Connect with us
Pakote Ahi

Internasionál

Sekjen ASEAN Respons Pernyataan Timor Leste Terkait Isu Myanmar

Published

on

Hatutan.com, (10 Agustus 2023), Dili-Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn angkat bicara terkait pernyataan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmão.

Baca Juga : Puan Maharani: Indonesia Selalu Mendorong Negara-Negara ASEAN Mendukung Keanggotaan Penuh Timor Leste

Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn. Foto/Medcom.id

Xanana sebelumnya mengatakan, Timor Leste tidak akan menjadi bagian ASEAN jika pemimpin ASEAN belum bisa menyelesaikan masalah Myanmar.

“Saya harus mengatakan, negara-negara anggota telah bekerja sama, dan itu akan menuntun ASEAN memiliki keputusan politik penting untuk menyambut Timor Leste untuk menjadi bagian dari kami,” kata Kao Kim Hourn saat ditemui di Sekretariat ASEAN, Selasa, 08 Agustus 2023.

Advertisement

 “Kami bekerja sangat keras sekarang untuk membantu mereka, dan kami harap (pernyataan) ini bukan posisi negara (Timor Leste),” sambungnya seperti yang dilansir dari medcom.id.

Ia menambahkan keputusan politik telah dibuat ASEAN saat Timor Leste melamar bergabung keanggotaan organisasi kawasan ini 12 tahun lalu. Dan tahun lalu, akhirnya ASEAN menyetujui untuk memberikan status ‘observer’ bagi Timor Leste, saat keketuaan Kamboja.

“Jadi kami berharap Timor Leste tetap memiliki aspirasi yang sama dengan kami,” tuturnya.

Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao mengatakan bahwa Timor Leste tidak akan menjadi bagian dari ASEAN, jika organisasi politik regional itu tidak mampu menyelesaikan masalah junta militer Myanmar.

Sikap Timor Leste juga disampaikan PM Xanana kepada Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, bahwa para pemimpin ASEAN tidak dapat meyakinkan junta militer Myanmar untuk menghormati demokrasi di negaranya.

Advertisement

PM Xanana mengatakan, “Sebagai Perdana Menteri, Timor-Leste tidak akan bergabung dengan ASEAN, jika pemimpin ASEAN tidak dapat meyakinkan junta militer, saya juga telah menyampaikan posisi Timor-Leste kepada Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres,” ungkap Xanana Gusmão, tokoh perlawanan kemerdekaan Timor Leste itu.

Kemlu RI Buka Suara

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia Teuku Faizasyah. Foto/JIBI/Bisnis

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia Teuku Faizasyah merespons pernyataan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmáo, soal keanggotaan di Asean. 

Dilansir dari Bisnis.com, 09 Agustus 2023, Teuku Faizasyah mengatakan bahwa pihaknya sudah mendapatkan penjelasan dari Presiden Timor Leste José Ramos-Horta terkait permasalahan tersebut. 

Berdasarkan keterangan Ramos-Horta bahwa pernyataan Gusmão tersebut tidak merefleksikan posisi Timor Leste di Asean. 

“Sebenarnya waktu itu kita sudah memberikan respons dan mendapatkan clarity of information, juga sudah mendapatkan penjelasan lebih lanjut, Ramos Horta sudah memberikan keterangan bahwa itu tidak merefleksikan posisi atau harapan proses bergabungnya Timor Leste dalam Asean secara penuh,” katanya. 

Advertisement

Lebih lanjut, Faizasyah menjelaskan bahwa secara prinsip Timor Leste telah menerima keanggotaan di Asean, tetapi masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi. 

Baca Juga : Terkait Timor Leste Tidak Bergabung ke ASEAN, Ini Pernyataan Lengkap Ramos-Horta

Sumber : medcom.id/bisnis.com

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Internasionál

TL Ofisialmente Sai Membru Plenu iha OMK

Published

on

Hatutan.com, (26 Fevereiru 2024), Abu Dhabi—Estadu membru permanente sira, ofisialmente simu ona Timor-Leste (TL) hanesan membru plenu iha Organizasaun Mundiál Komérsiu (OMK), iha ámbitu konferénsia interministeriál dala-13 ne’ebé hala’o iha Sentru Espozisaun Nasionál Abu Dhabi (ADNEC), Abu Dhabi, Emiradus Arabes Unidus (EAU), Segunda (26/02/2024).

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

Governu Aprezenta Vizaun Estratéjika Hitu Kona-bá Pos-Adezaun Timor-Leste Bá OMK

Published

on

Hatutan.com, (25 Fevereiru 2024), Abu Dhabi– Iha ámbitu konferénsia interministeriál dala-13 ne’ebé hala’o iha Sentru Espozisaun Nasional Abu Dhabi (ADNEC), Abu Dhabi, Emiradus Arabes Unidus (EAU), hosi loron  26 to’o 29 Fevereiru 2024, Timor-Leste hetan biban hodi aprezenta ninia vizaun estratéjika sira, saida de’it mak presiza halo, molok ofisializa nu’udár membru plenu 166 iha Organizasaun Mundial Komérsiu (OMK).

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

Timor-Leste, Nasaun Ne’ebé Lais Liu Prienxe Rekizitu Sai Membru OMK

Published

on

Hatutan.com, (25 Fevereiru 2024), Abu Dhabi- Diretora Jerál Organizasaun Mundiál Komersiu (OMK), Ngozi Okonjo-Iweala, konsidera katak, Timor-Leste nu’udár nasaun ne’ebé lais liu prienxe rekézitu sira sai membru plenu OMK kompara ho nasaun adezaun sira seluk.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending