Connect with us
Pakote Ahi

Internasionál

Kebakaran Hutan Terbesar dalam Sejarah Landa Kanada

Published

on

Hatutan.com, (21 Agustus 2023), Dili– Kebakaran hutan melanda Kanada sejak April 2023 dan terus meluas hingga Agustus ini. Sejumlah provinsi di wilayah Amerika Utara ini mengalami kebakaran, termasuk Nova Scotia, Quebec, Ontario, Yellowknife, Britich Colombia, dan Alberta.

Asap dan api dari kebakaran hutan menjadi latar belakang rumah-rumah di seberang Danau Okanagan di West Kelowna, British Columbia, Kanada, 17 Agustus 2023. Foto/REUTERS

Kebakaran itu disebut sebagai kebakaran terbesar sepanjang sejarah Kanada. Kondisi cuaca yang panas disebut menjadi salah satu penyebab. Puluhan ribu warga yang berada di dekat wilayah kebakaran dievakuasi menuju daerah lain yang lebih aman.

Diberitakan Reuters, Jumat (18/8/2023), Pusat Kebakaran Hutan Antarlembaga Kanada (CIFFC) memperkirakan terjadi 5.738 kebakaran sepanjang tahun 2023. Kejadian ini menghanguskan 13,7 juta hektar wilayah. Tak hanya itu, kejadian ini bahkan memecahkan rekor sebagai kebakaran terbesar sepanjang sejarah Kanada.

Negara tersebut terakhir kali mengalami kebakaran seluas 7,6 juta hektar pada 1989. Bahkan hingga Rabu (16/8/2023), masih ada 1.054 kebakaran hutan aktif di Kanada. Di antaranya, 669 kebakaran termasuk sulit dikendalikan.

Advertisement

Kekeringan menjadi salah satu penyebab kebakaran tahun ini. Sebagian besar wilayah negara tersebut hanya mengalami sedikit hujan es pada musim dingin hingga Maret 2023. Setelah itu, kekeringan melanda sepanjang musim semi. Selain itu, sebagian besar kebakaran hutan juga diyakini secara tidak sengaja terjadi akibat aktivitas manusia. Hingga Jumat (18/8/2023), lebih dari 20.000 orang di Yellowknife, Kanada bagian utara dievakuasi. Sebelumnya, 30.000 orang di Provinsi British Columbia dan Alberta sebelah barat Kanada telah mengungsi.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan mengirim personel militer untuk mengatasi kebakaran hutan yang menyebar cepat di Provinsi British Columbia, pada Minggu. Provinsi di barat Kanada itu menghadapi kebakaran hutan hebat akibat kondisi kering dan angin kencang yang membuat lebih dari 35.000 orang dievakuasi.

Provinsi itu memberlakukan keadaan darurat pada Jumat malam, memberi pejabat lebih banyak kekuatan untuk menangani risiko kebakaran. Pada Sabtu, lebih dari 35.000 penduduk berada di bawah perintah evakuasi dan 30.000 lainnya berada di bawah peringatan evakuasi.

Kebakaran McDougall Creek berpusat di sekitar Kelowna, sebuah kota sekitar 300 kilometer timur Vancouver dengan populasi sekitar 150.000 orang. Namun kobaran api lainnya, yang diperburuk oleh kekeringan parah, telah dilaporkan berkobar lebih dekat ke perbatasan Amerika Serikat dan di Pasifik Barat Laut AS.

Menteri dan pejabat pemerintah Kanada mendesak warga yang tinggal di zona perintah evakuasi untuk segera mengambil tindakan demi kepentingan hidup mereka sendiri.

Advertisement

Perdana Menteri British Columbia David Eby juga memberlakukan larangan perjalanan yang tidak penting pada Sabtu untuk membebaskan akomodasi bagi para pengungsi dan petugas pemadam kebakaran.

Pihak berwenang mendesak wisawatan untuk menghindari bepergian ke zona kebakaran dan mengoperasikan drone untuk mengambil gambar, yang menurut mereka akan menghambat pekerjaan petugas pemadam kebakaran.

Para pejabat belum memberikan perkiraan jumlah bangunan yang hancur.

Trudeau dalam sebuah tweet mengatakan bahwa pemerintah federal telah setuju untuk mengirimkan bantuan menyusul permintaan dari pemerintah British Columbia.

Kebakaran hutan tidak jarang terjadi di Kanada, tetapi penyebaran kobaran api dan gangguan menggarisbawahi tingkat keparahan musim kebakaran terburuknya.

Advertisement

Kebakaran telah menghabiskan sumber daya lokal dan menarik bantuan pemerintah federal serta dukungan dari 13 negara. Setidaknya empat petugas pemadam kebakaran tewas dalam menjalankan tugas.

Sekitar 140.000 km persegi lahan, kira-kira seukuran negara bagian New York, telah hangus secara nasional, dengan kabut asap membentang hingga Pantai Timur AS. Pejabat pemerintah memproyeksikan bahwa musim kebakaran dapat berlanjut hingga musim gugur karena kekeringan yang meluas.

Kerugian Besar akibat Kebakaran

Sekitar 2.000 kilometer ke utara, kebakaran hutan yang tak terkendali di Yellowknife, ibu kota Wilayah Barat Laut, telah memicu evakuasi hampir semua dari 20.000 penduduknya minggu lalu.

Saat ini, api diperkirakan tidak mencapai batas kota pada akhir akhir pekan, kata para pejabat, dengan hujan dan suhu yang lebih dingin membantu memperlambat perkembangannya.

Advertisement

Krista Flesjer, yang dievakuasi dari kota dengan anjing-anjingnya, mengatakan itu adalah perjalanan yang berat. “Saya takut terjebak dalam api yang datang di seberang jalan,” katanya.

Bagi Flesjer, kekhawatiran utama adalah apakah rumahnya yang baru berusia dua tahun akan bertahan.

Jalan raya TransCanada ditutup di dekat Chase, sekitar 400 kilometer timur laut Vancouver, dan antara Hope, 150 kilometer timur Vancouver, dan desa Lytton. Jalan raya tersebut adalah jalur utama timur-barat yang digunakan oleh ribuan pengendara dan pengemudi truk menuju Vancouver, pelabuhan tersibuk di negara tersebut.

Kip Lumquist, yang bekerja di toko suvenir di Craigellachie, tempat wisata di jalan raya, mengatakan dia melihat banyak kerusakan selama seminggu terakhir.

“Itu gila. Kami tidak dapat melihat bukit, gunung, pepohonan, apa pun, mungkin [selama] dua setengah hari, ”kata Lumquist. “Saya mengendarai kendaraan putih, dan ketika saya keluar untuk masuk ke mobil saya… warnanya hitam… Ini menghancurkan komunitas.”

Advertisement

Sumber: Reuters/Kompas/Tempo

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Internasionál

Index Liberdade Imprensa, TL Hosi TOP 10 Tun bá 20

Published

on

Hatutan.com, (03 Maiu 2024), Díli— Index Liberdade imprensa mundiál bá tinan 2024 ne’ebé anunsia ofisialmente hosi RSF (Reporter Without Border), Timor-Leste (TL) tama iha ranking 20.

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

Ramos-Horta bá Portugál-EUA, Partisipa Aniversáriu Revolução dos Cravos

Published

on

Hatutan.com, (22 Abríl 2024), DíliPrezidente Repúblika (PR), José Ramos-Horta hamutuk ho delegasaun semo bá Portugál hodi partisipa aniversáriu Revolução dos Cravos bá dala-L (50).

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

Xanana Konvida Sylvia Earle Atu Fahe Esperiénsia bá TL Kona-bá Kuidadu Tasi

Published

on

Hatutan.com, (20 Abríl 2024), Díli— Primeiru-Ministru (PM), Kay Rala Xanana Gusmão konvida Péritu American Marine Biologist and Oceanographer, Sylvia Earle atu hala’o vizita mai Timor-Leste (TL) hodi fahe esperiénsia kona-bá diviorsidade tasi nian.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending