Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

Paspor Timor Leste Terkuat ke-Empat di ASEAN

Published

on

Hatutan.com, (28 Maret 2024), Dili Indeks kekuatan paspor 2024 yang dirilis Henley Passport Index memposisikan paspor Timor Leste atau Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) lebih kuat ke-empat di ASEAN dan bertengger di posisi ke-56 perigkat dunia, unggul 10 peringkat dari Indonesia.

Baca Juga: Timor Leste Minta Dipercepat Menjadi Anggota Penuh ASEAN

Paspor Timor Leste. Foto/Dok.Hatutan.com

Timor Leste, merupakan negara yang dulunya merupakan bagian dari Indonesia itu peringkat paspor lebih unggul daripada paspor hijau Republik Indonesia sebab para pemegang paspor Timor Leste bisa mengunjungi 96 destinasi tanpa menggunakan visa. Sementara pemegang paspor hijau-Indonesia baru  bisa mengunjungi 78 nega tanpa visa.

Dikutip dari laman CNBC bahwa hal ini tentu saja sebuah ironi. Sebab, kekuatan paspor merupakan salah satu cerminan kekuatan diplomasi sebuah negara. Apalagi jika mengingat Timor Leste, yang baru merdeka pada 20 Mei 2002, tapi paspornya sudah mengungguli Indonesia. 

Advertisement

Indonesia menduduki peringkat ke-66 dalam daftar paspor terkuat di dunia. Pemegang paspor hijau-Indonesia bisa bebas memasuki 78 negara tanpa visa.

Negara tetangga lain, Singapura, bahkan menduduki posisi pertama sebagai paspor terkuat di dunia. Ranking paspor Singapura setara dengan Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Spanyol. Capaian tersebut diraih oleh Singapura karena para pemegang paspornya bisa mengunjungi 194 destinasi tanpa menggunakan visa.

Dilansir dari laman resmi Henley Global bahwa 10 besar paspor terkuat di dunia pada 2024 terdiri dari Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Singapura, Spanyol di peringkat pertama.

Peringkat kedua bercokol Korea Selatan, Finlandia dan Swedia. Selanjutnya, Austria, Denmark, Irlandia, dan Belanda di peringkat ketiga. 

Negara Belgia, Luxemburg, Norwegia, Portugal, dan Britania Raya di peringkat keempat. Yunani, Malta, dan Swiss di peringkat kelima. 

Advertisement

Australia, Polandia, New Zealand dan Ceko di peringkat keenam.  Berikut Kanada, Hungaria dan Amerika Serikat di peringkat ketujuh. Estonia dan Lithuania di peringkat kedelapan. Latvia, Slovakia dan Slovenia di peringkat kesembilan serta Islandia di peringkat ke sepuluh. 

Index Paspor 2024. Foto/Dok.Espesiál

Dibandingkan dengan beberapa negara Asia Tenggara lainnya, ranking Indonesia ini termasuk buruk. Selain kalah dari Timor Leste, Indonesia  juga kalah dari negara serumpun yakni Malaysia dan Singapura.  

Malaysia ada di posisi ke-12 dalam daftar pasporterkuat di dunia, jauh berada di atas Indonesia. Pemegang paspor  Malaysia bisa masuk ke-182  negara termasuk banyak negara di Eropa, tanpa perlu visa.

Sementara Singapura bahkan menduduki posisi pertama sebagai paspor terkuat di dunia. Ranking paspor Singapura setara dengan Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Spanyol. Capaian tersebut diraih oleh Singapura karena para pemegang paspornya  bisa mengunjungi 194 destinasi tanpa menggunakan visa. 

Menurut CNBC, hal tersebut menjadi sebuah ironi. Sebab, kekuatan paspor merupakan salah satu cerminan kekuatan diplomasi sebuah negara. Apalagi jika mengingat Timor Leste, yang baru merdeka pada 20 Mei 2002, tapi pasportnya  sudah mengungguli Indonesia. 

Adapun Indeks Paspor Henley adalah satu-satunya penilaian berdasarkan data eksklusif dari Otoritas Transportasi Udara Internasional (IATA) yang telah memegang data historis selama 19 tahun. Indeks tersebut mencakup 199  paspor berbeda dan 227 tujuan perjalanan berbeda.

Advertisement

Diperbarui setiap bulan, Indeks Paspor Henley dianggap sebagai alat referensi standar bagi warga negara global dan negara berdaulat ketika menilai peringkat paspor dalam spektrum mobilitas global.  

Sumber : CNBC/POS-KUPANG.com

 

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

Posibilidade Governu Aprezenta Kandidatu Foun Komisáriu CAC

Published

on

Hatutan.com, (23 Abríl 2024), Díli– Vise-Ministru Asuntu Parlamentár,  Áderito da Costa Hugo, informa proposta Lei, 2ª alterasaun bá Lei n°8/2009, 15 de jullu kona-bá Komisaun Anti-Korrupsaun (CAC siglá portugés), aprova  final global ona iha Parlamentu Nasionál iha loron 22 fulan-Abríl,  ho nune’e, Governu sei haree fali timoroan feto ka mane ne’ebé prenxe rekizitu hodi kandidatu  bá komisáriu CAC atu aprezenta bá Parlamentu Nasionál hodi hakat bá eleisaun.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Eviksaun, Rede bá Rai Hato’o Ejizénsia 11 bá Governu

Published

on

Hatutan.com, (22 Abríl 2024), Díli— Rede bá Rai (RbR) hato’o ejizénsia 11 bá IX Governu Konstitusionál liuliu bá Sekretáriu Estadu Asuntu Toponímia no Organizasaun Urbana (SEATOU), Germano Santa Brites Dias, atu bele konsidera durante prosesu eviksaun bá komunidade ne’ebé okupa rai Estadu iha kapitál Díli.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Jornalista Estajiáriu Na’in-11 Partisipa Kolókiu Públiku Molok Tuir Ezame Atu Hetan Karteira Profisionál

Published

on

Hatutan.com, (22 Abríl 2024), Díli– Conselho de Imprénsa (CI) Timor-Leste, Segunda (22/04/2024), kontinua fasilita formasaun liuhosi  atividade kolókiu públiku bá jornalista estajiáriu na’in-11 hodi hasa’e liután sira-nia abilidade profesionál no abilidade tékniku molok tuir ezame aptidaun atu hetan karteira profisionál.

(more…)

Kontinua Le'e

Trending