Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

Indeks Kelaparan Global, Timor-Leste Terburuk Pertama di Asia Tenggara

Published

on

Hatutan.com, (14 September 2023), Dili–Global Hunger Index atau Indeks Kelaparan Global baru-baru ini merilis laporan tahunan 2022 untuk mengukur serta melacak tingkat kelaparan secara komperhensif di setiap negara.

Baca Juga: Timor-Leste Sedekah 2,5 Juta USD Untuk Korban Gempa Maroko

Foto/Repro

Ada sejumlah parameter yang diukur dalam penilaian ini. Mulai dari proporsi orang yang mengalami malnutrisi dalam suatu populasi, tingkat stunting anak di bawah 5 tahun dan angka kematian di bawah usia 5 tahun.

Berdasarkan data Global Hunger Index (GHI), indeks kelaparan masyarakat Timor-Leste merupakan yang tertinggi nomor satu di Asia Tenggara pada 2022.

Advertisement

Indeks perhitungan Global Hunger Index di bawah 9,9 poin menunjukkan kelaparan yang rendah, lalu diikuti 10-19,9 poin level moderat; 20-34,9 poin level berat; 35-49,9 poin level mengkhawatirkan; dan di atas 50 poin level sangat mengkhawatirkan.

Seperti yang dilangsir dari globalhungerindex.org bahwa negara dengan indeks kelaparan tertinggi di Asia Tenggara pada 2022 adalah Timor-Leste, yaitu mencapai 30,6 poin atau masuk dalam level berat. Tercatat,  Timor-Leste menempati peringkat ke-110 secara global.

Berikut daftar indeks kelaparan masyarakat di wilayah Asia Tenggara pada 2022:

  1. Timor Leste: 30,6 poin
  2. Laos: 19,2 poin
  3. Indonesia: 17,9 poin
  4. Kamboja: 17,1 poin
  5. Myanmar: 15,6 poin
  6. Malaysia: 12,5 poin
  7. Thailand: 12 poin
  8. Vietnam: 11,9 poin

Skor digunakan untuk mengukur dan melacak situasi kelaparan secara komprehensif di tingkat global, regional, dan tingkat nasional. Indikator yang termasuk dalam formula Global Hunger Index mencerminkan kekurangan kalori dan gizi buruk.

Skor indeks Global Hunger Index atau  Indeks Kelaparan Global diukur berdasarkan pada empat komponen, yakni kondisi kurang gizi, anak stunting, anak bertubuh kurusdan kematian anak.

Sementara di tingkat dunia merajuk pada Global Hunger Index 2022, Timor-Leste berada di peringkat 110 dari 121 negara dengan data yang memadai untuk menghitung skor Global Hunger Index tahun 2022. Dengan skor 30,6, Timor-Leste mempunyai tingkat kelaparan yang cukup serius.

Advertisement

Reporter : Vito Salvador/berbagai sumber  

 

 

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

SEKOMS Rekoñese Tama Redasaun RTTL,E.P no Dehan Atu Halo Loos Notísia

Published

on

Hatutan.com, (10 Maiu 2024), Díli- Sekretáriu Estadu Komunikasaun Sosiál (SEKOMS), Expedito Dias Ximenes, rekoñese  tama to’o redasaun Rádiu Televizaun Timor-Leste, Empreza Públiku (RTTL,E.P) hodi halo loos notísia kona-bá Primeiru-Ministru (PM) fila hikas mai Timor Leste hafoin vizita bá estranjeiru.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Papél Média Importante bá Kampaña Kontra Mudansa Klimátika

Published

on

Hatutan.com, (10 Maiu 2024), DíliMédia iha papél importante atu halo kampaña no sensibilizasaun kona-bá informasaun hodi eduka no konsiensializa komunidade bá problema mudansa klimátika.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Iha DDF 2024, PPN Maria Fernanda Lay Promete Defende Liberdade Imprensa no Espresaun

Published

on

Hatutan.com, (10 Maiu 2024), Díli– Prezidente Parlamentu Nasionál (PPN), Maria Fernanda Lay, kompromete defende liberdade imprensa no liberdadede espresaun iha Timor-Leste hanesan hatuur ona iha Konstituisaun RDTL artigu 40 ho 41.

(more…)

Kontinua Le'e

Trending