Connect with us
Pakote Ahi

Polítika

Kampanye Pilpres 2022 dimulai, Gereja Katolik Doakan dan Serukan Kampanye Damai

Published

on

Hatutan.com, (02 Maret 2022), Dili-Kampanye terbuka pemilihan presiden (Pilpres) Timor Leste untuk priode 2022-2027 mulai digelar bertepatan dengan perayaan hari Rabu Abu bagi umat Katolik di seluruh dunia, Rabu (02/03/2022). 

Uskup Agung Metropolitan Dili, Mgr. Virgílio do Carmo da Silva, SDB. Foto/Hatutan.com

Pembukaan kampanye oleh 16 calon presiden (Capres) Timor Leste  dengan berbagai mekanisme kampanye, diantaranya melalui kampanye terbuka atau kampanye akbar, kampanye dari pintu ke pintu (door to door). Beberapa capres juga menggelar kampanye terbatas dengan bagi-bagi brosur materi kampanye di beberapa tempat umum, seperti pasar, terminal pusat perbelanjaan dan pusat-pusat  keramaian lainnya.

Kampanye  akbar capres José Manuel Ramos Horta yang diusung partai CNRT, pimpinan Xanana Gusmão,  berlangsung  di Kota Madya (Munisipiu) Lautem, sedangkan Francisco Guterres “Lú Olo” capres yang diusung partai FRETILIN berlangsung di Oebau Pante Makasar, wilayah istimewa Oé-Cusse, Ambeno.

Sementara itu, calon presiden Tito da Costa alias Lere Anan Timor, Letnan Jenderal purnawirawan yang mencalonkan diri secara independen dengan dukungan dari beberpa pimpinan veteran FALINTIL, anggota jaringan bawah tanah (klandestine) di masa perjuangan pembebasan Timor Leste dan beberapa militan partai FRETILIN, berkampanye di kota madya atau Munisipiu Manatuto. 

Advertisement

Calon presiden yang diusung Partai Demokrat (PD), Mariano Assanami Sabino, melangsungkan kampnaye akbar di kota madya atau Munisipiu Aileu.  Armanda Berta, calon presiden dari partai KHUNTO mengawali kampanyenya di kota madya atau Munisípiu Ainaro.

Berikut jadwal kampanye perdana para calon presiden Timor Leste yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum atau CNE (Comissão Nacional das Eleições) sesuai dengan nomor urut capres pada hari pertama, Rabu (02/03/2022):

  1. Isabel da Costa Ferreira, mengawali mini kampanye (door to door) di kota madya Aileu
  2. Hermes da Rosa Correia Barros, juga malakukan mini kampanye di Aileu
  3. Maria Ângela Freitas da Silva, betkampanye dengan metode bagi-bagi brosur materi kampanye di kota madya Lautem
  4. Rogério Tiago Fátima Lobato, melangsungkan kampanye perdana di Gleno, Munisipiu Ermera
  5. Anacleto Bento Ferreira, mangadakan kampanye perdana di Atsabe, Munisipiu Ermera,
  6. Francisco Guterres “Lú Olo”, di daerah istimewa Oé-Cusse Ambeno
  7. Maria Helena Lopes de Jesus Pires (Gedung Paroki Gleno, Ermera)
  8. Letnan Jenderal Prunawirawan Tito da Costa Cristóvão (Lere Anan Timur) melangsungkan kampanye door to door di Manatuto
  9. Armanda Berta dos Santos, melangusngkan kampanye akbar atau kampanye terbuka di kota madya atau munisipiu Ainaro
  10. Antero Benedito da Silva, mangadakan kampanye pertama di Ermera
  11. Constâncio da Conceção Pinto, melangsungkan kampanye di Aileu
  12. Virgílio da Silva Guterres, mengadakan kampanye dengan metode dialog dengan masyarakat Oesilo, daerah istimewa Oé-Cusse, Ambeno
  13. Martinho Germano da Silva Gusmão, melangsungkan kampanye perdana dengan pertemuan terbatas dengan masyarakat di Gedung pertemuan Dom Bosco, kotamadya Lautem
  14. José Ramos Horta, melangsungkan kampanye terbuka di kota madya atau munisipiu Lautem
  15. Felisberto Araújo Duarte, berkampanye di Maubara, kota madya atau munisipiu Liquiça
  16. Mariano Assanami Sabino Lopes, mengadakan kampanye terbuka di Sabraka Laran, kota madya atau munisipiu Aileu.

Periode kampanye pilpres 2022-2027 yang ditetapkan CNE akan berakhir pada 16 Maret 2022. Para capres diperbolehkan menyampaikan gagasan mereka secara langsung kepada masyarakat luas melalui mekanisme kampanye akbar maupun kampanye door to door.

Sebelumnya para capres dan tim suksesnya telah malakukan ikrar bersama untuk tetap menjamin ketentraman dan perdamaian selama masa kampanye hingga penggumuman hasil akhir pilpres yang pada 19 Maret 2022.

 Gereja Mendoakan Kempanye Damai

Uskup Agung Metropolitan Dili, Mgr. Virgílio do Carmo da Silva, SDB. Foto/Hatutan.com

Melalui misa Rabu Abu atau pembukaan Masa Prapaskah di beberapa gereja Katolik di Dili, umat memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar memberikan berkah kepada para calon presiden dan pengikutinya untuk tetap menjamin kampanye yang damai, nyaman dan tentram bagi bangsa dan masyarakat Timor Leste.

Saat mempimpin misa kudus Rabu Abu di Kapel Bunda Karmel, Luro-Mata, Comoro, Dili, Pastor Anacleto Pires, SDB, mengajak umat katolik yang menghadiri misa tersebut untuk memanjatkan doa “Salam Maria” dan meminta rahmat  dari Bunda Maria untuk tetap menuntun rakyat Timor Leste menjaga kenyamanan dan perdamaian selama masa kampanye berlangsung hingga pemilihan presiden pada 19 Maret nanti.   

Advertisement

Konferensi Waligereja Timor Leste (Conferénsia Episcopal Timor Leste/CET) akan mengeluarkan nota pastoral tentang Pilpres 2022 dan  menentukan satu hari khusus di minggu pertama Pra Paskah, guna  mendoakan keberlangsungkan Pilpres yang damai. Juga mengajak  para pemilih  jeli memilih figur capres yang dapat merangkul semua lapisan masyakart Timor Leste.

Uskup Agung Metropolitan Díli, Mgr. Virgílio do Carmo da Silva, SDB kepada wartawan usai memimpin misa Rabu Abu di Gereja Katedral Dili, mengimbau kepada para Capres untuk tidak mengumbar kebencian selama berlansungnya kampanye Pilpres ini.

“Saya mengharapkan kepada para Capres untuk menyampaikan materi program kampanye secara damai.. Oleh karena itu, hendaknya para Cepres tidak mangumbar kebencian selama masa kampanye berlasung,”  tegas Uskup Virgílio do Carmo da Silva, SDB.

Menurut uskup Virgílio, masa kampanye Pilpres bukanlah kesempatan untuk saling menuding dan menghujat. Tetapi suatu kesempatan bagi para Cepres untuk menyampaikan programamnya langsung kepada masyarakat jika kelak mereka terpilih jadi Presiden Timor Leste untuk masa jabatan 2022-2027.

Dalam waktu dekat Koferensi Waligereja Timor Leste akan mengeluarkan nota patroal kepada seluruh umat Katolik di Diosis Dili, Baucau dan Maliana, untuk berpatisipasi aktif dalam Pilpres 2022 dan bahu-membahu memelihara ketentraman dan perdamaian di seluruh wilayah Timor Leste.

Advertisement

Wartawan : Vito Salvador

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Polítika

Presiza Konstrui Fatin Própriu Atu Fasilita Fornesimentu Kombustível iha Sentrál Elétrika Hera-Betano

Published

on

Hatutan.com, (26 Marsu 24), Díli—Deklarasaun politíka bankada KHUNTO iha Parlamentu Nasionál (PN),  rekomenda bá Governu katak, presiza duni atu investe hodi konstrui fatin própriu bá fornesimentu kombustível iha Sentrál Elétrika Hera no Betano.

(more…)

Kontinua Le'e

Polítika

Deklarasaun Polítika Bankada FRETILIN: Tanbasá TL Seidauk Bele Manan Greater Sunrise

Published

on

Hatutan.com, (25 Marsu 2024), Díli– Bankada Parlamentár FRETILIN, Segunda (25/03/2024), halo deklarasaun polítika iha plenária Parlamentu Nasionál hodi aprezenta sira-nia duvida no kestiona projetu Greater Sunrise ne’ebé to’o ohin loron seidauk iha finalidade.

(more…)

Kontinua Le'e

Polítika

20-21 Abríl, Kongresu Nasionál Partidu KHUNTO Bá Da-III

Published

on

Hatutan.com, (21 Marsu 2024), Díli- Partidu Kmanek Haburas Unidade Nasionál Timoroan (KHUNTO) iha loron 20 to’o loron 21 fulan-Abríl, tinan ne’e, sei realiza kongresu nasionál bá da-III hodi halo reestruturasaun no prepara estratéjika polítika partidu hodi enfrenta dezafiu sira iha futuru.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending