Connect with us
Pakote Ahi

Dili

Horta-Xanana dan Ribuan Warga Dili Hadiri Indonesian Cultural Performances and Night Market

Published

on

Hatutan.com, (26 Agustus 2023), Dili—Ribuan warga kota Dili termasuk Presiden Timor Leste, José Ramos-Horta dan Perdana Menteri Xanana Gusmão,  hadiri acara Indonesian Cultural Performances and Night Market (ICPNM) yang digelar di Timor Plaza, pada 26 Agustus 2023.

Baca Juga: Xanana dan 26 Pemimpin Negara Lainnya akan Hadiri KTT ASEAN 2023 di Jakarta

Ribuan warga kota Dili hadiri acara Indonesian Cultural Performances and Night Market (ICPNM) yang belangsung di Timor Plaza, 26 Agustus 2023. Foto/istimewa

Ramos-Horta dan Xanana hadir serbagai tamu kehormatan (gues of honor) pada acara yang digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Dili, Timor Leste untuk merayakan hari Kemerdekaan Indonesia  ke-78 pada 17 Agustus 2023.

“Acara Indonesian Cultural Performances and Night Market (ICPNM)  juga untuk merayakan hubungan Indonesia dan Timor Leste yang dekat dan hangat,” kata Duta Besar RI untuk Timor-Leste, Okto Dorinus Manik  dalam sambutan pembukaan acara itu.

Advertisement

Acara yang diadakan di salah satu pusat perniagaan di ibu kota Timor-Leste itu merupakan upaya KBRI Dili untuk mendorong diplomasi budaya tidak hanya kepada masyarakat TimorLeste, namun juga kepada komunitas diplomatik dan organisasi internasional yang berada di Dili.

“Indonesia punya Bhineka Tunggal Ika. Timor-Leste juga sedang belajar dari Indonesia untuk mengelola keberagamannya,” kata Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmão  dalam sambutan pembukaan sebagai guest of honor.

Dala acara itu komunitas Indonesia di Dili menampiklan tarian yang  sangat beragam. Dari tari puspa wresti, tari tor-tor horbo paung, hingga tarian mana sai turut mewarnai acara yang juga merefleksikan keberagaman budaya Indonesia.

Melalui pasar malam atau Cultural Performances and Night Market (ICPNM)   pengunjung dapat menikmati dan membeli kuliner khas Indonesia maupun mencoba busana Indonesia melalui 60 booth yang telah disediakan.

Adapun BUMN Indonesia yang berada di Timor-Leste turut memeriahkan booth yang ada, antara lain PT. Waskita Karya, Tbk., PT. Pertamina Internasional, PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., dan PT. Telkomcel.

Advertisement

Presiden José Ramos-Horta dan Perdana Menteri Xanana Gusmão hadiri acara Indonesian Cultural Performances and Night Market (ICPNM) yang diadakan di Timor Plaza, 26 Agustus 2023. Foto/Istimewa

Indonesian Cultural Peformances and Night Market juga dimeriahkan dengan kehadiran Justy Aldrin dan Toton Caribo, penyanyi bintang tamu dari Indonesia Timur. Duet artis tersebut sangat dikenal di kalangan pemuda Timor-Leste. Karya-karya mereka dinikmati dan menyentuh masyarakat Timor-Leste.

Terlihat banyak fans perempuan yang terenyuh dan pecah ketika kedua penyanyi membawakan lagu andalannya “Bale Pulang II”. Antusiasme dan respon positif dari penonton umum dan para tamu undangan terefleksi dari jumlah kehadiran yang mencapai 1.500 orang pengunjung.

Melalui acara ini, diharapkan dapat membangun kedekatan antara masyarakat Timor-Leste dengan kebudayaan Indonesia sehingga ke depannya dapat terus menguatkan kerja sama bilateral yang telah terjalin baik antar kedua negara.

ICPNM juga merupakan bentuk komitmen untuk memelihara dan meningkatkan hubungan kedua negara.

ICPNM atau Indonesian Day, merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh KBRI Dili. Penyelenggaraan acara ini sempat terkendala pandemi COVID-19, namun sejak tahun 2021 diselenggarakan kembali di Timor-Leste.

Reporter : Lazaro Pereira Quefi

Advertisement

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dili

Eleisaun Suku Manleuana, Kandidatu Xefe Suku Jacob ho Alexandre Hakat bá Segunda Ronde

Published

on

Hatutan.com, (28 Abríl 2024), Díli – Eleisaun órgaun Suku Manleuna, Postu Administrativu Dom Aleixo, Munisípiu Díli tenke hakat bá segunda ronde tanba votu ne’ebé kandidatu xefe suku sira hetan la prienxe rekizitu 50%+1.

(more…)

Kontinua Le'e

Dili

Eleisaun Órgaun Suku iha Madohi ho Bebonuk Hakat Bá Segunda Volta

Published

on

Hatutan.com, (28 Abríl 2024), DíliEleisaun órgaun  suku ne’ebé halao loron 27 fulan-Abríl 2024 iha Suku rua hanesan Madohi ho Bebounuk  Postu Admistrativu Dom Aleixo, Munisípiu Díli hakat bá segunda volta  tanba rezultadu eleisaun la prienxe  rekizitu 50%+1.

(more…)

Kontinua Le'e

Dili

Eleisaun Órgaun Suku 2024 iha Madohi La’o ho Hakmatek no Bebonuk Mosu Protestu

Published

on

Hatutan.com, (27 Abríl 2024), Díli—Sidadaun sira ho otas tinan 17 bá leten iha suku foun 10 iha territóriu nasionál, Sábadu (27/04/2024),  ejerse sira-nia direitu demokrátiku hodi hola parte iha eleisaun órgaun suku.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending