Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

PD Resmi Sampaikan Surat Koalisi dengan CNRT

Published

on

Hatutan.com, (30 Mei 2023), Díli-Partai Demokrat (PD) dan partai CNRT (Conselho Naçional de Reconstrução Timorense) resmi melakukan kerja sama politik atau  koalisi bersama untuk menyusung pemerintahan ke-9 periode 2023-2028.  

Baca Juga : Hitung Awal: CNRT Raih Suara Terbanyak dalam Pemilu Timor Leste

SekJen PD, António ‘Kalohan” menyampikan surat koalisi kepada SekJen partai CNRT, Francisco Kalbuadi Lay, Selasa (30/5/2023). Foto/Elio dos Santos da Costa

Partai Demokrat (PD) diwakili langsung oleh Sekretaris Jenderal (SekJen) António da Conceição “Kalohan”,  Selasa siang (30/5/2025), bertandang ke kantor pusat partai CNRT yang beralamat di  Bairro dos Grilhos, Dili, disambut SekJen partai CNRT, Francisco Kalbuadi Lay serta kader atau jajaran CNRT lainya untuk menyerahkan surat resmi menyatakan sikap berkualisi dengan CNRT.

António “Kalohan” mewakili   Partai Demokrat yang dipimpin Mariano Assanami Sabino menyampaikan apresiasi dan selamat atas kemenangan partai CNRT pimpinan tokoh pejuang Timor Leste, Xanana Gusmão dalam pemilihan Parlementer, 21 Mei 2023.

Advertisement

Partai CNRT memimpin perolehan suara dengan 41,6 persen suara, sementara lawan utamanya dan pemimpin koalisi petahana FRETILIN hanya mendapat 25,7 persen suara.

Dengan hasil perolehan suara itu, CNRT berhasil mendapatkan 31 dari total kursi di parlemen, dan harus berupaya berkoalisi dengan satu atau lebih partai lain.

Hasil akhir perhitungan nasional oleh CNE yang diumumkan, hari ini, bahwa Partai Demokrat merupakan partai pemang ke-tiga dengan perolehan suara 64.517 (9,32%) dan memiliki enam (6) kursi di Parlemen Nasional.  

Melalui pertemuan tingkat tinggi Partai Demokrat memutuskan membentuk koalisi dan diharapkan agar partai CNRT yang dipimpin Xanana Gusmão dapat merangkul PD untuk berkoalisi dan sama-sama  membentuk pemerintahan ke-9 nantinya.

“Kami mengharapkan agar partai CNRT dapat mempertimbangkan kerja sama dan harmonisasi yang telah terpupuk selama ini antara CNRT dan PD,” unkap António “Kalohan”.

Advertisement

Sebelumnya SekJen partai CNRT, Francisco Kalbuadi Lay menuturkan bahwa CNRT mempunyai harapan besar kepada PD untuk sama-sama membentuk pemerintahan ke-9 yang pada hakikihnya Xanana Gusmão adalah Perdana Menteri untuk pemerintahan tersebut.

“Saya mau menyapaikan bahwa hubungan baik CNRT dan PD sudah terjalin sebelumnya dan sudah   berkualisi dan mempunyai pengalaman berkualisi. Jadi tidak diragukan lagi bahwa pemerintahan ke-9 ini akan dilahirkan oleh partai CNRT dan PD,” ungkap Francisco Kalbuadi Lay.

 Reporter : Vito Salvadór

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

Kinta-Feira Santa, Jesus Presta Mensajen Domin no Haraik Aan Molok Husik Hela Mundu

Published

on

Hatutan.com, (28 Marsu 2024), Díli—Sarani Katóliku iha mundu, inklui Timor-Leste, Kinta (28/03/2024), selebra misa Kinta-Feira Santa, hanesan loron dahuluk semana Santa nian, hodi hanoin hikas mensajen partikular Jesus Kristu nian molok Nia husik hela mundu ne’e.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Paspor Timor Leste Terkuat ke-Empat di ASEAN

Published

on

Hatutan.com, (28 Maret 2024), Dili Indeks kekuatan paspor 2024 yang dirilis Henley Passport Index memposisikan paspor Timor Leste atau Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) lebih kuat ke-empat di ASEAN dan bertengger di posisi ke-56 perigkat dunia, unggul 10 peringkat dari Indonesia.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Xanana Halo Hela Avaliasaun bá Membru Governu Sira

Published

on

Hatutan.com, (28 Marsu 2024), DíliPrimeiru-Ministru (PM) Kay Rala Xanana Gusmão, halo hela avaliasaun bá membru Governu hotu hodi haree dezempeñu servisu membru Governu ida-idak nian.

(more…)

Kontinua Le'e

Trending