Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

Xanana Ucapkan Selamat Kepada Prabowo

Published

on

Hatutan.com, (03 April 2024), Dili– Perdana Menteri Timor-Leste, Xanana Gusmão mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam pemlihan presiden (Pilpres) Republik Indonesia untuk masa jabatan 2024-2029.

Baca Juga: 13 Pemimpin Negara Ucapkan Selamat ke Prabowo Termasuk Ramos Horta

Presiden terpilih Republik Indonesia, Prabowo Subianto. Foto/Antara

“Atas nama pemerintah dan rakyat Timor Leste, saya menyampaikan selamat atas kemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden RI, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.  Kemenangan pak Prabowo adalah kepercayaan mutlak rakyat Indonesia atas misi kebangsaan yang dimiliki bapak Prabowo Subianto,” ucap Xanana dalam siaran  pers, Rabu (03/04/2024).

Xanana yakin dan percaya bahwa pengalaman dan kecerdasan yang dimiliki Prabowo Subianto bakal menjadi presiden penentu dan sebagai pemimpin penting di regional dan global.

Advertisement

“Saat ini pergolakan dan perubahan dalam hubungan internasional dan Indonesia memiliki peranan terpusat untuk memacu kerjasama, toleransi dan perdamaian. Dengan kepemimpinan anda (Prabowo-red), Indonesia bakal menjadi negara terpenting dan berpotensi ekonomia dunia yang akan berkontribusi besar bagi kemajuan ekonomi dan kesejahteraan regional,” katanya lagi.

Xanana berjanji bahwa Timor Leste dan Indonesia akan lebuh memperkuat hubungan bilateral, persaudaraan dan kerjasama yang lebih kuat untuk menjadi acuan bagi  dunia dalam aspek rekonsiliasi, kekuatan perubahan, dialog no kepercayaan.

“Saya tahu bahwa kepemimpinan anda, kerjasama bilateral  antara kita jauh lebih baik  dan saya akan melihat kedepan untuk kerjasama  dalam kepentingan bersama kedua negara,” tutur Xanana.

Prioritas nasional untuk kedua negara ini, kata Xanana mengakhiri kesepakatan garis batas laut negarabardasarkan hak dan peraturan internasional yang tertuang dalam konvense PBB tentang hak bahari atau kelautan.

“Hal ini memberi kepastian kepada kita atas hak berdaulat dan kerjasama pembaungunan ekonomi  maritim dan konservasi,” katanya lagi.

Advertisement

“Sekali lagi saya menyampaikan selamat atas kemenangan Yang Mulia dalam Pilpres RI 2024. Saya inggin kesuksesan ini sebagai presiden yang cemerlang di masa mendatang di Indonesia. Hormat saya,” tutur Xanana.

Pada Rabu (20/03/2024), Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan calo presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang dalam pemilihan presiden dan wakil presiden pada pemilu 2024.

Pasangan Prabowo-Gobran meraih 96.214.691 suara. Selanjutnya pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfund Md memperoleh 27.040.878 suara. Total suara berjumblah 164.227.475 suara.

Reporter: Rogério Pereira Cárceres

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

Prezidente Repúblika La Konkorda SEKOMS Intervein Redasaun RTTL,E.P

Published

on

Hatutan.com, (03 Maiu 2024), Díli- Prezidente Repúblika (PR), José Ramos-Horta, la konkorda ho intervensaun ne’ebé Sekretáriu Estadu Komunikasaun Sosiál (SEKOMS), Expedito “Loro” Dias Ximenes halo áa redasaun RTTL.E.P tamba viola liberdade imprensa.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Conselho Imprensa La Tolera Intervensaun Podér Polítika iha Independénsia Editoriál

Published

on

Hatutan.com, (03 Maiu 2024), Díli—Conselho de Imprensa (CI), ne’ebé sai hanesan órgaun reguladora bá meius komunikasaun sosiál sira iha Timor-Leste, la tolera aktu intervensaun polítika ne’ebé komete hosi Sekretáriu Estadu Komunikasaun Sosiál (SEKOMS), Expedito Dias Ximenes, tama direta iha sala redasaun Rádiu Televizaun Timor-Leste, Empreza Públika (RTTL.EP) nian, hodi husu editór apaga tiha video no edita fila-fali testu ne’ebé loloos he’in de’it ona atu halo publikasaun (on air).

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Labele Halo Intervensaun Bá Independénsia Redasaun Mídia Sira

Published

on

Hatutan.com, (03 Maiu 2024), Díli – Provedór Direitus Umanus no Justisa (PDHJ), Virgílio da Silva Guterres “Lamukan” nu’udár mós prezidente Conselho de Imprensa de Timor-Leste períodu 2016-2021 no 2021-2023, husu bá  entidade hotu, polítika, sivíl no militár atu la bele halo intervensaun bá independénsia editorial komunikasaun sosial ka mídia sira tanba Konstituisaun RDTL artigu 41 garante bá liberdade imprensa ne’e rasik.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending