Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

Indonesia dan Timor Leste Tindaklanjuti Penyelesaian Batas Darat dan Laut

Published

on

Hatutan.com, (25 Mei 2022), Dili-Pemerintah Timor Leste dan Indonesia terus tidaklanjuti penyelesaian perbatasan darat dan laut.

Baca Juga : Kunjungi Timor Leste, Mahfud MD Berziarah ke TMP Seroja

Dutar Besar Republik Indonesia untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik. Foto/Media GPR

Usai bertemu Preziden Timor Leste, José Manuel Ramos-Horta, di Istana Presiden, Dili, Rabu (25/05/2022), Dutar Besar Republik Indonesia untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik, mengatakan, daerah batas yang akan di bahas kedua negara  adalah Atauro karena punya batas laut dengan Indonesia dan punya potensi yang besar  untuk pereokonomian dan pariwisata.

Dubes Okto Dorinus Manik menjelaskan bahwa  Indonesia sedang dalam upaya untuk menyelesaikan batas darat dengan Timor Leste dan sekarang Indonesia masih mendiskusikan dua isu di batas wilayah istimewa Oé-Cusse (Citrana).

“Sepertinya sudah ada pertemuan-pertemuan tingkat pemerintah dan segara ditinjaklanjuti dalam tahun ini dan mudah-mudahan tahun ini sudah bisa selesai,” tutur Dubes Okto Dorinus Manik.

Advertisement
#

“Kami pemerintahan Indonesia akan terus berusaha untuk menyelesaikan dengan segera dan atas kesepakatan kedua belah pihak,”  kata Okto  Dorinus Manik.

Presiden José Ramos-Horta dalam pertemuan itu menyampiakan juga niatnya kepada pemerintah Indonesia untuk membangun di biadang ekonomi dengan Indonesi khususnya propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Dengan ini kami akan melakukan kunjungan lebih lanjut ke daerah-daerah perbatasan untuk bisa memantau dan melihat lebih dekat apa yang akan kita lakukan dengan perbatasan. Kerja sama yang diinginkan presiden Timor Leste terutama di bidang ekonomi supaya ekonomi kedua negara dapat mengalir dengan baik dan dapat memberi dampak yang positif untuk masyarakat di sekitar perbatasan dan juga masyarakat umun. Kita akan melakukan upaya konkrit untuk bisa dapat menbantu,” ujar  Okto Dorinus Manik.

Reporter: Vito Salvador

Advertisement
#
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

ENERPROCO Lori Timor Gap bá Tribunál Arbitrajen Bele Fó Prezuiju bá Estadu TL

Published

on

Hatutan.com, (06 Maiu 2024), Díli– Parlamentu Nasionál haktuir katak bainhira Timor Gap lakon iha prosesu disputa kontratuál iha Tribunál Internasionál Arbitrajen iha Singapura ne’ebé empreza internasionál ENERPROCO prosesa bele fó prejuizu bá orsamentu Estadu Timor-Leste (TL) nian.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

AHDM-TL Kondena Aktu Brutalizmu Membru SNI Hasoru Ema ho Defisiénsia

Published

on

Hatutan.com, (06 Abríl 2024), DíliAsosiasaun Halibur Defisiênsia Matan Timor-Leste (AHDM-TL), kondena aktu brutalizmu hosi membru Servisu Nasionál Intelijénsia (SNI) hasoru ema ho defisiénsia ne’ebé akontese iha Postu-Administrativu Tilomar, Munisípiu Covalima.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Index Liberdade Imprensa iha TL husi Top 10 Tun bá 20, AJTL Konsidera Liberdade Imprensa iha TL Ameasadu

Published

on

Hatutan.com, (04 Maiu 2024), Díli–Buat ne’ebé sai orgullu nasionál Timor-Leste nian iha 2023 mak bainhira RSF (Reporter Without Border) ofisialmente anunsia katak Timor-Leste tama iha ranking index liberdade imprensa TOP 10. Ida-ne’e sai orgullu nasionál ida bá povu Timor tomak, liuliu komunidade mídia no jornalista Timoroan tanba Timor-Leste nu’udár país foun ida, maibé kolokadu nu’udár país ne’ebé tama iha ranking index liberdade imprensa TOP 10 hamutuk ho nasaun boot  180 sira iha mundu.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending