Connect with us
Pakote Ahi

Internasionál

Dewan Pers TL-RI Perbaharui Kerjasama Penguatan Kelembagaan

Published

on

Hatutan.com, (19 Juli 2022), Jakarta-Ketua Dewan Pers Timor Leste Vírgilio da Silva Guterres   dan  ketua Dewan Pers Indonesia, Azyumardi Azra, Selasa (19/07/2022), di Gedung Dewan Pers, Jakarta, menandatangani nota kesepahaman untuk memperbaharui kerjasama yang telah terjalin pada tahun 2016.

Dewan Pers Timor Leste dan Dewan Pers Indonesia, Selasa (19/07/2022), di Gedung Dewan Pers, Jakarta, menandatangani nota kesepahaman untuk memperbaharui kerjasama yang telah terjalin pada tahun 2016. Foto/CI

Dewan Pers Republik Indonesia (DP-RI) dan Conselho de Imprensa de Timor Leste (CI-TL) terjalin kerjasama ini berkat keduanya memiliki semangat yang sama untuk memajukan kebebasan pers melalui penguatan kelembagaan serta pengembangan profisionalisme jurnalis dan media.

Kedua Lembaga independen ini masing-masing memiliki kemampuan untuk memberikan dukungan dalam satu pola kesepahaman yang saling memberikan manfaat dalam rangka memajukan kemerdekaan pers melalui penguatan kelembagaan serta pengembangan profisionalisme jurnalis dan media.

Informasi yang diperoleh Hatutan.com dari sumber Dewan Pers Timor Leste bahwa pembaharuan kerjasama untuk jangka waktu lima tahun mendatang ini bertujuan untuk penguatan kelembagaan dengan meliputi pendidikan, pelatihan kerja dan magang kerja.

Advertisement

Selain itu, juga pengembangan kemerdekaan pers dan pengembangan program bersama terkait seminar, lokakarya, penelitian, penerbitan serta pertukaran sumber daya media dan jurnalis.

Ketua Dewan Pers Timor Leste Vírgilio da Silva Guterres dan ketua Dewan Pers Indonesia, Azyumardi Azra. Foto/CI

Kerjasama itu juga meliputi pengembangan regulasi tentang pers, kebijakan media, monitoring program peliputan media dan kampanye pemberantasan disinformasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kedua Lembaga negara tersebut.  

Ketua Dewan Pers Timor Leste, Vírgilio da Silva Guterres, kepada wartawan mengimbau agar semua insang pers harus bahu-membahu mempertahankan kemerdekaan pers dan kebebesan berpendapat sesuai dengan semangat perjuangan reformasi yang telah dicapai.

Hadir dalam acara penandatanganan kerjasama kedua Lembaga negara tersebut, antara lain anggota dewan pers Indonesia dan jajaranya juga anggota dewan pers Timor Leste dan jajarannya.  

Reporter : Vito Salvador

 

Advertisement

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Internasionál

Ramos-Horta bá Portugál-EUA, Partisipa Aniversáriu Revolução dos Cravos

Published

on

Hatutan.com, (22 Abríl 2024), DíliPrezidente Repúblika (PR), José Ramos-Horta hamutuk ho delegasaun semo bá Portugál hodi partisipa aniversáriu Revolução dos Cravos bá dala-L (50).

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

Xanana Konvida Sylvia Earle Atu Fahe Esperiénsia bá TL Kona-bá Kuidadu Tasi

Published

on

Hatutan.com, (20 Abríl 2024), Díli— Primeiru-Ministru (PM), Kay Rala Xanana Gusmão konvida Péritu American Marine Biologist and Oceanographer, Sylvia Earle atu hala’o vizita mai Timor-Leste (TL) hodi fahe esperiénsia kona-bá diviorsidade tasi nian.

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

PM Xanana ho PM Dominica Roosevelt Skerrit Diskute Kooperasaun Rai-Rua

Published

on

Hatutan.com, (20 Abríl 2024), Díli—Primeiru-Ministru (PM), Kay Rala Xanana Gusmão akompaña hosi Embaixadór Timor-Leste iha Brusselas, Jorge Trindade de Camões no ekipa Gabinete Fronteira Marrítima no Terrestre hala’o enkontru ho Primeiru-Ministru (PM) Commonwealth of Dominica, Roosevelt Skerrit hodi deskute kooperasaun bilaterál entre rai rua nian ne’ebé sei estabelese iha tempu besik.

(more…)

Kontinua Le'e

Trending