Connect with us
Pakote Ahi

Indonesia

Pers Indonesia Berduka, Ketua Dewan Pers Meninggal Dunia

Published

on

Hartutan.com, (20 September 2022), Jakarta– Keluarga Besar Pers Indonesia berduka. Ketua Dewan Pers, Prof Azyumardi Azra meninggal dunia di usia 67 tahun.

Ketua Dewan Pers, Prof Azyumardi Azra meninggal dunia di usia 67 tahun. Foto/Dewan Pers Indonesia

Prof Azyumardi Azra meninggal dunia di hospital Serdang Selangor Malaysia, Minggu (18/09/2022).

Ketua Dewan Pers yang akrab disapa Prof AA itu dikabarkan pada Jumat, 16 September 2022 terserang Covid-19. 

Dikutip dari laman disway.id bahwa almarhum sempat mendapat pertolongan sejak berada di atas pesawat menuju Selangor Malaysia dengan menggunakan alat bantuan pernapasan. 

Advertisement

Namun, kehendak sang maha pencipta, Prof AA yang sangat berkomitmen untuk Pers Indonesia kini telah tiada, pergi untuk selama-lamanya.

Keluarga besar Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) turut berduka cita atas perginya tokoh pers nasional yang mendidikasikan dirinya untuk pers Indonesia.

“Kami merasa kehilangan atas berpulangnya putra terbaik Indonesia yang diakhir hidupnya mendedikasikan dirinya untuk dunia pers di tanah air. Kita berdoa semoga almarhum diberikan tempat yang layak disisi Allah SWT,” ujar Mahmud Marhaba dalam pesan singkat yang disampaikan ke disway.id.

Sementara itu, Tokoh Muhammadiyah M. Din Syamsuddin menuturkan kepergian cendekiawan muslim Azyumardi Azra merupakan kehilangan bagi bangsa dan dunia Islam.

“Kita semua merasa kehilangan atas kepergian ke rahmatullah almarhum Prof. Dr. Azyumardi Azra. Kepergian almarhum merupakan kehilangan bagi Bangsa Indonesia dan dunia Islam,” ujar Din Syamsuddin dalam pernyataan tertulisnya.

Advertisement

Din Syamsuddin mengatakan, mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu merupakan cendekiawan Muslim. Prof Aan telah menebar hikmah kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan bermanfaat bagi pembangunan peradaban, terutama di dunia Islam.

“Saya dan Azyumardi, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pers, bertemu sebagai teman seangkatan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta saat masih bernama IAIN,” ujarnya.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu juga menceritakan bahwa bersama Azyumardi sempat duduk bersama di Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia.

“Selama itu saya mengenal almarhum sebagai sosok cendekiawan Muslim yang berpegang teguh pada prinsip kebenaran, kejujuran dan keadilan, dan memiliki gairah tinggi untuk izzul Islam wal Muslimin,” kata Din.

Sebelum berpulang, Din dan Azyumardi juga sedang merancang peresmian World Fulcrum of Wasatiyyah Islam atau Poros Dunia Wasatiyyat Islam pada November 2022.

Advertisement

Hal itu sebagai upaya untuk mengarusutamakan prinsip jalan tengah dari Indonesia ke dunia Islam. Menurut Din, Azyumardi bersedia menjadi Wakil Ketua Dewan Eksekutif Poros Dunia tersebut.

Sumber :  disway.id.

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesia

Merkadu Sira iha Kupang La Fa’an Foos Subsídiu

Published

on

Hatutan.com, (18 Abríl 2024), KUPANG—Hatutan.com halo hela observasaun hodi buka-tuir foos subsídiu iha merkadu sira iha sidade Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Repúblika Indonézia (RI) ne’ebé deskonfia transporta hosi Timor-Leste (TL), maibé la konsege detekta.

(more…)

Kontinua Le'e

Indonesia

Foos Subsídiu Beruang Merah Tama Ilegál iha TTU

Published

on

Hatutan.com, (18 Abríl 2024), KEFAMENANU— Autoridade militár Indonézia nian (TNI sígla Indonesia) ne’ebé hala’o seguransa iha liña fronteira terrestre, halo apreensaun bá foos subsídiu ho marka Beruang Merah ho kuantidade 200kg ne’ebé hatama ilegalmente hosi sidadaun balun hosi Indonézia liu hosi Fronteira Terrestre iha área suku Sunsea, postu administrativu Naibenu, munisípiu Timor Tengah Utara (TTU), provínsia Nusa Tenggara Timur (NTT), Repúblika Indonézia (RI), Kuarta (17/04/2024).

(more…)

Kontinua Le'e

Indonesia

Umat Katolik NTT Wajib Punya Paspor Jika Ingin Mengikuti Kunjungan Paus di Timor Leste

Published

on

Hatutan.com, (04 April 2024), Atambua – Atase Imigrasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Andhika Pandu Kurniawan, meminta kepada peziarah yang akan berkunjung ke Timor Leste untuk mengikuti kegiatan keagamaan wajib memiliki dokumen perjalanan (paspor).

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending