Connect with us
Pakote Ahi

Polítika

Dikabarkan Taur Matan Ruak Akan Reshuffle Kabinet

Published

on

Hatutan.com, (08 Maret 2022), Dili-Perdana Menteri Timor Leste, José Maria de Vasconselhos alias Taur Matan Ruak,   dikabarkan akan melakukan reshuffle (perombakan) kabinet dalam waktu dekat.

Perdana Menteri, Taur Matan Ruak. Foto/ Hatutan,com.

Informasi yang diperoleh Hatutan.com dari berbagai sumber di Palacio do Governo dan sebagian sumber dalam jajaran kabinet Taur Matan Ruak  mengatakan,  informasi reshuffle kabinet  sudah sangat menguat di teras pemerintah pimpinan Taur Matan Ruak. Tetapi menyangkut kapan diumumkannya reshuffle tersebut tergantung pada Perdana Menteri Taur Matan Ruak.  

“Kalau ada perombakan (reshuffle) kabinet pemerintahan  tentu Perdana Menteri Taur Matan Ruak yang akan mengumumkannya karena hak prerogatif Perdana Menteri,” kata salah satu sumber di jajaran pemerintahan Taur Matan Ruak  kepada  Hatutan.com, Selasa (08/03/2022).

Dia mengatakan, reshuffle kabinet kali ini  untuk mengantikan beberapa menteri, wakil menteri dan menteri muda (Sekretaris Negara) yang dianggap Perdana Menteri kurang progresif dan bahkan dinilainya sebagai penghambat dalam pelaksanaan program pemerintah untuk kemakmuran rakyat.

Advertisement

Informasi yang diperoleh Hatutan.com bahwa sudah ada beberapa nama menteri, wakil menteri dan menteri muda yang sudah dikantongi  Perdana Menteri Taur Matan Ruak yang bakal di reshuffle.

Kabinet Pemerintahan Ke-8. Foto/Istimewa

Nama-nama terbut diantaranya;  Menteri Pekerjaan Umum, Salvador Soares dos Reis Pires, Menteri Kehakiman Manuel Cárceres da Costa, Menteri Keuangan Rui Augosto Gomes, Menteri Kordinator untuk urusan Ekonomi, Joaquim Amaral, Wakil Menteri Keuangan, Sara Lobo Brites, Wakil Menteri Solidaritas Sosial, Signi Chandeawati Verdial, Wakil Menteri Kesehatan, Bonifácio Mau Coli dos Reis, Menteri Muda atau Sekretaris Negara untuk urusan Kesetaraan Inklusif, Maria José da Fonseca Monteiro de Jesus, dan Sekretaris Negara untuk urusan Pejuang dan Pembebaan Nasional, Gil da Costa Monteiro ‘Oan Soru’.

Perdana Menteri Taur Matan Ruak, yang dikonfirmasikan Hatutan.com  dalam sebuah pertemuan yang diadakan di Kementrian Keuangan di Dili, Selasa (08/03/2022), menegaskan, akan ada reshuffle kabitnet pemerinhan yang dipimpinnya dan ia berjanji dalam waktu dekat akan mengumumkan secara resmi melalui media.   

“Akan ada reshuffle dan itu normal terjadi dalam sebuah pemerintahan. Rekan-rekan wartawan pasti akan mengetahui nama-nama menteri mana dan siapa  saja yang bakal digantikan dan  yang akan mengantikannya. Semuanya akan saya umumkan. Yang jelas, ini bukan jarum yang disembunyikan. Semunya akan dimumkan secara resmi melalui media,” kata Perdana Menteri Taur Matan Ruak.

Soal tujuan reshuffle tersebut, Taur Matan Ruak dengan senyum dan sedikit berdiplomasi  mengutarakan bahwa tindakan reshuffle kabinet adalah hal yang wajar dan sah-sah saja dalam sebuah pemerintahan dan praktik reshuffle kabinet pemerintahan ini sudah sering dilakukan dalam sejarah pemerintahan Timor-Leste.

Reporter: Rogerio Cárceres

Advertisement

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Polítika

Presiza Konstrui Fatin Própriu Atu Fasilita Fornesimentu Kombustível iha Sentrál Elétrika Hera-Betano

Published

on

Hatutan.com, (26 Marsu 24), Díli—Deklarasaun politíka bankada KHUNTO iha Parlamentu Nasionál (PN),  rekomenda bá Governu katak, presiza duni atu investe hodi konstrui fatin própriu bá fornesimentu kombustível iha Sentrál Elétrika Hera no Betano.

(more…)

Kontinua Le'e

Polítika

Deklarasaun Polítika Bankada FRETILIN: Tanbasá TL Seidauk Bele Manan Greater Sunrise

Published

on

Hatutan.com, (25 Marsu 2024), Díli– Bankada Parlamentár FRETILIN, Segunda (25/03/2024), halo deklarasaun polítika iha plenária Parlamentu Nasionál hodi aprezenta sira-nia duvida no kestiona projetu Greater Sunrise ne’ebé to’o ohin loron seidauk iha finalidade.

(more…)

Kontinua Le'e

Polítika

20-21 Abríl, Kongresu Nasionál Partidu KHUNTO Bá Da-III

Published

on

Hatutan.com, (21 Marsu 2024), Díli- Partidu Kmanek Haburas Unidade Nasionál Timoroan (KHUNTO) iha loron 20 to’o loron 21 fulan-Abríl, tinan ne’e, sei realiza kongresu nasionál bá da-III hodi halo reestruturasaun no prepara estratéjika polítika partidu hodi enfrenta dezafiu sira iha futuru.

(more…)

Kontinua Le'e

Trending