Connect with us
Pakote Ahi

Nasionál

RI-TL Uji Coba Armada DAMRI Rute Kupang-Dili

Published

on

Hatutan.com, (11 Oktober 2022), Bobonaro-Pemerintah Republik Indonesia  (RI) dan Timor Leste, Selasa (11/10/2022), melangsungkan uji coba  armada DAMRI dengan mengambil rute Kupang- Dili.

Uji coba armada DAMRI di wilayah perbatasan darat TL-RI di Batugade, Balibo, Bobonaro, Selasa (11/10/2022). Foto/Hatutan.com

Berdasarkan pantauan Hatutan.com, di lintas batas darat Timor Leste di  Batugade, Balibo, Bobonaro,  tampak tiga armada DAMRI; dua diantaranya mini bus dan satu bus dengan ukuran besar dengan delegasi Kementrian Perhubungan RI melintas masuk di pintu perbatasan darat Timor Leste di Batugade dan selanjutnya melakukan pemantuan terhadap lokasi yang nantinya akan menjadi terminal transportasi lintas darat Dili-Kupang dan Kupang-Dili.

Siaran pers  dari Kementrian Perhubungan Republik Indonesia yang diperoleh Hatutan.com mensinyalir bahwa sebelum uji coba rute Kupang-Dili, didahului dengan pembahasan standar operasional atau SOP yang berlangsung di Ruang Kolbano, Hotel Sotis, Kupang, Senin (10/10/2022).

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat RI, Kementerian Transportasi dan Komunikasi Timor Leste, Imigrasi, Bea Cukai dan Karantina, turut hadir dalam rangkaian uji coba dan survei terminal di Batugade, Balibo, Bobonaro.

Advertisement

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat RI, Amirulloh, mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari  perintah Presiden RI, Joko Widodo, dimana Presiden Jokowi dan Presiden Timor Leste, José Ramos-Horta    sudah menyepakati untuk membuka transportasi lintas batas negara Kupang – Timor Leste sebagai bentuk representasi RI dan Timor Leste.

“Jadi telah ditindaklanjuti dengan MoU antara Kementrian Perhubungan RI dan Kementrian Transportasi dna Komunikai Timor Leste dan kami telah bahas soal ketentuan operasional  atau SOP,”  jelas Amirulloh.

Dari pertemuan itu, Timor Leste sudah siap menyiapkan armada pada   November 2022 mendatan dan berupaya sesegera mungkin agar transportasi lintas batas ini segera beroperasi.

Uji coba armada DAMRI di wilayah perbatasan darat TL-RI di Batugade, Balibo, Bobonaro, Selasa (11/10/2022). Foto/Hatutan.com

“Kita harapkan dengan adanya transportasi lintas batas ini, maka hubungan kedua negara makin baik,  apalagi masyarakat masih ada ikatan keluarga, yakni masyarakat yang ada di Indonesia (Kupang) dengan Timor Leste,” kata Amirulloh.

Dikatakan, perlu standar yang baik sehingga pelayanan juga terbaik. Karena itu, dirinya memohon dukungan masyarakat di Kupang dan  NTT pada umumnya.

Direktur Jenderal Transportasi dan Komunikasi, Kementerian Transportasi dan Komunikasi Timor Leste, Gaspar de Araújo mengatakan, berdasarkan MoU yang ditandatangani oleh Menteri Perhubungan RI dan Timor Leste pada 19 Juli 2022, maka pihaknya diundang untuk membahas soal SOP dalam rangka pelaksanaan pembukaan transportasi lintas batas RI – Timor Leste.

Advertisement

Menurut Gaspar, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan pembukaan transportasi lintas batas RI dan Timor Leste.

“Armada sudah kami siapkan dan nanti pada November 2022, armada kami tiba langsung persiapan untuk beroperasi,” kata Gaspar seperti dikutip dari Pos-Kupang.com.

Sementara itu, Konsulat RDTL di Kupang, Jesuino dos Reis de Carvalho menyambut baik pembukaan transportasi lintas batas RI dan Timor Leste dan meminta agar dengan pembukaan lintasan transportasi lintas batas itu, semua lalu lintas masyarakat RI dan Timor Leste bisa diatur dan dipantau  secara baik.

 Timor Leste Tetapkan Usia Kendaraan

Uji coba armada DAMRI di wilayah perbatasan darat TL-RI di Batugade, Balibo, Bobonaro, Selasa (11/10/2022). Foto/Hatutan.com

Saat pembahasan SOP, Kementerian Transportasi dan Komunikasi Timor Leste mengatakan, pihaknya menetapkan usia kendaraan yang masuk ke wilayah tersebut harus tahun pembuatannya lima tahun sebelumnya atau tahun produksi 2017.

Gaspar juga awalnya meminta agar dalam SOP harus ditambah soal potensial investor, dengan tujuan agar memberikan kesempatan bagi investor, baik lokal maupun nasional. 

Advertisement

Sedangkan jadwal operasional bus harus diatur pula, misalnya Senin Dili ke Kupang, Selasa Balik Kupang- Dili. Bahkan, lanjutnya untuk launching diminta agar secara bersamaan.

Mengenai tarif harus ada kesamaan baik yang dari RI maupun yang di Timor Leste. Soal perizinan, kalau di Indonesia diberikan untuk masing-masing kendaraan dan diperpanjang setiap tahun. Bahkan, ada aspek keamanan, fasilitas kesehatan dan asuransi.

Sementara dari pihak PLBN mengharapkan agar DAMRI bisa singgah di pasar PLBN sehingga ada dampak ekonomi bagi para pedagang di pasar.

Reporter : Elio dos Santos da Costa

Advertisement
Kontinua Le'e
Advertisement
Hakarak Hato'o Komentariu?

Husik Hela Komentariu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasionál

Papél Mídia Importante Hodi Kontribui bá Prezerva Memória Pasadu

Published

on

Hatutan.com, (24 Abríl 2024), Díli-Centro Nacional CHEGA! Institutu Públiku (CNC, I.P) konsidera mídia ka jornalista sira-nini papél importante tebes atu bele halo kobertura kona-bá akontesimentu sira istóriku hodi bele kontribui bá prezerva memória sira pasadu nian.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Posibilidade Governu Aprezenta Kandidatu Foun Komisáriu CAC

Published

on

Hatutan.com, (23 Abríl 2024), Díli– Vise-Ministru Asuntu Parlamentár,  Áderito da Costa Hugo, informa proposta Lei, 2ª alterasaun bá Lei n°8/2009, 15 de jullu kona-bá Komisaun Anti-Korrupsaun (CAC siglá portugés), aprova  final global ona iha Parlamentu Nasionál iha loron 22 fulan-Abríl,  ho nune’e, Governu sei haree fali timoroan feto ka mane ne’ebé prenxe rekizitu hodi kandidatu  bá komisáriu CAC atu aprezenta bá Parlamentu Nasionál hodi hakat bá eleisaun.

(more…)

Kontinua Le'e

Nasionál

Eviksaun, Rede bá Rai Hato’o Ejizénsia 11 bá Governu

Published

on

Hatutan.com, (22 Abríl 2024), Díli— Rede bá Rai (RbR) hato’o ejizénsia 11 bá IX Governu Konstitusionál liuliu bá Sekretáriu Estadu Asuntu Toponímia no Organizasaun Urbana (SEATOU), Germano Santa Brites Dias, atu bele konsidera durante prosesu eviksaun bá komunidade ne’ebé okupa rai Estadu iha kapitál Díli.

(more…)

Kontinua Le'e

Trending