Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

KBRI Dili Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke-77

Published

on

Hatan.com, (17 Agustus 20220, Dili-Kedutaan Besar Republik Indonesia di Dili-Timor Leste, Rabu (17/08/2022), mengelar upacara peringatan Proklamasi kemerdekaan RI ke-77 (17 Agustus 1945-17 Agustus 2022).

Baca Juga : Warga Negara Timor Leste yang Menyusup Lewat “Jalan Tikus” Akan Didenda Rp 100 juta

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Dili-Timor Leste, Rabu (17/08/2022), mengelar upacara peringatan Proklamasi kemerdekaan RI ke-77 (17 Agustus 1945-17 Agustus 2022). Foto/Hatutan.com

Duta Besar Republik Indonesia untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik, mengatakan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 ini sangat bermakna dan bersejarah  bagi hubungan Indonesia dan Timor Leste. 

“Hari ini (Rabu, 17 Agustus 2022) seluruh masyarakat Indonesia, baik di Indonesia maupun di luar negeri, termasuk di Timor Leste  memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 dan 20 tahun hubungan bilateral Indonesia-Timor Leste. Pemerintah Indonesia dan Timor Leste berkomitmen untuk terus meningkatkan hubungan persahabatan yang sejati,”  tutur Dubes Okto Dorinus Manik kepada wartawan usai upacara  peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di KBRI Dili. 

Advertisement

Peringatan HUT RI ke-77 dengan tema “Pulih Lebih Cepat-Bangkit Lebih Kuat” tersebut mengajak masyarakat di seluruh dunia, termasuk Timor Leste untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat setelah masa pandemi Covid-19.

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik, bertindak sebagai  inspektur upacara menuturkan bahwa tahun ini adalah tahun bersejarah bagi Indonesia dan Timor Leste karena Indonesia merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77 dan 20 tahun hubugan bilateral Indonesia Timor Leste.

“Banyak hal yang sudah dicapai dalam kurun waktu 20 tahun hubungan bilateral kedua negara, terutama di bidang ekonomi dan perdagangan,” kata Dubes Okto Dorinus Manik.

Baca Juga : Indonesia dan Timor Leste Tindaklanjuti Penyelesaian Batas Darat dan Laut

Menurutnya, peningkatan kerjasama di bidang ekonomi dan perdagangan mengalami peningkatan hingga tahun 2021 nilai perdagangan ekonomi mencapai $250 juta sebagai partisipasi yang konkrit dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan juga ikut mendorong pembangunan perekonomian di Timor Leste.

Advertisement

Indonesia juga membantu dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, dinataranya memberikan pelatihan-pelatihan kepada bea dan cukai Timor Leste dan  magang untuk pejabat Timor Leste dalam bidang ASEAN.

Selain itu, ada bantuan untuk program penanganan hewan ternak di perbatasan kedua negara dan kelapa di Viqueque.

Dubes Okto Manik juga mengatakan bahwa dalam kunjungan kenegaraan Presiden Republik, Jose Ramos-Horta ke Indonesia pada Juli 2022,  beberapa hal penting telah disepakati dalam pertemuannya dengan Presiden RI, Joko Widodo, antara lain peningkatan perdagangan kedua negara, memperkuat konektivitas darat dan laut, komitmen BUMN untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Timor Leste.

Ia menilai hubungan persahabatan antara kedua negara cukup harmonis dan persahabatan sejati ini hendaknya terus dipupuk dan diperkuat.

Ketika ditanya soal perdagangan ilegal, termasuk obat-obat terlarang  yang terus terjadi di perbatasan kedua negara, Dubes Okto Manik minta kedua negara untuk memperketat pengawasan orang maupun barang masuk dan keluar ke Indonesia maupun Timor Leste secara ilegal.

Advertisement

Peringatan HUT RI ke-77 di KBRI diwarnai dengan pemotongan tumpeng dan pembagian sertifikat bagi pengibar bendera merah putih serta hadiah bagi para pemenang berbagai pertandingan dan perlombaan.

Ikut hadir dalam upacara tersebut, selain para diplomat KBRI Dili, pimpinan BUMN/S, pimpinan komunitas masyarakat Indonesia di Timor Leste, rohaniawan dan rohaniwati.

Reporter : Vito Salvador

 

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

Sei Foti Hotu Veíkulu Estadu Ne’ebé Estasiona iha Kargu Xefia Sira-Nia Uma

Published

on

Hatutan.com, (26 Abríl 2024), Díli-Ekipa fiskalizasaun konjunta sei bá foti obrigatóriu veíkulu (karreta ho motór)  Estadu nian ne’ebé durante ne’e estasiona iha utilizadór sira-nia rezidénsia privadu.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Papél Mídia Importante Hodi Kontribui bá Prezerva Memória Pasadu

Published

on

Hatutan.com, (24 Abríl 2024), Díli-Centro Nacional CHEGA! Institutu Públiku (CNC, I.P) konsidera mídia ka jornalista sira-nini papél importante tebes atu bele halo kobertura kona-bá akontesimentu sira istóriku hodi bele kontribui bá prezerva memória sira pasadu nian.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Posibilidade Governu Aprezenta Kandidatu Foun Komisáriu CAC

Published

on

Hatutan.com, (23 Abríl 2024), Díli– Vise-Ministru Asuntu Parlamentár,  Áderito da Costa Hugo, informa proposta Lei, 2ª alterasaun bá Lei n°8/2009, 15 de jullu kona-bá Komisaun Anti-Korrupsaun (CAC siglá portugés), aprova  final global ona iha Parlamentu Nasionál iha loron 22 fulan-Abríl,  ho nune’e, Governu sei haree fali timoroan feto ka mane ne’ebé prenxe rekizitu hodi kandidatu  bá komisáriu CAC atu aprezenta bá Parlamentu Nasionál hodi hakat bá eleisaun.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending