Connect with us
Pakote Ahi

Polítika

Dua Sobat Karib Bertemu: CNRT dan Xanana Usung Ramos Horta Menuju RDTL-1

Published

on

Hatutan.com, (23 Januari 2022), Dili-Partai Kongres Nasional untuk Rekonstruksi Timor (Bahasa Portugis: Congresso  Nacional de Reconstrução de Timor, CNRT) yang dipimpin oleh mantan pemimpin tertinggi perlawanan, Kay Rala Xanana Gusmão, memilih peraih Nobel Perdamian 1996, José Manuel Ramos-Horta, untuk maju sebagai calon presiden untuk masa jabatan 2022-2027.

Jenis logo calon preziden, José Manuel Ramos-Horta. Foto/Khusus

Melalui Konferensi Nasional yang digelar oleh partai terbesar ke-dua di Timor-Leste pada hari Minggu (23/01/2022) yang belangsung di Dili. Xanana Gusmão yang didampingi oleh kader CNRT berjumlah 1.600 yang datang dari seluruh wilayah Timor-Leste secara aklamasi memilih Jose Ramos-Horta sebagai kandidat mereka untuk pemilihan presiden mendatang.

Menurut sumber di dalam partai, Ramos-Horta dianggap sebagai pemimpin atau figur yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh partai CNRT.

Pada awalnya partai ini menetapkan beberapa syarat untuk kandidat presiden pilihanya yakni, presiden terpilih harus taat dalam menjalankan amanah Konstitusi RDTL, memilik komitmen dalam menjalankan konstitusi, memiliki kemampuan dan komitmen untuk memulihkan harkat, martabat, serta mengembalikan legitimasi di Parlemen Nasional—yang menurut CNRT—wibawanya telah tercoreng sejak “pengambilalihan kekuasaan secara paksa” oleh koalisi tiga partai FRETILIN-PLP-KHUNTO pada 19 Mei 2020 lalu.

Advertisement

Selain itu ada pula beberapa syarat tambahan yang ditekankan oleh CNRT di antaranya, presiden terpilih harus mendukung pembentukan pemerintahan sesuai dengan amanah konstitusi, reformasi total di sektor peradilan, yang menurut partai itu telah mengalami delegitimasi selama lima tahun terakhir dan lebih melayani kepentingan penguasa. Yang terakhir, Presiden terpilih diharapkan tidak menjadi oposisi terhadap pemerintah, mendukung program pemerintah serta bekerjasama dengan pemerintah dalam menjalankan program-program pembangunannya. Salah satu yang paling utama adalah, pembangunan kilang minyak di daratan Timor-Leste sesuai dengan kesepakatan yang ditandatangani antara pemerintah Timor-Leste, Australia dan beberapa perusahaan minyak yang sebagian besar sahamnya telah diakuisisi oleh pemerintah Timor-Leste.

Pasca penunjukan Ramos-Horta, para kader partai CNRT memiliki komitmen politik untuk menyukseskan pemilihan presiden dan membawa Ramos-Horta kembali ke istana kepresidenan yang pernah didudukinya selama lima tahun (2007-2012) .

Ramos-Horta sendiri dalam pernyataanya menegaskan, sejak zaman perjuangan dalam meraih kemerdekaan Timor-Leste, dirinya telah bahu-membahu dengan Xanana Gusmão sebagai wakil khusus Xanana di forum internasional. “Sekarang saya kembali bergandengan tangan dengan Xanana Gusmão untuk memperjuangkan kemajuan dan kemakmuran bagi rakyat Timor-Leste,” tegas Horta.

Peraih Nobel Perdamaian bersamaan dengan Uskup Belo pada tahun 1996 itu juga menambahkan bahwa sejak meletakkan jabatan sebagai presiden setelah kalah di pemilihan umum pada tahun 2012 dan digantikan oleh Taur Matan Ruak, dirinya mendapatkan kepercayaan dari Sekjen PBB Ban Ki Moon untuk memimpin misi PBB di Guinnea Bissau, yang menurutnya merupakan salah satu kontribusi penting dari Timor-Leste untuk perdamaian dunia.

Ramos-Horta dan Xanana Gusmão. Foto/Hatutan.com

Antara Ramos-Horta dan Xanana Gusmão bukanlah figure yang asing dalam peta politik di Timor-Leste sejak negeri setengah pulau ini memperoleh kemerdekaanya melalui jajak pendapat (Referendum).

Secara pribadi, Ramos-Horta memiliki kekaguman yang besar terhadap Xanana Gusmão yang dianggapnya sebagai Maun Bo’ot alias si Bung Besar. Ramos-Horta memuji kedekatan Xanana Gusmão dengan rakyat banyak, yang ia buktikan lewat uluran tangan yang ia berikan pada saat Timor-Leste mengalami bencana banjir pada tahun 2020 dan 2021.

Advertisement

“Xanana seorang diri membantu rakyat Timor-Leste ketika rakyat di negeri ini dilanda berbagai bencana alam dan virus COVID-19. Dan semua yang dilakukannya bukan untuk mencari ketenaran diri, atau memamerkan kekuatan untuk mencapai tujuan politik tertentu. Dari tindakanya itu, dia mencoba mengekspresikan rasa kepeduliannya yang khas sebagai seorang pemimpin bangsa, bekas pemimpin perlawanan FALINTIL yang siap sedia membantu rakyat dalam kondisi apapun, termasuk dalam menanggulangi COVID-19,” Ramos-Horta menambahkan.

Presiden Timor Leste saat ini, Francisco Guterres “Lú Olo” telah memgumunkan kalender pemilihan presiden yang akan berlangsung pada tanggal 19 Maret 2022.

Lú Olo sendiri yang merupakan presiden partai historis FRETILIN telah mengumumkan pencalonanya kembali di distrik Ermera beberapa hari yang lalu.

Selain Lu-Olo dan Jose Ramos Horta, ada beberapa kandidat yang telah menunjukan niat mereka untuk bersaing pada pemilihan presiden tahun ini antara lain; Mariano Assanami Sabino (Partai Demoktik), Armanda Berta dari partai KHUNTO, Angela Freitas (independen), Martinho Germano Gusmão (independen), Milena Pires (independen), Virgilio da Silva Guterres (independen), Ernes da Costa Correia Barros “Sicliras Aihai” (independent), Constancio Pinto (independent).

Menurut informasi terakhir yang diperoleh media ini, bahwa Panglima Angkatan Bersenjata Timor-Leste, Letnan Jenderal Lere Anan-Timor juga bakal mencalonkan diri untuk kursi presiden. Menurut berbagai sumber, Lere sendiri akan diusung oleh para mantan gerilyawan FALINTIL dan sebagian kader dan simpatisan partai historis FRETLIN, dimana Lere sendiri pernah menjabat sebagai anggoa Komite Pusat (Comite Central) FRETILIN sebelum menjadi komandan angkatan bersenjata.

Advertisement

Wartawan: Vito Salvadór

 

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Polítika

Prezidente Repúblika Simu Karta Kredensiál Hosi Embaixadór Extraordináriu-Plenipotensiáriu Repúblika Ángola

Published

on

Hatutan.com, (23 Maiu 2024), Díli—Prezidente Repúblika (PR), José Ramos-Horta, Kinta (23/05/2024) ne’e simu karta kredensiál husi Embaixadór foun Extraordinário no Plenipotensiáriu Repúblika Angola José Andrade de Lemos, iha Palásiu Prezidensiál.

(more…)

Kontinua Le'e

Polítika

Públiku Seidauk iha Koñesimentu bá Dekretu-Lei Kona-bá Asesu Dokumentu Ofisiál sira

Published

on

Hatutan.com, (23  Maiu 2024), Díli–Parlamentu Nasionál (PN) liuhosi membru Bankada FRETILIN, Joaquin dos Santos, rekoñese  públiku seidauk iha koñesimentu kona-bá Dekretu-Lei nú.43/2016, 16 fulan-Outubru,  regra sira kona-bá asesu dokumentu ofisiál sira tanba laiha sosializasaun.

(more…)

Kontinua Le'e

Polítika

Ramós-Horta Fó Posse bá Embaixadór Dezignadu TL bá Vietnam ho Malázia

Published

on

Hatutan.com, (22 Maiu 2024), DíliPrezidente Repúblika (PR), José Ramós-Horta fó posse bá Embaixadór dezignadu Timor-Leste (TL) nian bá Repúblika Sosialísta Vietnam, João Pereira no Lizualdo Gaspar nu’udár Embaixadór foun bá Malázia.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending