Connect with us
Pakote Ahi

Internasionál

RI–TL Sepakat Perkuat Kerjasama Dalam Misi Kemanusiaan

Published

on

Hatutan.com, (28 April 2022), Dili– Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Demokratik Timor Leste melalui organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) dan Palang Merah Timor Leste (Cruz Vermelha de Timor Leste/CVTL) sepakat memperkuat kerjasama dalam misi kemanusiaan. 

Penandatanganan kerjasama antara PMI dan CVTL. Foto/iNewsebelu.id

Hal ini dilakukan guna lebih mempererat hubungan kekeluargaan antar kedua negara yang memiliki satu kultur dan satu daratan. Dikutip dari iNewsebelu.id, Rabu (27/04/2022), Pemerintah Indonesia yang di wakili oleh Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), melakukan penandatanganan kerjasama antar kedua negara di pos Lintas Batas Negara Motain, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, NTT.  

Kerjasama yang di tandai dengan penandatanganan bersama kesepakatan ini bertujuan untuk lebih mempererat hubungan dan komunikasi lintas sektor dalam misi kemanusiaan dalam organisasi palang Perah Indonesia dan palang Merah Timor Leste (Cruz Vermelha de Timor Leste/CVTL).

Luis Pedro Pinto, Sekretaris Umum Cruz Vermelha de Timor Teste dalam sambutan nya mengatakan, kerjasama yang dilakukan ini sangat  sangat tepat dan relefan  karena bergerak di bidang kemanusiaan dan ini merupakan wilayah perbatasan maka perlu adanya hubungan kersama yang baik antar kedua negara.

Advertisement

“Kami sangat berterimakasih kepada pemerintah Indonesia yang sudah bersedia bekerjasama dalam misi kemanusiaan, sangat diharapkan kerjasaama ini tidak hanya sebagai simbol di atas kertas namun terus dijalankan demi masyarakat di sepanjang perbaatsan kedua negara ini,” ujarnya.

Luis Pedro Pinto juga berharap kepada Palang Merah Indonesia(PMI)  dan CVTL akan terus berdiskusi dan selalu membangun komunikasi sehingga dapat memperlancar kerjasama yang sangat positif bagi kedua negara untuk misi kemanusiaan.

Kerjasama antara PMI dan CVTL. Foto/iNewsebelu.id

Selain itu, menurut wakil Gubernur NTT yang juga ketua Palang Merah Nusa Tenggara Timur mengatakan, kerjasama ini sudah di lakukan sejak tahun 2020 lalu, namun baru hari ini dilakukan pendatanganan kerjasamanya.

“Kejasama ini sudah dilakukan sejak tahun 2020 lalu namun baru hari ini dilakukan penandatanganan kesepatakan ini,” ungkap Yosef.

Wagub juga menambahkan  sebagai perwakilan pemerintah pusat yang ada di daerah sangat mendukung kerjasama ini terutama dalam bidang kemanusaiaan karena sebagaimana diketahu bahwa wilayah NTT dengan Timor Leste merupakan satu pulau dalam satu  tradisi budaya namun di bagi menjadi dua negara oleh karena itu dengan adanya kerjasama ini lebih mempererat lagi rasa persaudaraan antara kedua negara khsusunya di tanah timor ini.

“Untuk semua aparat yang bertugas di perbatasan kita harapkan agar buang semua ego sektoral namun mari sama – sama saling mendukung untuk selalu bersinergi sehingga apa yang sudah di rencanakan bersama dengan baik ini dapat menghasilkan kesepakatan yang baik juga,” ungkapnya.

Advertisement

Reporter : Elio dos Santos da Costa

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Internasionál

Xanana To’o Ona Grécia Atu Partisipa Konferénsia Oseanu

Published

on

Hatutan.com, (15 Abríl 2024), Díli—Primeiru-Ministru (PM), Kay Rala Xanana Gusmão, domingu (14/04/2024) ho delegasaun kontinua viajen hosi Reinu Unidu bá país Grécia.

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

Xanana Husu Timor-oan iha Reinu Unidu Servisu Disiplina Atu Hadi’a Moris

Published

on

Hatutan.com, (15 Abríl 2024), Díli—Primeiru-Ministru (PM), Kay Rala Xanana Gusmão apela bá Timor-oan sira ne’ebé hala’o atividade no manán espriénsia servisu oioin iha Reinu Unidu, atu servisu ho disiplina no profisonál hodi hetan osan hadi’a ekonomia família, no kontribui bá dezenvolvimentu Timor-Leste.

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

Xanana Enkoraza Konsuladu Jerál iha Bali Presta Servisu ho Profisionál

Published

on

Hatutan.com, (10 Abríl 2024), Díli— Primeiru-Ministru (PM), Kay Rala Xanana Gusmão molok kontinua viajen bá Reinu Unidu, halo vizita ida bá Konsuladu-Jerál Repúblika Demokrátika Timor-Leste (RDTL), iha Provínsia Bali-Indonézia, iha área Tukad Mas I/no 4-Renon, Denpasar-Indonézia.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending