Connect with us
Pakote Ahi

Saúde

Daftar Negara dengan Perokok Laki-Laki Terbanyak di Dunia, Timor Leste Peringkat Ketiga

Published

on

Hatutan.com, (6 Juni 2023), Dili– Merokok merupakan hal lumrah di seluruh dunia, tak terkecuali orang tua. Bahkan remaja dan sebagian anak-anak pun kini mulai merasakan yang namanya rokok tanpa pengawasan orang tua.

Data Bank Dunia 2020 jumblah perokok laki-laki terbanyak di dunia.

Banyak perokok sadar dan sudah mengetahui dengan cermat efek buruk dari menghirup tembakau secara luas tetapi banyak saja masyarakat Timor Leste yang terus merokok tanpa mempedulikan efek pada kesehatan tubuh dan dampak buruknya terhadap anak-anak.  

Ironisnya, banyak perokok tidak peduli tempat dan kondisi yang tepat untuk merokok. Ada yang merokok dengan leluasa di dalam angkutan umum (bus atau mikrolet) dan ada juga sebagian yang perokok yang merokok di tempat yang sebanarnya dilarang seperti di rumah sakit dan dilingkungan sekolah anak-anak.

Menurut sumber Bank  Dunia tahun 2020 bahwa Timor Leste berada di tingkat  ketiga dengan jumblah perokok laki-laki 67,6% dari jumblah penduduk Timor Leste setelah Myanmar di urutan kedua dengan jumblah perokok 68,5% dan Indonesia di urutan teratas atau pertama dengan jumblah perokok laki-laki 71,4%.

Advertisement

Negara yang berada di posisi keempat dibawah Timor Leste adalah Jordan dengan jumblah perokok 56,8%, urutan kelima adalah Georgi dengan jumblah perokok 56,3%, Karibate di peringkat keenam dengan jumblah perokok 53,9%, Paulau Solomon berada di peringkat ketujuh dengan jumblah perokok 53,8%, Papua Nugini peringkat kedelapan dengan jumblah perokok 53,5%, Laos di peringkat kesembilan dengan jumblah perokok 53,3% dan di urutan kesepuluh adalah Bangladesh dengan jumblah perokok 52,2%.

Faktor utama yang mendorong masyarakat di beberapa negara peringkat sepuluh besar data Bank Dunia itu adalah melihat warga sekitar yang selalu merokok sehingga memicu antara masyarakat melakukan hal yang sama.

“Merokok menjadi masalah umum bagi masyakat kita yang prelu penanganan serius. Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan dan Badan Kesehatan Dunia sudah berupaya mensosialisasi dampak buruk dari kebiasaan merokok dan bahkan pemerintah sudah mengambil langkah preventif dengan menaikan nilai pajak impor rokok 30% pada tahun 2022 tetapi jumblah perokok di Timor Leste masih saja mau   merocek uang kantong untuk memberi rokok dengan harga $3,00-$3,50 perbungkus,”  kata Direktur Layanan Upaya Berhenti Merokok, Eldino de Jesus Rangel saat ditemui Hatutan.com diruang kerjanya di Formosa, Dili, Selasa (6/5/2023).

Direktur Layanan Upaya Berhenti Merokok, Eldino de Jesus Rangel. Foto/Lazaro Pereira Quefi

Eldino de Jesus Rangel juga berpendapat merokok sangat beresiko bagi kesehatan tubuh manusia terutama rentang antas penyakit paru-paru kronis, merusak gigi dan menyababkan bau mulut dan bisa menyebabkan stoke dan serangan jantung.

Pusat Layanan Upaya Berhenti Merokok adalah salah satu layanan milik pemerintah yang dibentuk pada bulan Oktober 2021 dengan tujuan memberi pelayanan kesehatan kepada para perokok dan saat ini jumblah pasien yang malakukan rawat jalan di pusat layanan tersebut sebanyak 1216 pasien.

Wartawan Magang : Lazaro Pereira Quefi

Advertisement

 

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Saúde

71% Ai-moruk iha Ona INFPM no Stock Out 29%

Published

on

Hatutan.com, ( 07 Maiu 2024), Díli—Daudaun ne’e ai-moruk esensiál, vitál no nesesáriu iha ona (stock on hand) Institutu Nasionál Farmásia no Produtu Médiku (INFPM) 71% no ai-moruk hamutuk 29% mak stock out.

(more…)

Kontinua Le'e

Saúde

Primeiru-Ministru Observa Konstrusaun Edifísiu Pediatria Ne’ebé Atinje 29%

Published

on

Hatutan.com, (06 Abríl 2024), DíliPrimeiru-Ministru (PM), Kay Rala Xanana Gusmão hala’o vizita hodi observa direta funsionamentu Hospitál Nasionál Guido Valadares (HNGV) no mós konstrusaun edifísiu pediatria ho kuidadu intensivu ne’ebé oras-ne’e daudaun atinje ona 29%.

(more…)

Kontinua Le'e

Saúde

Sali-Magu Hatama Tan Ai-Moruk Item 11 no Reagentes Item 118

Published

on

Hatutan.com, (24 Abríl 2024), Díli—Empreza nasionál Sali-Magu Unipessoal Lda, daudaun ne’e, hatama tan ai-moruk item 11 no produtu reagentes item 118 hodi kumpre dever kontratu ho Ministériu Saúde hodi fornese produtu farmaséutika no produtu medikamentu bá Institutu Nasionál Farmásia no Produtu Médiku (INFPM).

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending