Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

Ratusan Tamu Luar Negeri Hadiri Pelantikan Pemerintahan Xanana, Termasuk Menteri Luhut Pandjaitan

Published

on

Hatutan.com, (26 Juni 2023), Dili—Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) sudah dipastikan tidak menghadiri acara pelantikan kabinet pemerintahan baru Timor Leste pimpinan Perdana Menteri Xanana Gusmão.

Baca Juga : Ini Alasan CNRT Calonkan Maria Fernanda Lay Jadi Ketua Parlemen Timor Leste

Persiapan tempat prosesi pelantikan pemerintaha ke-IX di Istana Negara, Dili. Foto/Elio dos Santos da Costa

Wakil Kepala Staf Kepresidenan, Heriqueta da Silva, menyebut sekitar 100-san tamu undangan luar negeri yang sudah dipastikan untuk menghadiri acara pelantikan kabinet pemerintahan Xanana pada 01 Juli 2023 yang berlansung di Istana Negara. Namun, dipastikan bahwa Presiden Indonesia, Joko Widodo tidak sempat untuk bisa menghadiri acara pelantikan itu berhubung beberapa kesibukan presiden Jokowi. Akan tetapi Indonesia telah mengkofirmasikan bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan dan robongannya akan mewakili pemerintah Indonesia menghadiri acara pelantikan pemerintahan ke-IX yang akan berlansung di Istana Negara, di Dili.

“Tamu undangan luar negeri yang dikonfirmasikan menghadiri acara pelantikan kabinet pemerintahan ke-IX pimpinan Perdana Menteri Xanana Gusmão lebih dari 100 tamu undangan. Dari pihak pemerintah Indonesia akan diwakili oleh Menteri Luhut Binsar  Pandjaitan dan rombongannya,” ujar Heriqueta da Silva kepada wartawan di Istana Negara, Dili, Senin (26/6/2023).

Advertisement

Selain itu, Heriqueta memastikan, ada juga konfirmasi dari sejumblah pejabat tinggi pemerintahan dari negara-negara sahabat di Kawasan Asia, Eropa, Australia dan Selandia Baru.

Presiden Timor Leste, José Ramos-Horta juga menghubungi dan mengundang Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, namun beliau tidak dapat memenuhi undangan tersebut dan dipastikan akan mengutus Menteri Luar Negeri Singapura,   Vivian Balakrishnan akan mewakili pemerintah Singapura menghadiri acara pelantikan kabinet pemerintahan kualisi Partai Kongres Nasional Rekonstruksi Timor (CNRT) dan Partai Demokrat (PD) tersebut.

Wakil Kepala Staf Kepresidenan, Heriqueta da Silva  juga manyampaikan bahwa  proses persiapan pelantikan kabinet pemerintahan Xanana Gusmão hingga saat ini sudah mencapai 75%.

Kantor Kepresidenan Timor Leste terus berkoordinasi dengan jajaran pemerintahan terkait dan lembaga negara lainya untuk bekerja semaksimal mungkin agar prosesi pelantikan berjalan dengan lancar.

Reporter : Vito Salvadór

Advertisement

 

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

Governu Aprova Projetu Rezolusaun Kona-bá Reforma Sistema Kontabilístiku

Published

on

Hatutan.com, (15 Maiu 2024), DíliGovernu liu hosi reuniaun Konsellu Ministrus (KM) aprova projetu Rezolusaun Governu ne’ebé aprezenta hosi Ministra Finansas (MF), Santina José Rodrigues F. Viegas Cardoso kona-bá reforma sistema kontabilístiku.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Prosesu To’o Tribunál Arbitrajen Sei iha Risku Kustu Administrativu no Judisiál

Published

on

Hatutan.com, (15 Maiu 2024), Díli –NGO nasionál Lao Hamutuk husu Timor Gap atu klarifika razaun fundamental bá públiku kona-bá risku legal hapara kontratuál ho ENERPROCO no kustu administrativu no kustu judisiáriu bainhira bá Tribunál Arbitrajen Singapura tanba ne’e uza osan Estadu nian.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Governu Atribui Donativu $61.500 bá Nunsiatura Apostólika iha Timor-Leste

Published

on

Hatutan.com, (15 Maiu 2024), Díli-Governu liuhosi surumutuk Konsellu Ministru nian, aprova ona rezolusaun Governu nian ida hodi atribui donativu  ho valór rihun $61.500 bá Nunsiatura Apostólika iha Timor-Leste.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending