Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

Hasil Sementara Pilpres TL, Ramos-Horta Unggul Dengan Perolehan Suara 21105

Published

on

Hatutan.com, (19 April 2022), Dili–Calon presiden (capres) dan juga peraih hadiah Nobel Perdamian 1996, José Manuel Ramos-Horta, mengungguli capres petahanan Francisco Guterres “Lú Olo” dalam hasil penghitungan sementara pilpres Timor Leste, Selasa (19/04/2022).

Baca juga: Timor Leste Gelar Pilpres Putaran Kedua Dengan Pemilih 859.613

Capres José Manuel Ramos-Horta. Foto/Hatutan.com

Menurut data pilpres putaran kedua yang dilansir kantor berita Portugal LUSA  bahwa José Ramos-Horta yang mendapat restu dan dukungan dari partai CNRT pimpinan Xanana Gusmão, memperoleh suara sementara 21105 (57,26%) dan Capres pertahanan dari partai historik FRETILIN, Francisco Guterres “Lú Olo” hanya 15753 suara (42,74%). 

Dilansir dari LUSA  bahwa suara yang diperoleh kedua capres tersebut dari hasil perhitungan di 96 TPS (tempat pemungutan suara) dari total 1200 TPS yang ada di seluruh wilayah Timor Leste.

Advertisement

Sementara itu, jumblah pemilih yang terdaftar dalam pemilihan pilpres putaran kedua adalah 36858 (100%).

Pilpres putaran pertama pada 19 Meret lalu, Capres José Manuel Ramos-Horta unggul dengan memperoleh 46,5% suara dan presiden petahanan Francisco Guterres “Lú Olo” meraih 22,1% suara.

Setelah memberikan suara di TPS Metiaut, Dili, Ramos-Horta mengatakan, dia sangat yakin akan menenangkan pilpres kali ini. Namun dirinya tetap lapang akan menerima hasil apa pun.

Sementara itu, Capres Francisco Guterres “Lú Olo”, yang berusia 67 tahun juga menegaskan, komitmennya untuk menerima hasil dari keputusan rakyat melalui pemungutan suara pilpres tahun ini.

“Ini adalah demokrasi dan saya selalu mengatakan, jika kalahpun akan kalah dengan terhormat,” tandas Lú Olo kapada wartawan.

Advertisement

Capres yang memenangkan pilpres putaran kedua ini akan dilantik pada  bertepatan dengan peringatan hari retorasi kemerdekaan  Timor Leste yang ke-20 pada 20 Mei 2022.

Reporter: Elio dos Santos da Costa

 

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

Sei Foti Hotu Veíkulu Estadu Ne’ebé Estasiona iha Kargu Xefia Sira-Nia Uma

Published

on

Hatutan.com, (26 Abríl 2024), Díli-Ekipa fiskalizasaun konjunta sei bá foti obrigatóriu veíkulu (karreta ho motór)  Estadu nian ne’ebé durante ne’e estasiona iha utilizadór sira-nia rezidénsia privadu.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Papél Mídia Importante Hodi Kontribui bá Prezerva Memória Pasadu

Published

on

Hatutan.com, (24 Abríl 2024), Díli-Centro Nacional CHEGA! Institutu Públiku (CNC, I.P) konsidera mídia ka jornalista sira-nini papél importante tebes atu bele halo kobertura kona-bá akontesimentu sira istóriku hodi bele kontribui bá prezerva memória sira pasadu nian.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Posibilidade Governu Aprezenta Kandidatu Foun Komisáriu CAC

Published

on

Hatutan.com, (23 Abríl 2024), Díli– Vise-Ministru Asuntu Parlamentár,  Áderito da Costa Hugo, informa proposta Lei, 2ª alterasaun bá Lei n°8/2009, 15 de jullu kona-bá Komisaun Anti-Korrupsaun (CAC siglá portugés), aprova  final global ona iha Parlamentu Nasionál iha loron 22 fulan-Abríl,  ho nune’e, Governu sei haree fali timoroan feto ka mane ne’ebé prenxe rekizitu hodi kandidatu  bá komisáriu CAC atu aprezenta bá Parlamentu Nasionál hodi hakat bá eleisaun.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending