Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

Timor-Leste Sedekah 2,5 Juta USD Untuk Korban Gempa Maroko

Published

on

Hatutan.com, (13 September 2023), Dili—Pemerintah dan rakyat Timor-Leste memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar 2,5 juta USD  untuk rakyat Maroko yang tertimpa musibah bencana alam pada Jumat malam, 08 September 2023.

Warga membawa korban meninggal akibat gempa di Desa Imi N’Tala di dekat Amizmiz di Maroko tengah pada 10 September 2023.

Gempa Maroko berkekuatan Mw 6.8 melanda wilayah Marrakesh-Safi. Pusat gempa terletak 71,8 km sebelah barat daya Marrakesh berdekatan kota Ighil di kawasan Pegunungan Alas, pada kedalaman dangkal 26 km (16 mi). 

Malalui rapat Dewan Menteri Timor-Leste, Rabu (13/09/2023), Perdana Menteri Xanana Gusmão mengajukan resolusi pemerintah Timor-Leste untuk cepat tanggap memberikan bantuan  dengan jumblah 2,5 juta USD kepada korban gemba Maroko.

Usulan PM Xanana mendapat restu oleh seluruh anggota Dewan Menteri. Dengan demikian dalam waktu dekat pemerintah Timor-Leste akan mengirimkan  sedekah berupa uang dengan jumblah 2,5 juta USD.

Advertisement

Gempa terdahsyat tahun 2023 itu dikabarkan telah menewaskan 2.500 orang, 2.476 orang luka-luka, dan setidaknya 1.400 orang kritis hingga Senin (11/9/2023).

Dilansir Reuters, jumlah korban diperkirakan terus bertambah seiring dengan proses pencarian yang masih berlanjut.

Melansir Aljazeera.com, gempa yang terjadi tepat setelah jam 11 malam (8/9/2023) ini terasa di seluruh negeri, termasuk di provinsi Ouarzazate, Marrakesh, Azilal, Chichaoua dan Taroudant.

Peristiwa ini menjadi perhatian negara-negara lainnya. Alhasil, beberapa negara termasuk Spanyol, Inggris, Israel, Prancis, Amerika Serikat, dan Italia telah menawarkan bantuan.

Spanyol

Advertisement

Kuwait News Agency (KUNA) menyampaikan bahwa Spanyol telah mengirimkan sebuah pesawat yang memuat berbagai peralatan, 56 anggota unit darurat militer dan empat anjing untuk membantu menemukan korban selamat.

Menteri Pertahanan Spanyol Margarita Robles mengatakan bahwa Madrid nantinya akan mengirimkan pesawat lain dengan pasokan lebih banyak untuk membantu Maroko di masa-masa sulit ini.

Inggris

Sejumlah perempuan menangis ketika tim relawan berhasil mengeluarkan jenazah anggota keluarganya dari puing-puing rumah yang runtuh di Desa Imi N’Tala di dekat Amizmiz di Maroko tengah setelah gempa.

Pemerintah Inggris mengerahkan tim spesialis pencarian dan penyelamatan yang terdiri dari 60 orang, empat anjing pencari dan peralatan penyelamat, serta tim penilaian medis.

Dilansir dari gov.uk, Tim Medis Darurat Inggris (EMT) mengerahkan tim penilaian medis Inggris yang beranggotakan empat orang untuk menilai situasi di lapangan dan berkoordinasi dengan pihak berwenang Maroko.

Setelah terjadi bencana alam berskala besar, penting untuk menilai kapasitas layanan kesehatan yang ada dan tingkat kerusakan untuk mengelola kebutuhan layanan kesehatan dan memberikan dukungan dengan tepat.

Advertisement

Israel

Merujuk dari The Times of Israel, LSM darurat Israel, IsraAID, mengatakan pada hari Sabtu (9/9/2023) bahwa pihaknya juga siap untuk bergabung dengan upaya bantuan di Maroko, dan berencana mengirim delegasi bantuan ke Marrakesh dan daerah sekitarnya.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu memerintahkan semua kementerian dan pasukan untuk memberikan bantuan seperlunya kepada rakyat Maroko, termasuk berencana mengirim delegasi bantuan ke daerah tersebut,

Dukungan pun datang dari Menteri Pertahanan Yoav Gallant yang berbicara dengan Menteri Pertahanan Maroko Abdellatif Loudiyi bahwa Israel sedang bersiap mengirim tim bantuan.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Israel pun mengatakan pihaknya juga siap untuk bergabung dalam upaya bantuan apa pun, dengan mengirimkan delegasi yang mencakup dokter dan perawat, serta peralatan medis.

Advertisement

Prancis

Para korban selamat di desa-desa terpencil tak kuasa menahan sedih saat menguburkan orang-orang yang dicintainya.

Prancis telah mengaktifkan bantuan darurat yang didanai pemerintah daerah untuk membantu Maroko yang dilanda gempa, kata Kementerian Luar Negeri Prancis pada Sabtu (9/9/2023).

Dilansir dari cnn.com, dana dari Dana Aksi Eksternal Pemerintah Daerah akan “mendukung setiap tindakan solidaritas yang disepakati dengan pihak berwenang Maroko untuk kepentingan penduduk yang terkena dampak gempa,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Dana tersebut memungkinkan semua pemerintah daerah di seluruh Perancis, berapapun ukurannya, untuk memberikan kontribusi keuangan untuk operasi kemanusiaan darurat di luar negeri.

Kesiapan bantuan ini pun disampaikan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan pada hari Sabtu di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter: “Kita semua terpukul oleh gempa bumi dahsyat di Maroko. Prancis siap membantu upaya penyelamatan.”

Amerika Serikat

Advertisement

Dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (9/9/2023), Presiden AS Joe Biden mengatakan dia “sangat sedih” dengan gempa tersebut dan bahwa pemerintahannya telah melakukan kontak dengan para pejabat Maroko: “Kami bekerja secepatnya untuk memastikan warga Amerika di Maroko aman, dan siap memberikan bantuan apa pun yang diperlukan untuk rakyat Maroko.”

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga menyatakan kesedihan mendalam atas hilangnya nyawa dan kehancuran dan “belasungkawa yang tulus kepada mereka yang terkena dampak, sejalan dengan janji bantuan Biden.

Pada Minggu (10/9/2023), Amerika Serikat mengirimkan tim kecil ahli bencana ke Maroko untuk menilai situasi, mengidentifikasi kebutuhan kemanusiaan yang belum terpenuhi, dan bekerja sama dengan pemerintah Maroko untuk mengidentifikasi dukungan tambahan.

Italia

Perdana Menteri Giorga Meloni pada hari Sabtu (9/9/2023) menjanjikan dukungan untuk upaya penyelamatan dan bantuan Maroko.

Advertisement

Meloni mengungkapkan kesedihannya mengetahui jumlah korban tragis gempa bumi dahsyat yang melanda Maroko saat menghadiri KTT G20 di New Delhi, India.

Bahkan, Marco Abate yang merupakan sukarelawan di dinas perlindungan sipil Italia langsung menuju ke Pegunungan Atlas tanpa perlu menunggu pemerintah Maroko secara resmi meminta bantuan Italia.

Tim Abate yang terdiri dari tiga relawan sedang mencari lokasi, mencoba menentukan daerah mana yang paling membutuhkan bantuan.

Reporter : Reogério Pereira Cárceres/berbagai sumber

 

Advertisement

 

 

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

Pozisaun Igreja Katólika: Natureza Loloos Hosi Matrimónio Maka Mane ho Feto Moris Hamutuk

Published

on

Hatutan.com, (26 Jullu 2024), Díli—Igreja Katólika Timor-Leste liu hosi Conferência Episcopal Timorense (CET), hatuur pozisaun kona-bá tuir roman Sagrada Eskritura katak, mane ho feto moris hamutuk nu’udár natureza loloos hosi Sakramentu Matrimónio.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

FMDC-UN WOMEN Entrega Matadalan Reportajen Sensível Jéneru bá CI

Published

on

Hatutan.com, (25 Jullu 2024), Dilí—Fundasaun Médis Development Center (FMDC), UN Women estabelese kooperasaun ho Conselho Imprensa (CI) hodi entrega matadalan reportajen sensível bá jéneru, nune’e bele promove média no eleva kapasidade jornalista sira oinsá bele halo reportajen ho di’ak bá asuntu igualdade jéneru iha Timor-Leste.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Governu Tenke Haforsa Seguransa iha Fronteira Hodi Kombate Movimentu illegál

Published

on

Hatutan.com, (25 Jullu 2024), Díli— Forum Organizasaun Naun Governamentál Timor-Leste (FONGTIL) husu bá Governu liu hosi Ministériu Interiór (MI) atu haforsa seguransa iha fronteira sira rai-maran nian hodi evita sasan illegál sira hanesan sigaru inklui sasan sira seluk ne’ebe kontinua tama mai iha territóriu nasionál.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending