai-maran nian hodi evita sasan illegál sira hanesan sigaru inklui sasan sira seluk ne’ebe kontinua tama mai iha territóriu nasionál.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending