Connect with us
Pakote Ahi

Indonesia

Timor Leste Minta Dipercepat Menjadi Anggota Penuh ASEAN

Published

on

Hatutan.com, (24 Agustus 2023), Dili– Di sela rangkaian Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN ke-55 di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, Minggu, 20 Agustus 2023, Menteri Perdagangan dan Industri Timor Leste, Filipus Nino Pereira melakukan pertemuan bilateral dengan  Menteri Perdagangan Republik Indonesia (RI), Zulkifli Hasan selaku AEM Chair.

Baca Juga: AMMTC 2023 di Labuan Bajo Sepakati Berantas Kejahatan Lintas Negara

Menteri Perdagangan dan Industri Timor Leste, Filipus Nino Pereira melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (RI), Zulkifli Hasan di Semarang, Jawa Tengah, Minggu 20 Agustus 2023. Foto/Humas Kemendag RI

Seperti yang dilansir  Kemendag.go.id bahwa pertemuan tersebut membahas beberapa agenda, di antaranya ucapan terima kasih Menteri Timor Leste kepada Mendag RI karena ASN Timor Leste diberikan kesempatan untuk magang di Kemendag RI, tawaran pelatihan bagi SDM Timor Leste di Sekolah Ekspor Kemendag dan program diklat lainnya, Permintaan dukungan Indonesia atas aksesi Timor Leste di WTO, dan perdagangan perbatasan.

Melalui pertemuan itu, Menteri Perdagangan dan Industri Timor Leste Filipus Nino Pereira juga meminta kepada  Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan agar bisa dipercepat Timor Leste sebagai anggota penuh ASEAN.

Advertisement

Menteri Perdagangan dan Industri Timor Leste Filipus Nino Pereira menghadiri sejumlah pertemuan di rangkaian AEM ke-55 Semarang, Jawa Tengah pada 19-22 Agustus 2023, sebagai observer.

Selain itu, kedua Menteri dari Indonesia dan Timor Leste itu juga membahas mengenai perjanjian perdagangan di perbatasan. Kedua negara ingin meningkatkan kegiatan perdagangan di perbatasan, sebagaimana ketentuan yang sudah dimiliki antara Indonesia dan Malaysia.

Menteri Perdagangan dan Industri Timor Leste, Filipus Nino Pereira melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (RI), Zulkifli Hasan. Foto/Humas Kemendag RI

“Misalnya dengan Malaysia itu sebulan boleh untuk beli bahan pokok, minyak, kelapa, beras, dan lainnya. Nah ini dengan Timor Leste belum, berapa perdagangan bebas di perbatasan itu,” kata Mendag RI Zulkifli Hasan seperti dikutip Tempo.co.

Pada pertemuan ini, Mendag RI didampingi Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono; Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional, Bara Krishna Hasibuan; Direktur Perundingan ASEAN, Dina Kurniasari; dan Direktur Perundingan Bilateral, Johni Martha. ***

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Indonesia

Merkadu Sira iha Kupang La Fa’an Foos Subsídiu

Published

on

Hatutan.com, (18 Abríl 2024), KUPANG—Hatutan.com halo hela observasaun hodi buka-tuir foos subsídiu iha merkadu sira iha sidade Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Repúblika Indonézia (RI) ne’ebé deskonfia transporta hosi Timor-Leste (TL), maibé la konsege detekta.

(more…)

Kontinua Le'e

Indonesia

Foos Subsídiu Beruang Merah Tama Ilegál iha TTU

Published

on

Hatutan.com, (18 Abríl 2024), KEFAMENANU— Autoridade militár Indonézia nian (TNI sígla Indonesia) ne’ebé hala’o seguransa iha liña fronteira terrestre, halo apreensaun bá foos subsídiu ho marka Beruang Merah ho kuantidade 200kg ne’ebé hatama ilegalmente hosi sidadaun balun hosi Indonézia liu hosi Fronteira Terrestre iha área suku Sunsea, postu administrativu Naibenu, munisípiu Timor Tengah Utara (TTU), provínsia Nusa Tenggara Timur (NTT), Repúblika Indonézia (RI), Kuarta (17/04/2024).

(more…)

Kontinua Le'e

Indonesia

Umat Katolik NTT Wajib Punya Paspor Jika Ingin Mengikuti Kunjungan Paus di Timor Leste

Published

on

Hatutan.com, (04 April 2024), Atambua – Atase Imigrasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Andhika Pandu Kurniawan, meminta kepada peziarah yang akan berkunjung ke Timor Leste untuk mengikuti kegiatan keagamaan wajib memiliki dokumen perjalanan (paspor).

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending