Connect with us
Pakote Ahi

Ekonomia

Waskita Garap Proyek Bandara Udara Timor Leste Senilai 72 Juta Dolar AS

Published

on

Hatutan.com, (29 Mei 2023), Dili–Pemerintah Timor Leste melalui Kementrian Perhubungan  dan Telekomunikasi, Senin (29/05/2023), resmi menandatangani kontrak kerja dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) untuk pengerjaan proyek perluasan bandara udara internasional presiden Nicolau dos Reis Lobato, Dili, dengan nilai 72 juta dolar As atau setara dengan Rp 1,071,648,000,000 (US$ 1.00=Rp 14,884).  

Baca Juga : Soal Waskita Digugat Pailit, Pemerintah RI Layangkan Surat Jaminan Kepada Pemerintah TL

Proyek tersebut mencakupi perluasan landasan bandara dari 1.800, 50 meter menjadi 2.100 meter, taxiway, membangun menara kontrol dan perluasan lahan  parkir untuk pesawat terbang.

Advertisement

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dan pemerintah Timor Leste melalui Menteri Perhubungan no Telekomunikasi, José Agostinho da Silva, menandatangani kontrak kerja proyek perluasan bandara udara internasional presiden Nicolau dos Reis Lobato, Dili, Senin (29/5/2023). Foto/Elio dos Santos da Costa

Mega proyek tersebut mendapat pengawasan dari salah satu perusahaan Indonesia  PT. Amythas selaku konsultan untuk menjamin kualitasnya.

Menteri Perhubungan dan Telekomunikasi, José Agostinho da Silva, yang didampingi Perdana Menteri Taur Matan Ruak dan Presiden Timor Leste, José Ramos-Horta, menjelaskan, proyek perluasan bandara udara internasional Presiden Nicolau dos Reis Lobato, Comoro, Dili, sangat penting dan dengan demikian secepatnya segera melakukan peletakan batu pertama sebelum pemerintahan baru periode 2023-2028.

“Penandatanganan kontrak kerja dengan Wasakita Karya selaku perusahaan pemenang proyek perluasan bandara internasional presiden Nicolau dos Reis Lobato adalah sebuah langkah positif untuk menunjang pembangunan Timor Leste kedepannya. Oleh karena itu, dalam waktu dekat segera diadakan acara peletakan batu pertama,” tutur Menteri José Agostinho da Silva.

Pada kesempatan yang sama, pemerintah Timor Leste juga melakukan penandatanganan kontrak kerjasama dengan sebuah perusahaan dari Jepang untuk kelansungan proyek terminal penumpang bandar udara internasional presiden Nicolau Lobato dengan kisaran nilai proyek 42 juta dolar AS atau Rp 625,128,000,000 (US$1.00=Rp 14,884).

Presiden Timor Leste, José Ramos-Horta mnyampaikan apresiasinya atas upaya pemerintah pimpinan Perdana Menteri Taur Matan Ruak, yang telah berupaya mengimplementasikan proyek perluasan bandar udara Timor Leste yang terletak di jantung kota Dili itu.

Ramos-Horta juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Jepang dan  Australia termasuk International Finance Corporation (IFC) yang terus mendukung dan berkontribusi secara finansial.

Advertisement

“Pembangunan bandara udara ini juga merupakan upaya untuk memenuhi salah satu dari sekian persyaratan masuk ASEAN. Oleh sebab itu, saya mengimbau agar proyek ini secepatnya segera digarap dan dilaksanakan,” ujar Presiden Ramos-Horta.

Untuk menjamin kelancaran proyek tersebut sesuai dengan kesepakatan kontrak kerja, Waskita Karya menyerahkan bank garansi.

“Waskita Karya sebagai salah suatu badan usaha milik negara Indonesia, maka pemerintah Indonesia juga telah  menyurati pemerintah Timor Leste untuk menjamin kinerja dan tangungjawab Waskita dalam menyelesaikan proyek peluasan bandara udara Timor Leste sesuai dengan teta tertib yang tertuang dalam kontrak kerja antara pemerintah Timor Leste dengan Waskita Karya,”  ungkap Menteri José Agostinho da Silva. 

Baca Juga : Derita Waskita: Terjerat Utang Jumbo, Duitnya Diduga Dikorupsi Berjemaah

Reporter : Vito Salvadór

Advertisement

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomia

Oé-Cuse Oan iha PN Husu Aero Dili Tulun Povu Oé-Cuse ho Presu Tikete $25

Published

on

Hatutan.com, (22 Abríl 2024), Díli- Membru Parlamentu Nasional hosi  Bankada CNRT, Firmino Taequi,  nu’udár Oé-Cusse oan husu Governu atu halo kontratu ho aviaun Aero Dili ne’ebé sei halo operasaun aéreu Díli-Oe-Cusse no Oé-Cusse-Díli ho presu tikete  $25.00.

(more…)

Kontinua Le'e

Ekonomia

Ekipa Konjunta Seidauk Rekolla Ice Cream “Foer” iha Loja Sira Tanba Relatóriu Tarde no Falta Rekursu

Published

on

Hatutan.com, (18 Abríl 2024), Díli— To’o oras ne’e ekipa konjunta seidauk bele tun ba terrenu hodi rekolla ice cream ho marka CYC ne’ebé konsidera foer no sirkula iha loja sira iha Dili laran inklui munisipiu, tanba prodús relatóriu kleur no mós falta transporte ho rekursu umanu.

(more…)

Kontinua Le'e

Ekonomia

CCI-TL Preokupa Foos Subsídiu Fa’an iha NTT, Governu Seidauk iha Informasaun

Published

on

Hatutan.com, (17 Abríl 2024), Díli— Câmara Comercio Indústria Timor-Leste (CCI-TL) preokupa ho foos subsídiu ne’ebé kamioneta sira tula hosi Timor-Leste (TL) no lori sai bá fa’an iha Provínsia Nusa Tenggara Timur (NTT), Repúblika Indonézia (RI).

(more…)

Kontinua Le'e

Trending