Connect with us
Pakote Ahi

Defeza & Seguransa

Panglima TNI Andika Perkasa Terkesan Kemajuan Timor Leste

Published

on

Hatutan.com, (19 Agustus 2022), Dili-Saat kedua kalinya mengunjungi Timor-Leste, Paglima Tentara Nasional Indonesia (Panglima TNI), Andika Perkasa mengaku terkesan dengan kamajuan pembangunan Timor Leste.

Baca Juga : Ramos-Horta Beri Penghargaan “Medalha Mérito” kepada Panglima TNI Andika Perkasa

Panglima TNI Andika Perkasa mengunjungi Mabes F-FDTL, Dili, Jumat (19/08/2022). Foto/Hatutan.com

Panglima TNI Andika Perkasa pertama kalinya mengunjungi Timor Leste pada tahun 2015. Saat itu, pria kelahiran Bandung, 21 Desember 1964 bersama delegasi Presiden RI, Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Timor Leste.   

“Kesannya sangat mendalam dan saya pernah berada di Timor Leste pada tahun 2015 kemudian sekarang melihat kemajuannya berbeda dan cukup bagus dan harus maju terus,”  ungkap Andika Perkasa usai bersilaturahmi dengan Panglima pertahanan Timor Leste atau FALINTIL-Forsa Defeza Timor Leste (F-FDTL) Letnan Jenderal Falur Rate Laek di Markas Besar  (Mabes) F-FDTL, Dili, Jumat (19/08/2022).

Advertisement

Panglima TNI dengan nama lengkap Muhammad Andika Perkasa mengatakan  bahwa pencapaian  kemajuan Timor Leste akan lebih signifikan maka harus memupuk kerjasama yang lebih harmonis dan lebih erat dengan kedua negara tetanga Indonesia dan Australia.

“Yang jelas, kita menemukan kesamaan untuk bagaimana kita harus lebih dekat satu sama yang lain, jadi tadi saya bicara dengan Jenderal Falur, tentang apa saja yang munking akan kita  lalukan tahun depan,”  kata Panglima Andi Perkasa.

Kunjungan ke Timor Leste  kali ini, Panglima Andika Perkasa berserta degelasinya akan menghadiri perayaan  ulang tahun (HUT) ke-47 Angkatan Bersenjata untuk Pembebasan Nasional Timor Leste (FALINTIL) pada 20 Agustus 2022.

Andika Perkasa membawa sejumlah staff ahlinya untuk  tindaklanjuti kerjasama dan bantuan yang akan dibahas nantinya.

Panglima pertahanan Timor Leste atau FALINTIL-Forsa Defeza Timor Leste (F-FDTL) Letnan Jenderal Falur Rate Laek beserta jajarannya menerima kunjungan Panglima TNI Andika Perkasa di Mabes F-FDTL, Dili, Jumat (19/08/2022). Foto/Hatutan.com

“Nah, jadi kita akan tawarkan lebih banyak lembaran kerjsama, antara lain manata kelembagaan dan kerjasama dalam bentuk peningkatan sumber daya manusia malalui  pelatihan bersama atau memfasilitasi pendidikan kemiliteran kepada anggota F-FDTL ,” ungkap Andika Perkasa.

 Merasa Banga

Advertisement

Terkait penghargaan Medali Jasa (Medalha Mérito) yang akan diberikan Presiden Timor Leste, José Ramos-Horta,  Panglima TNI Andika Perkasa mengatakan pihaknya sangat mensyukuri dan bertermakasih  atas penghargaan tersebut.

“Waduh, terima kasih banyak, kebanggaan, terima kasih banyak atas kemurahan hati Presiden José Ramos-Horta yang telah memberikan kepercayaan kepada saya. Bagi saya, itu lebih ke trust, kepercayaan dan saya sangat appreciate serta merasa sangat terhormat,” tutur Andika Perkasa.

Dalam hal memperkuat komunikasi dan hubungan harmonis antara TNI dan UPF di wilayah perbatasan, Andika Perkasa mengatakan, pihaknya siap membantu dan akan terus mengerakan satuan-satuan TNI di tapal batas TL-RI untuk saling membantu dan memberantas aktifitas yang menyelahi aturan dan  hukum di wilayah perbatasan.

Reporter : Rogério Cárceres

 

Advertisement

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Defeza & Seguransa

Komandu PNTL Distribui Karreta 47 bá Munisípiu no Unidade Sira

Published

on

Hatutan.com, (18 Abríl 2024), Díli—Komandu Polísia Nasionál Timor-Leste (PNTL) iha Kinta 18 Abríl distribui tán karreta unidade hamutuk 47 bá komandu munisípiu 12, Rejiaun Administrativa Espesiál Oecusse Ambeno (RAEOA), Unidade Espesiál Polísia (UEP), Unidade Polísia Marítima (UPM) ho Unidade Patrullamentu Fronteira (UPF).

(more…)

Kontinua Le'e

Defeza & Seguransa

Vizita Papa Francisco, Seguransa Preparadu no Garantidu

Published

on

Hatutan.com, (16 Abríl 2024), DíliIX Governu Konstitusionál garante sei fó seguransa másimu durante loron tolu vizita Papa Francisco iha Timor-Leste (TL).

(more…)

Kontinua Le'e

Defeza & Seguransa

Governu Tenke Konsidera Kompeténsia Xefe Estadu iha Kooperasaun Internasionál Kuadru Defeza

Published

on

Hatutan.com, (16 Abríl 2024), DíliPrezidente Repúblika (PR), José Ramos-Horta husu Governu tenke tau konsiderasaun bá buat balun kona-bá kompeténsia Xefe Estadu nian iha kooperasaun internasionál kuadru defeza.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending