Connect with us
Pakote Ahi

Internasionál

Taur dan Jokowi Berkomitmen Perkuat Kerja Sama TL-RI

Published

on

Hatutan.com, (13 Pebruari 2023), Dili– Perdana Menteri Timor Leste, Taur Matan Ruak, Senin (13/2/2023), bertemu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi)  di  Istana Bogor. Upacara penyambutan dilakukan dengan lagu kebangsaan “Patria-Patria” dan “Indonesia Raya” yang kemudian dilakukan penembakan meriam selama 19 kali.

Baca Juga : Warga Negara TL Tak Perlu Pakai Visa Masuk Indonesia

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin 13 Februari 2023. TEMPO/Subekti.

Dikutip dari YouTube Sekretariat Preziden Republik Indonesia, Jokowi bersama Perdana Menteri Taur Matan Ruak melakukan penanaman pohon di belakang Istana Bogor.   Kemudian mereka  menuju ruang oval untuk melaksanakan pertemuan bilateral bersama dengan delegasi masing-masing negara.

Advertisement

“Selamat datang kembali Perdana Menteri di Indonesia, Taur Matan Ruak dan seluruh delegasi, senang dapat berjumpa kembali, saya juga menerima kunjungan Presiden Ramos Horta pada bulan Juli 2022, dan juga intensitas ini menunjukkan komitmen untuk terus mempererat hubungan dan kerja sama di antara kita,” kata Jokowi

Kunjungan Perdana Menteri Taur Matan Ruak direncanakan menandatangani sejumlah kerja sama di antaranya dalam bidang perdagangan, pendidikan, pelatihan serta bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika.

Jokowi menyatakan bahwa Indonesia sangat senang karena Timor Leste telah diterima sebagai anggota Asean, dan kini berpartisipasi dalam pertemuan dan berharap dalam kunjungan kali ini dapat membahas upaya memperkuat kerja sama ekonomi di antara kedua negara.

“Dalam kunjungan Perdana Menteri hari ini saya harapkan dapat membahas upaya memperkuat kerja sama ekonomi di antara kita,” tambahnya.

Pada Juli tahun lalu, Jokowi bersama Presiden Timor Leste, José Ramos-Horta membahas beberapa kesepakatan dan kerja sama. Saat keterangan pers, Jokowi menyatakan bahwa antara kedua negara sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan dua negara dengan melihat tren perdagangan yang terus positif dan yakin perdagangan kedua negara bisa terus ditingkatkan lagi.

Advertisement

Timor Leste dan Indonesia menyepakati untuk memperkuat konektivitas baik darat maupun laut. Selain itu, juga sepakat untuk pembangunan perbatasan dan harapannya pembangunan pos lintas batas negara dapat diselesaikan.

Baca Juga : TL-RI Tandatangani Kesepakatan Free Trade Zone

Reporter : Vito Salvador/Berbagai sumber

 

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Internasionál

Governu TL-Nova Zelándia Diskute Dezenvolvimentu Seitór Turizmu ho Kapasitasaun Rekursu Umanu

Published

on

Hatutan.com, (24 Marsu 2024), Díli—Governu Timor-Leste (TL) ho Nova Zelándia hala’o diskusaun kona-bá dezenvolvimentu seitór turizmu Timor-Leste nian no oinsá bele fó kapasitasaun rekursu umanu bá Timoroan sira iha futuru.

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

Ramos-Horta Partilla ho EUA Kona-bá Konflitu iha Myanmar

Published

on

Hatutan.com, (11 Marsu 2024), DíliPrezidente Repúblika (PR), José Ramos-Horta partilla ho Vise-Sekretária Estadu Adjuntu Assuntu Aziátiku no Pasifiku Leste Departementu Estadus Unidus Amérika (EUA), Melissa Bron, kona-bá assuntu internasionál no rejionál liga bá konflitu iha Myanmar.

(more…)

Kontinua Le'e

Internasionál

Ministériu Negósiu Estranjeiru Ukránia Lansa Sítiu Wartime Diplomacy

Published

on

Hatutan.com, (07 Marsu 2024), Díli- Ministériu Negósiu Estranjeiru Ukránia lansa ona sítiu ka website ida kona-ba “Wartime Diplomacy” nian ne’ebé dokumenta diplomátika ukun-na’in nian durante períodu agresaun ho eskala tomak husi Rúsia.

(more…)

Kontinua Le'e
Advertisement

Trending