Connect with us
Pakote Ahi

Ekonomia

Layanan Transportasi Rute Dili-Kupang Menunggu Dua Armada Babadok Express

Published

on

Hatutan.com, (15 Februari 2023), Dili– Operasi layanan transportasi rute Dili-Kupang dan Kupang-Dili yang sedianya akan beroperasi pada November 2022 tak kunjung tiba.  

Baca Juga : Warga Negara TL Tak Perlu Pakai Visa Masuk Indonesia

Menurut Menteri Perhubungan dan Telekomunikasi Timor Leste, José Agustinho da Silva, bahwa kendala utama belum beroperasinya armada bus DAMRI dan Babadok Express rute Dili-Kupang dan Kupang-Dili dikarenakan  belum  tersedianya fasilitas atau pangkalan bus di Dili.

Advertisement

Bus Babadok Express yang akan melayani operasi Dili-Kupang dan Kupang-Dili. Foto/Istimewa

Hal lainnya, menurut Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Timor Leste, Adaljiza Albertina Magno bahwa dua armada Babadok Express yang bakan beroperasi masih dalam perjalanan dari China menuju Dili.

“Dua armada Babadok Express yang akan beroperasi Dili-Kupang masih dalam perjalanan. Jika dua armada tersebut sudah ada di Dili, maka pemerintah Timor Leste dan Indonesia akan mengadakan peresmian operasi transportasi rute Dili-Kupang dan Kupang-Dili,”  tutur Menteri Adaljiza Albertina Magno kepada wartawan saat tiba kembali di tanah air, Rabu (15/2/2023), setelah beberapa hari mendampingi kunjungan kerja Perdama Menteri Taur Matan Ruak ke Australia dan Indonesia.

Ia menyebutkan dua unit bus Babadok Express akan beroperasi di jalur darat dari Dili-menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Batugade-Mota’ain dan selanjutnya ke Kupang-Indonesia.

Pertangungjawaban operasionál dua armada bus Babadok Express oleh para pengusaha perempuan yang merupakan anggota dari asosiasi pengusaha perempuan Timor Leste atau AETL yang mendirikan perusahaan Babadok Translog (transportation logistic), L.da.

“Transportasi rute Dili-Kupang dan Kupang Dili adalah komitmen pemerintah Indonesia dan Timor Leste dengan tujuan utama mendongkrak ekonomi Timor Leste maupun Kupang,” katanya.

Layanan transportasi darat ini, kata dia juga dapat memacu peningkatan arus kunjungan wisatawan mancanegara yang masuk dari Indonesia mallui Kupang ke Timor Leste.

Advertisement

“Kita sendang menuggu saat yang tepat untuk peresmian operasi transportasi bus DAMRI dari Indonesia dan Babadok Express dari Timor Leste,” tutur Menteri Adaljiza Albertina Magno.

Pada 10-11 Oktober 2022, tim Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Indonesia dan pemerintah Timor Leste telah mengadakan uji coba layanan bus DAMRI untuk melihat secara langsung hal-hal yang harus dibuat dan dilengkapi sehingga nantinya dapat memberikan pelayanan transportasi lintas negara yang aman dan lancar bagi masyarakat.

Dua unit bus DAMRI masing-masing berkapasitas 16 penumpang akan beroperasi di jalur darat dari Kupang menuju Atambua, Kabupaten Belu, kemudian menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota’ain dan selanjutnya ke Dili.

Reporter: Rogério Pereira Cárceres

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomia

Pelican Paradise Kontinua Koordena ho Governu Kona-bá Investimentu Otél Fitun Lima

Published

on

Hatutan.com, (26 Abril 2024), Díli- Prezidente Pelican Paradise Group, Datuk Edward Org, Sesta (26/04/2024), iha Palásiu Governu,  hasoru malu ho Primeiru-Ministru Kay Rala Xanana Gusmão, hodi fundamenta komunikasaun no koordenasaun iha prosesu investimentu otél fitun lima ne’ebé sei harii iha área Tasi-tolu, Díli.

(more…)

Kontinua Le'e

Ekonomia

Projetu Obras Públika 62 Laiha Formalizasaun Kontratu

Published

on

Hatutan.com, (25 Abríl 2024), Díli— Governu liuhosi reuniaun Konsellu Ministru, foin lalais ne’e, deside no identífika ona   projetu obras públika hamutuk 62 ne’ebé  la’o hela ka on going iha terrenu maibé  la iha formalizasaun kontratu.

(more…)

Kontinua Le'e

Ekonomia

Oé-Cuse Oan iha PN Husu Aero Dili Tulun Povu Oé-Cuse ho Presu Tikete $25

Published

on

Hatutan.com, (22 Abríl 2024), Díli- Membru Parlamentu Nasional hosi  Bankada CNRT, Firmino Taequi,  nu’udár Oé-Cusse oan husu Governu atu halo kontratu ho aviaun Aero Dili ne’ebé sei halo operasaun aéreu Díli-Oe-Cusse no Oé-Cusse-Díli ho presu tikete  $25.00.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending