Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

KBRI Dili Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke-77

Published

on

Hatan.com, (17 Agustus 20220, Dili-Kedutaan Besar Republik Indonesia di Dili-Timor Leste, Rabu (17/08/2022), mengelar upacara peringatan Proklamasi kemerdekaan RI ke-77 (17 Agustus 1945-17 Agustus 2022).

Baca Juga : Warga Negara Timor Leste yang Menyusup Lewat “Jalan Tikus” Akan Didenda Rp 100 juta

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Dili-Timor Leste, Rabu (17/08/2022), mengelar upacara peringatan Proklamasi kemerdekaan RI ke-77 (17 Agustus 1945-17 Agustus 2022). Foto/Hatutan.com

Duta Besar Republik Indonesia untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik, mengatakan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 ini sangat bermakna dan bersejarah  bagi hubungan Indonesia dan Timor Leste. 

“Hari ini (Rabu, 17 Agustus 2022) seluruh masyarakat Indonesia, baik di Indonesia maupun di luar negeri, termasuk di Timor Leste  memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 dan 20 tahun hubungan bilateral Indonesia-Timor Leste. Pemerintah Indonesia dan Timor Leste berkomitmen untuk terus meningkatkan hubungan persahabatan yang sejati,”  tutur Dubes Okto Dorinus Manik kepada wartawan usai upacara  peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di KBRI Dili. 

Advertisement

Peringatan HUT RI ke-77 dengan tema “Pulih Lebih Cepat-Bangkit Lebih Kuat” tersebut mengajak masyarakat di seluruh dunia, termasuk Timor Leste untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat setelah masa pandemi Covid-19.

Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik, bertindak sebagai  inspektur upacara menuturkan bahwa tahun ini adalah tahun bersejarah bagi Indonesia dan Timor Leste karena Indonesia merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77 dan 20 tahun hubugan bilateral Indonesia Timor Leste.

“Banyak hal yang sudah dicapai dalam kurun waktu 20 tahun hubungan bilateral kedua negara, terutama di bidang ekonomi dan perdagangan,” kata Dubes Okto Dorinus Manik.

Baca Juga : Indonesia dan Timor Leste Tindaklanjuti Penyelesaian Batas Darat dan Laut

Menurutnya, peningkatan kerjasama di bidang ekonomi dan perdagangan mengalami peningkatan hingga tahun 2021 nilai perdagangan ekonomi mencapai $250 juta sebagai partisipasi yang konkrit dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan juga ikut mendorong pembangunan perekonomian di Timor Leste.

Advertisement

Indonesia juga membantu dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, dinataranya memberikan pelatihan-pelatihan kepada bea dan cukai Timor Leste dan  magang untuk pejabat Timor Leste dalam bidang ASEAN.

Selain itu, ada bantuan untuk program penanganan hewan ternak di perbatasan kedua negara dan kelapa di Viqueque.

Dubes Okto Manik juga mengatakan bahwa dalam kunjungan kenegaraan Presiden Republik, Jose Ramos-Horta ke Indonesia pada Juli 2022,  beberapa hal penting telah disepakati dalam pertemuannya dengan Presiden RI, Joko Widodo, antara lain peningkatan perdagangan kedua negara, memperkuat konektivitas darat dan laut, komitmen BUMN untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Timor Leste.

Ia menilai hubungan persahabatan antara kedua negara cukup harmonis dan persahabatan sejati ini hendaknya terus dipupuk dan diperkuat.

Ketika ditanya soal perdagangan ilegal, termasuk obat-obat terlarang  yang terus terjadi di perbatasan kedua negara, Dubes Okto Manik minta kedua negara untuk memperketat pengawasan orang maupun barang masuk dan keluar ke Indonesia maupun Timor Leste secara ilegal.

Advertisement

Peringatan HUT RI ke-77 di KBRI diwarnai dengan pemotongan tumpeng dan pembagian sertifikat bagi pengibar bendera merah putih serta hadiah bagi para pemenang berbagai pertandingan dan perlombaan.

Ikut hadir dalam upacara tersebut, selain para diplomat KBRI Dili, pimpinan BUMN/S, pimpinan komunitas masyarakat Indonesia di Timor Leste, rohaniawan dan rohaniwati.

Reporter : Vito Salvador

 

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

PR Husu Governu Muda Tabela Salariál no Halo Auditoria bá Servisu E.P ho I.P Sira

Published

on

Hatutan.com, (20 Juñu 2024), Díli- Prezidente Repúblika (PR), José Ramos-Horta, husu Governu halo alterasaun bá  tabela salariál lideransa sira iha Institutu Públiku (I.P) no Empreza Públiku (E.P) no halo mós auditoria  kompletu bá sira-nia servisu.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Dezastre Naturál Hamate Ema Na’in-Rua no Estraga Uma 55

Published

on

Hatutan.com, (18 Juñu 2024), Díli—Durante semana ida, hahú hosi loron 10 to’o 17 fulan Juñu 2024 Autoridade Protesaun Civil (APC) rejista ema na’in-rua lakon-vida  no uma hamutuk 55 mak hetan estragus hosi dezastre naturál iha territóriu tomak.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

GUN Agradese Ramos-Horta Nia Advokasia bá Solusiona Konflitu Myanmar

Published

on

Hatutan.com, (18 Juñu 2024), Díli- Governu Unidade Nasionál (GUN) agradese Prezidente Repúblika, José Ramos-Horta nia advokasia bá solusiona konflitu iha Myanmar.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending