Connect with us
Pakote Ahi

Indonesia

Buka KTT Ke-43 ASEAN, Jokowi: Indonesia Senang Sambut Keluarga Besar ASEAN

Published

on

Hatutan.com, (05 September 2023), Jakarta– Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo  atau Jokowi, Selasa (05/09/2023), secara resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang berlangsung di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Baca Juga: Xanana-Jokowi Bahas Batas Darat dan Kawasan Ekonomi TL-RI

Sesi foto bersama jabat tangan khas ASEAN “ASEAN-Way”. Foto/Istimewa

“KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya dengan ini resmi saya nyatakan dibuka,” ucap Presiden Republik Indonesia Joko Widodo seperti yang dikutip  Hatutan.com dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia atau kemlu.go.id

Pada kesempatan itu, Presiden  Joko Widodo juga mengucapkan selamat datang kepada para pemimpin negara ASEAN dan tamu undangan yang hadir pada KTT ke-43 kali ini.

Advertisement

Jokowi meyakini, Indonesia dan seluruh keluarga besar ASEAN memiliki kebanggaan dan kecintaan yang sama terhadap ASEAN.​

Prosesi upacara pembukaan KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya diawali dengan penyambutan kedatangan para pemimpin ASEAN dan negara undangan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Jokowi. Selanjutnya para pemimpin beserta delegasi masing-masing negara memasuki Plenary Hall, tempat berlangsungnya pertemuan.

Upacara pembukaan dimulai dengan lagu resmi ASEAN “The ASEAN Ways” yang dinyanyikan oleh paduan suara Gitabumi Voices diiringi alunan musik Purwa Caraka Orchestra. Lagu ini merupakan merupakan gubahan Kittikhun Sodprasert, Sampow Triudom, dan Payom Valaiphatchra.

Selanjutnya ditampilkan tarian yang menggambarkan persatuan ASEAN yang bersama berdiri sebagai pusat pertumbuhan oleh Aemove Dancer, dilanjutkan dengan lagu “Epicentrum of Growth” yang dinyanyikan oleh Gitabumi Voices.

Kemudian, Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pembukaan sebagai tanda dimulainya KTT ke-43 ASEAN dan KTT Lainnya.

Advertisement

Usai Presiden Jokowi memberikan sambutan, para pemimpin ASEAN beserta Bangladesh selaku Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Kepulauan Cook selaku Ketua Pacific Island Forum (PIF) melakukan sesi foto bersama yang salah satunya dengan pose jabat tangan khas ASEAN “ASEAN-Way”.

Pada upacara pembukaan ini juga diserahkan penghargaan ASEAN Prize 2022 dan 2023 yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo didampingi Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn. ASEAN Prize 2022 dianugerahkan kepada Nguyen Thi Tuyet Minh dari Vietnam dan ASEAN Prize 2023 dianugerahkan kepada Muhammad Iqbal Fakhri bin Haji Damit dari Brunei Darussalam. ***

 

 

Advertisement

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesia

Putra Asli Timor-Timur Brigjen TNI João Xavier Barreto Nunes Jadi Danrem Kupang

Published

on

Hatutan.com, (19 Februari 2024), Kupang – Brigjen TNI João Xavier Barreto Nunes, putra asli Timor-Timur yang kini menjadi negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), Senin kemarin (19/02/2024), dilantik menjadi Komandan Komando Resor Militer  161 Wira Sakti Kupang.

(more…)

Kontinua Le'e

Indonesia

Quick Count Hosi Institutu Survei Oioin, Provizoriamente Prabowo-Gibran Manán Eleisaun Prezidensiál RI

Published

on

Hatutan.com, (16 Fevereiru 2024), Díli—Eleisaun Prezidensiál iha Repúblika Indonézia (RI) ne’ebé realiza iha loron 14 fulan ne’e, rezultadu kontajen lais (Quick Count) ne’ebé halo hosi Instituisaun Survei oioin hatudu katak, provizoriamente kandidatu Prezidente no Vise-Prezidente Prabowo-Gibran manán ona iha provínsia hotu-hotu iha Indonézia.

(more…)

Kontinua Le'e

Indonesia

Indonesia Akan Bangun Jaringan Fiber Optik di Timor Leste

Published

on

Hatutan.com, (26 Januari 2024), Bogor–Pertemuan antara Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dengan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmão di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/01/2024), menghasilkan beberapa komitmen kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU).

(more…)

Kontinua Le'e

Trending