Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

Conselho de Imprensa Mengenang Prof. Azyumardi Azra: Usulan Konkritnya Menyediakan Beasiswa Bagi Wartawan Timor Leste

Published

on

Hatutan.com, (20 September 2022), Dili-Conselho de Imprensa de Timor-Leste menyatakan rasa duka-cita yang mendalam atas meninggalnya Prof. Azyumardi Azra, Chair of Souteast Asian Press Council Network, SEAPC-Net sekaligus Ketua Dewan Pers Indonesia.

Baca Juga : Pers Indonesia Berduka, Ketua Dewan Pers Meninggal Dunia

Almarhum Azyumardi Azra. Foto/Dewan Pers Indonesia

“Rasa solidaritas kami dan turut berbelasungkawa kepada keluarga besar almarhum, Istri dan anak-anak yang ditinggalkan, Dewan Pers Indonesia dan komunitas jurnalistik dan akademik di Indonesia,” tutur Ketua Umum Conselho de Imprensa de Timor Leste, Virgílio  da Silva Guterres dalam siaran pers yang diterima Hatutan.com, Selasa (20/09/2022).

Dewan Pers Indonesia sebagai mitra utama Conselho de Imprensa de Timor-Leste dalam perjuangan penegakkan kebebasan pers di kawasan Asia Tenggara dan anggota pendiri Jaringan Dewan Pers Asia Tenggara, SEAPC-Net dibawah kepemimpinan alamarhum telah sepakat untuk menjalin kerjasama bilateral di berbagai bidang yang tujuannya bukan hanya meningkatkan kemampauan professional dan intelektual masyarakat media di Indonesia dan Timor-Leste, tapi juga memberi sumbangsih bagi pemulihan hubungan baik antara masyarakat Timor-Leste dan Indonesia.

Advertisement

Salah satu usulan kongkrit almarhum dalam jalinan kerjasama Dewan Pers Indonesia dan Conselho de Imprensa de Timor-Leste adalah penyediaan beasiswa bagi wartawan Timor-Leste yang ingin melanjutkan pendidikan strata-satu (S-1 dan strata-2 (S-2) di Indonesia.

Komitmen jalinan kerjasama itu tertuang dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani bersama oleh Dewan Pers Indonesia da Conselho de Imprensa de Timor-Leste pada tanggal 19 Juli 2022, di Gedung Dewan Pers Indonesia, Kebon Sirih, Jakarta, Indonesia.

Kepergian almarhum ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, merupakan suatu kehilangan yang tak terungkapkan, bukan hanya bagi Dewan Pers Indonesia tapi juga bagi Conselho de Imprensa Timor-Leste. Prof. Azra bukan hanya pegiat kebebasan pers dan kebebasan berpikir di Indonesia. Beliau adalah pegiat kemanusiaan, terutama dalam kesamaan dan kesetaraan berpendapat.

“Doa kami semoga arwah almarhum memperoleh tempat yang layak di sisi Yang Maha Kasih, dan harapan kami semangat perjuangan almarhum yang tercatat melalui karya akademik dan Tindakan berpikir selama ia hidup akan tetap menjadi sumber inspirasi bagi kita semua, terutama bagi Dewan Pers Indonesia dan Conselho de Imprensa de Timor-Leste, untuk mewujudkan kesepakatan bersama dan terus berjuang membela kebebasan pers dan kebebasan berpendapat demi kesamaan dan kesetaraan manusia,” ungkap Virgílio da Silva Guterres.

Ketua Dewan Pers Indonesia, Azyumardi Azra dinyatakan meninggal dunia setelah menjalani perawatan di rumah sakit di Selangor, Malaysia.

Advertisement

Sebelumnya dirinya akan menjadi salah satu pembicara pada konferensi ABIM di Bangi Avanue Convention Centre (BACC), Selangor, Malaysia pada Sabtu (17/9/2022).

Almarhum Azyumardi Azra meninggal dunia pada usia 67 tahun, Minggu (18/9/2022).

Reporter : Vito Salvadór

  

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

Konstrusaun Altar Misa ho Papa Francisco Atinje 80%, Sekretariadu Komisaun Altu Nível iha Motael

Published

on

Hatutan.com, (19 Abríl 2024), Díli—Projetu konstrusaun altar misa hamutuk ho Papa Francisco iha Tasi-tolu, oras ne’e daudaun atinje ona 80%.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

KSTL Organiza Asaun Pasífiku Ezije Governu Hasa’e Saláriu Mínimu $115 bá $150

Published

on

Hatutan.com, (19 Abríl 2024), Díli – Konfederasaun Sindikatu Timor-Leste (KSTL) organiza asaun pasifika  da-uluk iha Díli  hodi  ezije Governu hasa’e saláriu mínimu  $115 bá  $150.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Kandidatu Na’in-41 Sei Kompete iha Eleisaun Suku 10

Published

on

Hatutan.com, (18 Abríl 2024), Díli—Totál kandidau ne’ebé admitidu bé 𝐄𝐥𝐞𝐢𝐬𝐚𝐮𝐧 𝐎𝐫𝐠𝐚𝐮𝐧 𝐒𝐮𝐤𝐮 𝟐𝟎𝟐𝟒, ne’ebé sei realiza iha loron 27 fulan abril tinan ne’e hamutuk na’in-41, kompostu hosi 𝐌𝐚𝐧𝐞-𝟑𝟗 𝐧𝐨 𝐅𝐞𝐭𝐨-𝟐.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending