Connect with us
Pakote Ahi

Defeza & Seguransa

Kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris akan Kunjungi Timor Leste

Published

on

Hatutan.com, (24 Agustus 2023), Dili– Kapal angkatan laut Kerajaan Inggris HMS Spey akan mengunjungi Timor Leste untuk kegiatan pertukaran budaya dengan Angkatan Laut Timor Leste dan para pelajar dari sekolah internasional mulai 25 hingga 27 Agustus 2023.

Kapal angkatan laut Kerajaan Inggris HMS Spey. Foto/Istimewa

Kedutaan Besar Inggris di Jakarta dalam keterangannya, Kamis (24/08/2023), menyebutkan bahwa kunjungan ini akan menjadi kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris pertama yang mengunjungi Timor-Leste dan HMS Spey saat ini tengah ditempatkan selama lima tahun di kawasan Indo-Pasifik bersama kembarannya, kapal AL HMS Tamar.

Bekerja sama dengan sekutu dan mitra, kapal ini membantu mengatasi berbagai tantangan keamanan dan membantu negara-negara dalam memitigasi dampak perubahan iklim.

HMS Spey adalah kapal ‘paling ramah lingkungan’ di Angkatan Laut Kerajaan Inggris karena konverter katalitik yang dipasang pada corong serapan berfungsi untuk mengurangi emisi CO2.

Advertisement

Pada 25 Agustus, Komandan HMS Spey Letnan Komandan Matthew Millyard akan menyambut Duta Besar Inggris yang baru diangkat untuk Timor-Leste Dominic Jermey dan Presiden José Ramos-Horta untuk resepsi resmi di kapal HMS Spey.

Duta Besar Inggris (terpilih) untuk Timor-Leste Dominic Jermey dalam keterangannya mengatakan Kerajaan Inggris akan membangun kemitraan yang kuat dan abadi dengan Timor-Leste adalah inti dari misi Inggris di Timor Leste.

HMS Spey merupakan wujud fisik komitmen Inggris untuk memperdalam hubungan diplomatik, ekonomi dan keamanan dengan Timor-Leste serta negara-negara lain di kawasan Indo-Pasifik.

“Saya sangat senang untuk mengatakan bahwa HMS Spey adalah kapal paling ramah lingkungan di Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan telah bekerja sama dengan negara-negara di kawasan ini dalam bidang-bidang penting seperti perubahan iklim. Timor-Leste adalah negara yang penting bagi Inggris karena lokasinya yang strategis, serta kerentanan iklim dan ekonominya. Saya menantikan untuk menyambut rekan-rekan dan pemangku kepentingan kami dari Timor-Leste termasuk Yang Mulia Presiden José Ramos-Horta di kapal HMS Spey”  ujar Dubes terpilih Dominic Jermey.

HMS Spey baru-baru ini melakukan patroli untuk memerangi penangkapan ikan secara ilegal serta melakukan survei lingkungan.

Advertisement

Komandan Kapal HMS Spey Letnan Komandan Matthew Millyard mengatakan selama dua puluh tahun lamanya Angkatan Laut Kerajaan Inggris tidak mengunjungi Dili, dan kunjungan ini sangat nantikan.

“Saya dan kru kapal sangat senang dan tidak sabar untuk melihat langsung budaya negara yang indah ini. Kunjungan ini juga merupakan kesempatan besar bagi kami untuk memastikan persediaan logistik dan bahan bakar yang kami perlukan untuk menjaga HMS Spey tetap di laut, dalam menjalankan misi kami beroperasi di seluruh kawasan Asia-Pasifik. Kami sangat berterima kasih atas keramahtamahan yang ditunjukkan oleh masyarakat Timor-Leste,” kata Letnan Komandan Matthew Millyard.

Spesifikasi HMS Spey

Kapal HMS Spey  yang dibangun oleh Galangan Kapal Govan Glasgow, Skotlandia, Inggris dengan melakukan pemotongan Baja Pertama pada  21 April 2017 dan diluncurkan pada 19 Juni 2019.

Kapal tersebut ditugaskan pada  18 Juni 2021 di Pelabuhan Pangkalan: Pangkalan Angkatan Laut Portsmouth dengan Motto “Mack Sicker – Make Sure” Kapal ke-8 yang menyandang nama SPEY dengan Penghargaan Pertempuran Sebelumnya: Atlantik (1942-44), Afrika Utara (1942-43), Burma (1944-45)

Advertisement

SPEY pertama diluncurkan pada tahun 1814 untuk berperang dalam Perang Napoleon, ditempatkan di St Helena dan Malta.

HMS SPEY Keempat adalah Kapal Perang Kelas Medina yang bertugas di Perang Dunia I. HMS SPEY Keenam adalah Frigate kelas sungai yang bertugas dalam Pertempuran Konvoi Atlantik, Invasi Sekutu ke Afrika Utara Prancis dan Pertahanan Konvoi dalam Kampanye Burma.

Dinamakan setelah Sungai Spey yang merupakan sungai sepanjang 107 mil di Dataran Tinggi Skotlandia yang mengalir dari Loch Spey ke Moray Firth. 

HMS Spey dengan panjang: 91m, balok: 14m, Draf 3,9m, kecepatan: 25-30 kts dengan jangkauan di laut: 5500nm/10200km serta akomodasi maksimal 60 pelaut dan 50 pasukan tambahan = 110 total

Sebagai informasi tambahan bahwa  sekitar 20 persen dari awak kapal adalah perempuan, 80 persen adalah laki-laki.
Persenjataan pada kapal tersebut  1x SEAHAWK A2 30MM Chain Gun; 2x Mark 44 Minigun; 4x Senapan Mesin Serbaguna

Advertisement

Sponsor Lady Kapal adalah Lady Allison Johnstone.  SPEY adalah kapal terbaru di Royal Navy dan SPEY adalah Kapal ‘terhijau’ dan paling ramah lingkungan di Angkatan Laut Kerajaan Inggris karena catalytic converter yang dipasang pada corong serapan untuk mengurangi emisi CO2.

Kapal tersebut  mampu memulai hingga 50 ‘kekuatan yang dimulai’ seperti Komando Marinir Kerajaan, Pasukan Khusus atau unit militer lainnya. Dek penerbangan yang mampu mendaratkan helikopter Merlin Mark 2 atau Wildcat.

Spey ditempatkan di Pasifik hingga 5 tahun, untuk bekerja dengan angkatan laut dan kekuatan maritim mitra, sekutu regional dan untuk mempromosikan latihan bersama dan kerja sama nasional.

Spey telah mengirimkan toko bantuan darurat ke Tonga setelah letusan gunung berapi dan tsunami Hunga-Tonga dan SPEY telah mengirimkan vaksin COVID-19 ke Wilayah Luar Negeri Inggris yang terpencil di Kepulauan Pitcairn.

SPEY terus bekerja dengan Kepulauan Pasifik Niue, Kepulauan Solomon, Kepulauan Cook, Samoa, Tonga, Fiji, Vanuatu, melakukan patroli perlindungan perikanan berkoordinasi dengan polisi setempat dan badan maritim.

Advertisement

SPEY telah melakukan latihan bersama dan berpartisipasi dalam latihan maritim dengan Fiji, Australia, Selandia Baru, Jepang, Prancis, Singapura, India, Malaysia, Singapura, Amerika Serikat.

Kunjungan HMS Spey ke Timor Leste diharapkan dapat semakin mempererat hubungan angkatan laut Inggris dan Timor Leste.

Reporter : Lazaro Pereira Quefi

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Defeza & Seguransa

Xina Oferese Motór Patrulla Lima bá Polísia Tránzitu Nasionál

Published

on

Hatutan.com, (26 Fevereiru 2024), Dili—Governu Xineza liu hosi ninia embaixada iha Díli oferese motór patrulla (batedores) ho marka CFMOTO hamutuk lima bá Polísia Tránzitu Nasionál atu assegura aktividade entidade sira hosi rai-liur no mós órgaun soberania haat iha Timor-Leste (TL).

(more…)

Kontinua Le'e

Defeza & Seguransa

Polísia Kaptura Suspeitu Ida Envolve Kazu Taa Luis Vicente iha Kampu Baru

Published

on

Hatutan.com, (23 Fevereiru 2024), Díli-Polísia Nasionál Timor-Leste (PNTL) halo ona kapturasaun no detensaun bá suspeitu ida ho inisiál JF hosi na’in-rua  ne’ebé kondús motór taa vítima Luis Vicente Tou iha estra Eskola 05 de Maio, Kampu Baru, Comoro, Díli.

(more…)

Kontinua Le'e

Defeza & Seguransa

Deskonfia Fa’an Ilegál Ai-moruk Item Neen iha Farmásia Moris-Foun, Polísia Detein Suspeitu Na’in-tolu

Published

on

Hatutan.com, (22 Fevereiru 2024), Díli—Ekipa konjunta kompostu Polisia Nasionál Timor-Leste (PNTL), Departamentu Investigasaun Kriminál (DIK) Nasionál ho Ministériu Saúde (MS), Diresaun Nasionál bá Farmásia no Medikamentus (DNFM), liuhosi atividade buska no inspesaun, konsege identifika ai-moruk hamutuk item neen (6) mak deskonfia fa’an ilegálmente iha farmásia Moris-Foun, Colmera, Díli.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending