Connect with us
Pakote Ahi

Ekonomia

Bank Indonesia Siap Hadirkan Money Changer di Perbatasan RI-RDTL

Published

on

Hatutan.com, (15 Agustus 2023), Dili– Bank Indonesia akan menghadirkan tempat penukaran uang (Money Changer) di Perbatasan RI-RDTL.

Baca Juga : Taur dan Jokowi Berkomitmen Perkuat Kerja Sama TL-RI

Ilustrasi Bank Indonesia.

Dilansir oleh Victorynews, Selasa (15/08/2023), bahwa  Money Changer yang akan dihadirkan Bank Indonesia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah Perbatasan RI-RDTL.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT Daniel Agus Prasetyo, Sabtu (12/8/2023), usai menggelar Seminar Kedaulatan Rupiah 2023 di Wilayah Perbatasan RI-RDTL di ruang serbaguna PLBN Motain, Kabupaten Belu, Provinsi NTT mengatakan, untuk menghadirkan money changer berizin di perbatasan pihaknya akan berkoordinasi dengan perbankan.

Advertisement
#

“Selanjutnya, kita akan lihat kendalanya di mana kita akan dorong. Tapi pada prinsipnya siapa yang mau masuk duluan, apakah hanya satu ataukah semua. Dalam konteks ini, kita akan terlebih dahulu koordinasikan dengan perbankan untuk bisa memasang kotak ATM maupun membuka loket disini,” terangnya.

Ke depan, siapa tahu pelaku-pelaku usaha money changer yang berizin lebih banyak lagi hadir di Atambua, sehingga bisa tercipta ekosistem yang sudah terbangun.

“Misalnya, kalau ada mata uang asing harus ditukarkan ke money changer yang berizin. Kemudian bertransaksilah dengan rupiah di kawasan NKRI. Namun, pada prinsipnya kita akan dukung money changer diwilayah perbatasan,” ungkapnya.

Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan Motain, Engelberthus Klau menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia yang sudah memberikan pemahaman tentang kedaulatan rupiah di wilayah perbatasan.

Tapi ada beberapa persoalan yang perlu disikapi, terutama dalam dunia perbankan.

Advertisement
#

“Yaitu tentang money changer yang berizin notabene belum ada di wilayah perbatasan ini. Masyarakat kedua negara ini mengalami kesulitan apabila mau tukar uang, mereka harus pergi ke Atambua atau ke Atapupu dengan jarak cukup jauh. Tapi, Puji Tuhan dan terima kasih kepada Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT sudah merespon bahwa akan menghadirkan money changer di perbatasan ini,” ungkapnya.

Ke depan, dengan hadirnya money changer berizin di daerah perbatasan tentu akan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat setempat.

“Nah, ini akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat. Karena selama ini yang melakukan pelayanan disini hanya Bank NTT dan itupun seminggu sekali yaitu pada hari Selasa,” jelasnya.

Sementara mobilitas orang dan barang cukup signifikan maka dibutuhkan ATM dan money changer di sini.

“Masa, bangunan cukup megah tapi kotak ATM dan tempat penukaran uang tidak ada. Jadi sekali lagi kami sampaikan terimakasih kepada Bank Indonesia yang sudah memenuhi permintaan kami,” tandasnya.

Advertisement
#

Sumber: Victorynews

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomia

Bankada CNRT Husu AIFAESA Halo Supervizaun ho Rigor bá Hahán Liu Prazu

Published

on

Hatutan.com, (07 Maiu 2024), Díli– Membru Bankada Parlamentár CNRT, Deputada  Ângela Córvelo iha nia intervensaun iha plenária uma-fukun PN, Tersa (07/05/2024), husu bá Autoridade de Inspeção e Fiscalização da Atividade Económica, Sanitária e Alimentar, Instiuto Público (AIFAESA,I.P)  atu  halo supervizaun rigor bá loja sira ne’ebé fa’an sasán no hahán  liu prazu.

(more…)

Kontinua Le'e

Ekonomia

Saláriu Minimu $115 La Refleta Ona Povu Nia Nesesidade Bázika

Published

on

Hatutan.com, (07 Maiu 2024), Díli– Bankada Parlamentár FRETILIN hato’o sira-nia deklarasaun polítika iha plenária,  Tersa (07/05/2024), hodi kestiona saláriu minimu iha Timor-Leste ne’ebé to’o ohin loron mantein ho $115.

(more…)

Kontinua Le'e

Ekonomia

SERVE Husu Emprezáriu Nasionál Labele Taka Kompañia Bainhira Enfrenta Difikuldade

Published

on

Hatutan.com, (06 Abríl 2024), DíliServisu Rejistu Verifikasaun Emprezariál, Institutu Públiku (SERVE I.P) husu bá emprezáriu nasionál sira atu labele taka kompañia bainhira enfrente problema.

(more…)

Kontinua Le'e

Trending