Connect with us
Pakote Ahi

Polítika

Dikabarkan Taur Matan Ruak Akan Reshuffle Kabinet

Published

on

Hatutan.com, (08 Maret 2022), Dili-Perdana Menteri Timor Leste, José Maria de Vasconselhos alias Taur Matan Ruak,   dikabarkan akan melakukan reshuffle (perombakan) kabinet dalam waktu dekat.

Perdana Menteri, Taur Matan Ruak. Foto/ Hatutan,com.

Informasi yang diperoleh Hatutan.com dari berbagai sumber di Palacio do Governo dan sebagian sumber dalam jajaran kabinet Taur Matan Ruak  mengatakan,  informasi reshuffle kabinet  sudah sangat menguat di teras pemerintah pimpinan Taur Matan Ruak. Tetapi menyangkut kapan diumumkannya reshuffle tersebut tergantung pada Perdana Menteri Taur Matan Ruak.  

“Kalau ada perombakan (reshuffle) kabinet pemerintahan  tentu Perdana Menteri Taur Matan Ruak yang akan mengumumkannya karena hak prerogatif Perdana Menteri,” kata salah satu sumber di jajaran pemerintahan Taur Matan Ruak  kepada  Hatutan.com, Selasa (08/03/2022).

Dia mengatakan, reshuffle kabinet kali ini  untuk mengantikan beberapa menteri, wakil menteri dan menteri muda (Sekretaris Negara) yang dianggap Perdana Menteri kurang progresif dan bahkan dinilainya sebagai penghambat dalam pelaksanaan program pemerintah untuk kemakmuran rakyat.

Advertisement

Informasi yang diperoleh Hatutan.com bahwa sudah ada beberapa nama menteri, wakil menteri dan menteri muda yang sudah dikantongi  Perdana Menteri Taur Matan Ruak yang bakal di reshuffle.

Kabinet Pemerintahan Ke-8. Foto/Istimewa

Nama-nama terbut diantaranya;  Menteri Pekerjaan Umum, Salvador Soares dos Reis Pires, Menteri Kehakiman Manuel Cárceres da Costa, Menteri Keuangan Rui Augosto Gomes, Menteri Kordinator untuk urusan Ekonomi, Joaquim Amaral, Wakil Menteri Keuangan, Sara Lobo Brites, Wakil Menteri Solidaritas Sosial, Signi Chandeawati Verdial, Wakil Menteri Kesehatan, Bonifácio Mau Coli dos Reis, Menteri Muda atau Sekretaris Negara untuk urusan Kesetaraan Inklusif, Maria José da Fonseca Monteiro de Jesus, dan Sekretaris Negara untuk urusan Pejuang dan Pembebaan Nasional, Gil da Costa Monteiro ‘Oan Soru’.

Perdana Menteri Taur Matan Ruak, yang dikonfirmasikan Hatutan.com  dalam sebuah pertemuan yang diadakan di Kementrian Keuangan di Dili, Selasa (08/03/2022), menegaskan, akan ada reshuffle kabitnet pemerinhan yang dipimpinnya dan ia berjanji dalam waktu dekat akan mengumumkan secara resmi melalui media.   

“Akan ada reshuffle dan itu normal terjadi dalam sebuah pemerintahan. Rekan-rekan wartawan pasti akan mengetahui nama-nama menteri mana dan siapa  saja yang bakal digantikan dan  yang akan mengantikannya. Semuanya akan saya umumkan. Yang jelas, ini bukan jarum yang disembunyikan. Semunya akan dimumkan secara resmi melalui media,” kata Perdana Menteri Taur Matan Ruak.

Soal tujuan reshuffle tersebut, Taur Matan Ruak dengan senyum dan sedikit berdiplomasi  mengutarakan bahwa tindakan reshuffle kabinet adalah hal yang wajar dan sah-sah saja dalam sebuah pemerintahan dan praktik reshuffle kabinet pemerintahan ini sudah sering dilakukan dalam sejarah pemerintahan Timor-Leste.

Reporter: Rogerio Cárceres

Advertisement

Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Polítika

TL-ONU Kontinua Diskute Programa Prioridade Sira Ne’ebé Reflete ho ODS

Published

on

Hatutan.com, (26 Abríl 2024), Díli- Primeiru-Ministru (PM), Kay Rala Xanana Gusmão kontinua diskute ho Sekretáriu Jerál Adjuntu ONU nu’udar mós Diretór Rejionál bá Asuntu Asia Pasífiku bá Sekretáriu Koordenasaun Dezenvolvimentu,  David McLachlan, hodi ko’alia kona-ba prioridade sira iha saúde, edukasaun, inklui kona-bá podér turizmu no ekonomia  verde no ekonomia kor-azúl bá futuru Timor-Leste nian ne’ebé reflete ho Objetivu Dezenvolvimentu Sustentavel (ODS).

(more…)

Kontinua Le'e

Polítika

Semana oin, PN Submete Redasaun Fínal Proposta Alterasaun Lei CAC bá Prezidente Repúblika

Published

on

Hatutan.com, (26 Abríl 2024), Díli—Komisaun A Parlamentu Nasionál (PN) ne’ebé trata asuntu Lejizlasaun no Justisa, halo ona pareser no redasaun final bá proposta Lei, 2ª alterasaun bá Lei n°8/2009, 15 de Jullu kona-bá Komisaun Anti-Korrupsaun (CAC siglá portugés).  Nune’e, semana oin, sei submete redasaun final bá Prezidente Repúblika atu promulga.

(more…)

Kontinua Le'e

Polítika

SEATOU Halo Evikasaun Tanba Simu Orden

Published

on

Hatutan.com, (25 Abríl 2024), Díli- Sekretáriu Jerál Partidu FRETILIN, Mari Alkatiri hateten evokasaun ne’ebé mak Sekretáriu Estadu Asuntu Toponímia  no Organizasaun Urbana (SEATOU), Germano Santa Brites Dias, halo bá abitante sira ne’ebé okupa espasu públiku no rai Estadu tanba hetan orden.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending