Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

Pilpres Timor Leste, Ramos-Horta Tetap Unggul

Published

on

Hatutan.com, (20 April 2022), Dili-Hasil perhitungan sementara pemilihan Presiden (Pilpres) Timor Leste putaran kedua, Rabu (20/04/2022), menunjukan  calon presiden dengan nomor urut satu (01), José Manuel Ramos-Horta tetap unggul dengan perolehan 245,858 suara  (59%) atas lawannya capres petahana Francisco Guterres “Lú Olo” dengan 174,045 suara (41%).

Baca Juga: Hasil Sementara Pilpres TL, Ramos-Horta Unggul Dengan Perolehan Suara 21105

Perhitungan suara di TPS EBF Nu.01, Farol, Dili, Selasa (19/04/2022). Foto/Hatutan.com

“Hasil sementara yang dilansir dari  Secretariado Técnico da Administração Eleitoral (STAE) hingga harii Rabu ini menunujukan saya unggul, tetapi saya belum bisa mendeklarasikan kemenangan, karena proses perhitungan berlum berakhir,” kata Ramos-Horta kepada wartawan di Dili.  

Lebih lanjut, Ramos-Horta mengatakan, jika perhitungan akhir oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau CNE (Comissão Nacional de Eleições) dan STAE mengatakan secara resmi kemenangannya dalam pemilihan presiden putaran kedua ini, maka pihaknya akan mengeluarkan undangan kepada beberapa sahabat karib di dalam negeri dan luar negeri, termasuk pimpinan negara-negara sahabat untuk menghadiri acara sumpah jabatannya sebagai Presiden Timor Leste yang kelima pasca restorasi kemerdekaan Timor Leste pada 20 Mei 2002.

Advertisement

Sebagia presiden terpilih, Ramos-Horta akan melakukan komunikasi secara aktif dengan beberapa fraksi yang ada di Parlemen Nasional untuk berdiskusi atau dialog dalam mencari penyelesiaan atas situasi politik nasional, termasuk mecari solusi bagi kemakmuran bangsa dan negera dalam perhimpitan ekonomi Timor Leste yang kian terpuruk.

Hasil perhitungan sementara yang dilansir STAE, Rabu (20/04/2022). Foto/Repro

“Pada umumnya situasi keamanan Timor Leste sangat kondusif, tetapi rakyat Timor Leste dihadapkan pada dampak krisis ekonomi yang melanda dunia saat ini. Sembilan bahan pokok di pasaran nasionál, termasuk harga bahan bakar minyak (BBM) naik drastis. Itu semua harus ada sinerjik oleh lembaga-lembaga kedaulatan bangsa, terutama Presiden Republik, Parlemen Nasional dan pemerintah untuk bekerja lebih giat mencara solusi penyelesiaan,” kata Ramos-Horta.

Pemilihan presiden putaran pertama pada 19 Maret 2022, capres Jose Ramos-Horta menempati posisi pertama dengan meraih 301.481 suara (46,58%) dan Francisco Guterres “Lú Olo” di urutan kedua dengan 143.408 suara (22,16%). Karena tidak memenuhi hasil 50 persen plus akhirnya dilakukan pemilu putaran kedua.

Berdasarkan pemantauan tim Hatutan.com di beberapa wilayah di Timor Leste menunjukan pemilihan presiden kelima putaran kedua pada 19 April ini, berjalan aman dan cukup kondusif.

Reporter : Elio dos Santos da Costa

 

Advertisement

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

KSTL Ejize Governu Aprova Dekretu Lei Traballu ho Saláriu Mínimu $150 to’o $164

Published

on

Hatutan.com, (17 Abríl 2024), Díli—Konfederasaun Sindikatu Timor-Leste (KSTL) ejize bá IX Governu atu halo aprovasaun bá Dekretu Lei Traballu ho saláriu mínimu nasionál hahú hosi $164 tun to’o $150, liu hosi konferénsia imprensa iha sede KSTL Bemori, Kuarta (17/04/2024).

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

CI ho ABC-ID Lansa Matadalan Jornalizmu Inkluzivu

Published

on

Hatutan.cm, (16 Abríl 2024), Díli—Conselho de Imprensa (CI) servisu hamutuk ho Australia Broadcasting Coorporation-International Development (ABC-ID) hala’o lansamentu bá Matadalan Jornalízmu Inkluzivu.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Projetu Reabilitasaun Estrada iha Díli Laran “La Obedese” bá Prinsípiu Transparénsia

Published

on

Hatutan.com, (16 Abríl 2024), Díli– Iha Rejime Jurídiku Aprovizionamentu (RJA) fó sentidu katak  projetu fíziku (projetu ho karater emerjénsia ka karater normal)  ne’ebé iha implikasaun bá Orsamentu Estadu nian tenke tane as no garante prinsípiu transparénsia.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending