Connect with us
Pakote Ahi

Internasionál

Xanana Ingatkan Mahasiswa TL di Bali Junjung Tinggi Kepentingan Nasional

Published

on

 Hatutan.com, (21 Agustus 2022), Bali– Utusan Khusus Luar Biasa Presiden Timor-Leste, Kay Rala Xanana Gusmão, Sabtu (20/08/2022), bersama sejumlah mahasiswa Timor Leste di Bali-Indonesia  merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-47 Angkatan Bersenjata untuk Pembebasan Nasional Timor Leste (FALINTIL).

Baca Juga : Panglima TNI Andika Perkasa Terkesan Kemajuan Timor Leste

Utusan Khusus Luar Biasa Presiden Timor-Leste, Kay Rala Xanana Gusmão, bersama sejumlah mahasiswa Timor Leste di Bali-Indonesia merayakan HUT ke-47 FALINTIL di Kantor Konsulat TL di Bali, Sabtu (20/08/2022). Foto/Media GPR

Acara perayaan yang berlangsung di kantor Konsulat Timor Leste di Bali, diwarnai dengan refleksi HUT FALINTIL dengan tujuan mengkonsolidasi rasa nasionalisme dan patriotisme sebagai wujud dan upaya menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

Komandan Angkatan Bersenjata untuk Pembebasan Nasional Timor Leste atau Comandante Em-Chefe das FALINTIL, Kay Rala Xanana Gusmão,  mengajak semua elemen masyarakat di Bali terutama para mahasiswa asal Timor Leste untuk tetap menghargai dan menghormati para pejuang FALINTIL yang telah gigih memperjuangkan kebebasan rayat Timor Leste dan kemerdekaan bangsa Timor Leste.

Advertisement

“Dirgahayu HUT ke-47 FALINTIL. Saya bersyukur dan berterimakasih kepada para pejabat Konsulat Timor Leste di Bali yang telah berkenang untuk bersama-sama dengan saya memperingati HUT ke-47 FALINTIL. Bagi para mahasiswa Timor Leste di Bali, harus tekun belajar meraih cita-cita agar kelak nanti kembali ke TL berkontribuisi aktif dalam membangun bangsa dan negara,” ungkap Xanana Gusmão.

Xanana menegaskan, kemajuan bangsa ini ada di pundak para pemuda, sebab sebentar lagi generasi tua (generasi 1975)  akan termakan usia. Oleh karena itu, para pemuda harus giat belajar dan memupuk rasa nasionalisme serta patriotisme yang kuat agar tiba saatnya melanjutkan tongkat estafet kemerkdekaan dan kebebasan berdasarkan filosofi  perjuangan “Pembebasan Tanah Air dan Pembasan Rakyat (Liberta  a Pátria e Libera o Povo)”

Presiden Timor Leste periode 2002-2007 itu mensinyalir bahwa hubungan harmonis Timor Leste dan Indonesia melalui kebijakan dan amanat rekonsiliasi yang telah terpupuk selama ini harus tetap terjaga dan menjadi contoh konkrit bagi dunia.

Xanana menghadiri misa di Gereja Santo Fancisco de Asis di Bali, Minggu (21/08/2022). Foto/Supply

“Saya mengimbau kepada jajaran konsulat Timor Leste di Bali untuk tetap menjunjung kerjasama yang baik dan harmonis dengan rakyat Indonesia,” kata Xanana.

Berdasarkan informasi yang di peroleh dari Konsulat Timor Leste di Bali bahwa sedikitnya 250 mahasiswa asal Timor Leste yang melanjutkan pendidika mereka  di brberapa universitas di Bali.

Dalam kesempatan itu, Konsulat  Timor-Leste di Bali, Aleixo da Silva, menyampaikan terima kasih  kepada  Xanana Gusmão yang pertamakalinya mengunjungi kantor Konsulat TL di Bali sejak 2013.

Advertisement

Laporan kontributor Hatutan.com dari Bali Minggu  ini (21/08/2022), bahwa pada  pukul 07:00 waktu Bali, Xanana bersama delegasinya termasuk sejumlah warga negara Timor Leste di Bali menghadiri perayaan misa di Gereja Santo Francisco de Asis, Bali.

Tampak  tokoh karismatik Timor Leste, Xanana Gusmão duduk di kursi belakang  berbaur bersama para nasrani yang menghadiri misa yang dipimpin Romo Venus.

Laporan Kontributor Hatutan.com 

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Internasionál

Ramos-Horta bá Portugál-EUA, Partisipa Aniversáriu Revolução dos Cravos

Published

on

Hatutan.com, (22 Abríl 2024), DíliPrezidente Repúblika (PR), José Ramos-Horta hamutuk ho delegasaun semo bá Portugál hodi partisipa aniversáriu Revolução dos Cravos bá dala-L (50).

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

Xanana Konvida Sylvia Earle Atu Fahe Esperiénsia bá TL Kona-bá Kuidadu Tasi

Published

on

Hatutan.com, (20 Abríl 2024), Díli— Primeiru-Ministru (PM), Kay Rala Xanana Gusmão konvida Péritu American Marine Biologist and Oceanographer, Sylvia Earle atu hala’o vizita mai Timor-Leste (TL) hodi fahe esperiénsia kona-bá diviorsidade tasi nian.

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

PM Xanana ho PM Dominica Roosevelt Skerrit Diskute Kooperasaun Rai-Rua

Published

on

Hatutan.com, (20 Abríl 2024), Díli—Primeiru-Ministru (PM), Kay Rala Xanana Gusmão akompaña hosi Embaixadór Timor-Leste iha Brusselas, Jorge Trindade de Camões no ekipa Gabinete Fronteira Marrítima no Terrestre hala’o enkontru ho Primeiru-Ministru (PM) Commonwealth of Dominica, Roosevelt Skerrit hodi deskute kooperasaun bilaterál entre rai rua nian ne’ebé sei estabelese iha tempu besik.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending