Connect with us
Pakote Ahi

Indonesia

Indonesia Akan Bangun Jaringan Fiber Optik di Timor Leste

Published

on

Hatutan.com, (26 Januari 2024), Bogor–Pertemuan antara Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dengan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmão di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/01/2024), menghasilkan beberapa komitmen kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU).

Baca Juga: Xanana Ziarah ke TMP Kalibata

PM Xanana disambut presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/01/2024). Foto/Istimewa

Wartawan Hatutan.com, Rogério Pereira Cárceres, yang meliput langsung kunjungan bilateral Perdana Menteri Xanana Gusmão di Istana Kepresidenan Republik Indonesia di Bogor melaporkan bahwa dalam pertemuan  antara Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmão itu adapun dua nota kesepahaman terkait dengan kerja sama di bidang pembangunan infrastruktur, dan kerja sama di bidang komunikasi dan informatika.

Presiden RI Joko Widodo dalam keterangan pers bersama dengan PM Xanana Gusmão usai pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor,  mengatakan melalui perjanjian kerja sama itu, Indonesia berencana investasi di bidang fiber optik dengan Timor Leste.

Advertisement

“Dengan penandatanganan MoU kerja sama teknologi informasi, kita juga mendorong kerja sama infrastruktur telekomunikasi, termasuk rencana investasi fiber optik,” kata presiden RI Joko Widodo.

Melalui pertemuan yang penuh keakraban dan kekeluargaan itu, Xanana dan Jokowi juga membahas batas negara. Keduanya sepakat untuk mendorong penyelesaian perundingan perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste.

“Saya juga menyambut baik reaktivasi joint border committee untuk pengelolaan perbatasan termasuk reaktivasi pos lintas batas,” ungkap Jokowi

MoU di bidang infrastruktur telekomunikasi. Foto/Istimewa

Indonesia dan Timor Leste sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan Presiden Indonesia Joko Widodo pun menyambut baik komitmen Pemerintah Timor-Leste untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik melalui perjanjian perlindungan investasi.

“Saya juga mengapresiasi kepercayaan Timor Leste pada BUMN Indonesia dalam berbagai proyek, seperti pembangunan jalan di Oé-Cusse, serta perluasan Bandara Internasional Dili,” ungkap Jokowi.

Sedangkan terkait kerja sama di kawasan, Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN. ***

Advertisement

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesia

Merkadu Sira iha Kupang La Fa’an Foos Subsídiu

Published

on

Hatutan.com, (18 Abríl 2024), KUPANG—Hatutan.com halo hela observasaun hodi buka-tuir foos subsídiu iha merkadu sira iha sidade Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Repúblika Indonézia (RI) ne’ebé deskonfia transporta hosi Timor-Leste (TL), maibé la konsege detekta.

(more…)

Kontinua Le'e

Indonesia

Foos Subsídiu Beruang Merah Tama Ilegál iha TTU

Published

on

Hatutan.com, (18 Abríl 2024), KEFAMENANU— Autoridade militár Indonézia nian (TNI sígla Indonesia) ne’ebé hala’o seguransa iha liña fronteira terrestre, halo apreensaun bá foos subsídiu ho marka Beruang Merah ho kuantidade 200kg ne’ebé hatama ilegalmente hosi sidadaun balun hosi Indonézia liu hosi Fronteira Terrestre iha área suku Sunsea, postu administrativu Naibenu, munisípiu Timor Tengah Utara (TTU), provínsia Nusa Tenggara Timur (NTT), Repúblika Indonézia (RI), Kuarta (17/04/2024).

(more…)

Kontinua Le'e

Indonesia

Umat Katolik NTT Wajib Punya Paspor Jika Ingin Mengikuti Kunjungan Paus di Timor Leste

Published

on

Hatutan.com, (04 April 2024), Atambua – Atase Imigrasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Andhika Pandu Kurniawan, meminta kepada peziarah yang akan berkunjung ke Timor Leste untuk mengikuti kegiatan keagamaan wajib memiliki dokumen perjalanan (paspor).

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending