Connect with us
Pakote Ahi

Internasionál

KPU Resmi Tetapkan Prabowo-Gibran Sebagai Pemenang Pilpres RI 2024

Published

on


Hatutan.com, (21 Maret 2024), Dili Calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Republik Indonesia (RI) dengan nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ditetapkan sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga: Ramos-Horta Ucapkan Selamat dan Undang Prabowo Kunjungi Timor Leste

Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Foto/Instagram Prabowo

Hasil tersebut diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Nasional Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (20/3/2024) pukul 21.05 WIB.

Prabowo-Gibran ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 setelah memperoleh 96.214.691 suara. Sementara capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berada di urutan kedua dengan perolehan 40.971.906 suara.

Advertisement

Perolehan suara paling sedikit diraih oleh capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Capres dan cawapres yang diusung PDI-P, PPP, Perindo, dan Hanura tersebut hanya memperoleh 27.400.878 suara.

“KPU telah menggelar Rapat Pleno penetapan hasil Pemilihan Umum 2024,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari dikutip dari Rapat Pleno yang disiarkan melalui kanal YouTube KPU.

Sebaran suara Prabowo-Gibran

Prabowo-Gibran dinyatakan sebagai pememang Pilpres 2024 setelah memenangi perolehan suara di 36 provinsi. Sementara Anies dan Muhaimin memenangi perolehan suara di dua provinsi, yakni Sumatera Barat dan Aceh.

Hasil berbeda diraih oleh Ganjar dan Mahfud yang sama sekali tidak memenangi perolehan suara di provinsi manapun. Ganjar dan Mahfud bahkan tidak mampu menguasai Jawa Tengah yang disebut-sebut sebagai Kandang Banteng atau basis PDI-P.

Advertisement

Prabowo-Gibran sudah deklarasikan kemenangan

Sebelum ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024, Prabowo-Gibran sudah menggelar deklarasi kemenangan di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024) petang. Pada saat itu, Prabowo mengatakan, semua hasil hitung cepat atau quick count yang dilakukan berbagai lembaga survei menempatkan paslon nomor 2 sebagai pemenang Pilpres 2024.

“Semua penghitungan, semua lembaga survei, termasuk lembaga-lembaga yang berada di pihak-pihak paslon lain, menunjukkan angka-angka yang memang paslon Prabowo-Gibran menang sekali putaran,” kata Prabowo dikutip dari Kompas.com.

Prabowo mengucapkan terima kasih kepada para elite partai politik dan masyarakat yang telah mendukung dirinya bersama Gibran. “Saudara sekalian, dengan dukungan rakyat, dengan suara rakyat yang sudah diberikan, mari kita menghadap ke depan, melihat ke depan, bangsa yang hebat selalu melihat ke depan, menyongsong masa depan,” tuturnnya dikutip dari Kompas.com, Rabu.

Sumber: Kompas.com

Advertisement

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Internasionál

Vanuatu-TL Hakarak Estabelese Kooperasaun iha Área Marítima

Published

on

Hatutan.com, (19 Abríl 2024), Díli— Estadu Vanuatu hakarak estabelese kooperasaun bilaterál ho Timor-Leste (TL) hodi foka ba área marrítima nian.

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

Konferénsia Oseanu Atenas-Grécia Importante Atu Hametin Kooperasaun Hodi Proteje Balada iha Tasi-Laran

Published

on

Hatutan.com, (17 Abríl 2024), Díli— Primeiru-Ministru (PM), Kay Rala Xanana Gusmão konsidera konferénsia Oseanu “Ita Nia Tasi” bá dala-sia iha kapitál Atenas, Grécia importante tebes bá nasaun hotu-hotu, atu servisu hamutuk hodi proteje tasi hosi risku foer oin-oin liu-liu plástiku, hodi salva riku-soin tasi no balada sira ne’ebé moris iha tasi laran.

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

Xanana To’o Ona Grécia Atu Partisipa Konferénsia Oseanu

Published

on

Hatutan.com, (15 Abríl 2024), Díli—Primeiru-Ministru (PM), Kay Rala Xanana Gusmão, domingu (14/04/2024) ho delegasaun kontinua viajen hosi Reinu Unidu bá país Grécia.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending